Butter atau mentega putih kaya akan lemak jenuh yang tidak baik bagi tubuh dan karenanya dibutuhkan pengganti butter yang lebih sehat
Meskipun sedap, butter atau mentega putih tinggi kalori dan lemak jenuh. Oleh karenanya, diperlukan pengganti butter yang lebih sehat

Butter atau mentega putih adalah salah satu komponen penting dalam membuat kue. Butter berguna untuk membuat tekstur kue lebih ringan dan padat, serta meningkatkan rasa maupun aroma dari kue yang dibuat.

Akan tetapi, bagi Anda yang sedang ingin menjaga kesehatan, butter mungkin bukanlah bahan tambahan yang tepat untuk kue yang ingin dibuat karena tinggi kalori dan lemak jenuh.

Untungnya, terdapat beberapa alternatif lain yang bisa digunakan sebagai pengganti butter dalam kue. Bahan pengganti mentega putih ini tidak sulit untuk dicari dan umumnya tersedia di berbagai pasar swalayan.

Pengganti butter yang lebih sehat sebagai bahan kue

Pengganti butter tidak hanya diperlukan untuk orang yang ingin menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan, tetapi juga ideal bagi orang-orang yang mengalami alergi susu atau intoleransi laktosa.

Berikut adalah beberapa pengganti mentega putih yang lebih sehat dan dapat digunakan untuk memanggang kue favorit Anda:

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun identik dengan dressing atau saus tambahan untuk salad atau hidangan lainnya, serta dapat digunakan untuk menumis sayur ataupun daging. Uniknya, minyak zaitun dapat menjadi pengganti butter untuk memanggang kue.

Minyak zaitun digunakan sebagai pengganti butter dengan perbandingan 3:4, artinya bila Anda membutuhkan satu cangkir mentega, maka Anda bisa menggantinya dengan ¾ cangkir minyak zaitun.

Minyak zaitun juga mengandung lemak tak jenuh yang dapat menjaga kesehatan jantung. Sedangkan mentega tidak memiliki kandungan lemak tak jenuh.

Meskipun demikian, minyak zaitun kurang cocok menjadi pengganti mentega putih untuk kue yang membutuhkan banyak frosting atau krim. Minyak zaitun dapat digunakan untuk kue, seperti muffin, roti labu kuning (pumpkin bread), panekuk, dan sebagainya.

  • Greek yogurt 

Bagi Anda yang tidak memiliki alergi susu atau intoleransi laktosa, Greek yogurt dapat menjadi alternatif pengganti butter yang tinggi protein dan menambahkan rasa manis dan asam dalam kue.

Sebaiknya pilihlah Greek yogurt yang mengandung lemak utuh (full-fat) untuk menghasilkan kue yang lembut.

Bila Anda menggunakan Greek yogurt yang tidak mengandung lemak (non-fat), maka kue yang dihasilkan akan lebih kering dan mudah hancur.

  • Alpukat

Jangan jadikan alpukat sebagai jus saja, tetapi gunakan alpukat sebagai pengganti butter yang lebih sehat. Alpukat memiliki kandungan lemak yang baik untuk tubuh serta mampu meningkatkan kadar nutrisi dalam kue yang dibuat.

Saat menggunakan alpukat sebagai pengganti butter, warna kue dapat berubah menjadi agak kehijauan. Anda dapat menutupi warna hijau tersebut dengan menggunakan bahan kue yang gelap, seperti cokelat.

  • Saus apel 

Apel dikenal sebagai buah yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Ketika dijadikan saus, apel dapat digunakan sebagai pengganti butter yang bernutrisi dan berkalori rendah.

Saat Anda menggunakan saus apel sebagai pengganti mentega putih dalam bahan kue, maka Anda juga dapat mengurangi kadar pemanis yang digunakan karena saus apel sudah memiliki rasa manis yang alami.

  • Pisang

Buah lain yang dapat digunakan sebagai pengganti butter selain apel adalah pisang. Pisang memberikan nutrisi lebih dan memiliki kalori serta lemak yang rendah. Menambahkan pisang juga dapat mengurangi penggunaan pemanis lainnya.

Anda bisa menggunakan pisang sebagai pengganti mentega putih dengan menghancurkan pisang dan memasukkannya ke dalam adonan secara perlahan sampai adonan memiliki konsistensi yang diinginkan.

  • Minyak kelapa 

Berbeda dengan minyak zaitun, Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti butter di berbagai jenis kue yang ingin dibuat. Hal ini karena minyak kelapa dapat menjadi padat pada suhu ruangan.

Intensitas aroma dan rasa kelapa dari minyak kelapa yang digunakan tergantung dari jenis dan merek yang dibeli. Minyak kelapa yang lebih sedikit diproses akan memperlihatkan aroma dan cita rasa kelapa yang lebih kuat.

Minyak kelapa sangat cocok untuk digunakan pada jenis kue yang bernuansa tropis atau yang memiliki cita rasa cokelat yang kuat. Bila Anda tidak ingin cita rasa dan aroma kelapa yang kuat, Anda dapat menggunakan minyak kelapa yang sudah diproses.

Saat menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti mentega putih, gunakan minyak kelapa dengan rasio 1:1.

  • Labu kuning

Anda mungkin tidak terpikir bahwa labu kuning tak hanya dapat dikonsumsi dengan cara dikukus. Labu kuning yang kaya vitamin A ini juga dapat digunakan sebagai pengganti mentega putih dalam bahan kue.

Labu kuning digunakan sebagai pengganti butter dengan cara dihaluskan terlebih dahulu. Namun karena labu kuning mengandung banyak air, maka gunakanlah labu kuning yang dihaluskan sebanyak ¾ dari mentega yang perlu digunakan.

Bagaimana dengan margarin? 

Margarin biasanya lebih murah dan dianggap lebih sehat karena terbuat dari minyak sayuran. Faktanya, margarin bukanlah pengganti butter yang lebih sehat karena margarin merupakan produk yang sudah diproses dan mengandung lemak trans yang tidak baik untuk tubuh.

Selain itu, margarin juga tidak memberikan kontribusi yang besar dalam cita rasa dan tekstur kue yang nantinya akan dibuat. Akan lebih baik jika Anda mencoba pengganti mentega putih di atas daripada menggunakan margarin. Selamat mencoba!

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-butter-substitutes
Diakses pada 27 Agustus 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323697.php
Diakses pada 27 Agustus 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed