9 Tips Mengontrol Berat Badan Melalui Kebiasaan Sehat

Berbagai kebiasaan sehat dapat membantu Anda mengontrol berat badan
Kebiasaan sehat memegang peran penting dalam mengontrol berat badan

Mengontrol berat badan merupakan persoalan yang susah-susah gampang. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, pola kebiasaan sehat juga menjadi hal yang utama harus diperhatikan. Sebagai seseorang yang memiliki masalah berat badan berlebih, Anda perlu memerhatikan banyak hal untuk melancarkan proses diet yang tengah dilakukan.

Mengontrol berat badan dapat membantu menjaga tubuh tetap prima dan menjauhkannya dari berbagai risiko penyakit. Berikut adalah 9 kebiasaan baik yang dapat membantu Anda untuk mengontrol berat badan. 

1. Evaluasi Kebiasaan Makan Anda

Jika Anda mempunyai kebiasaan makan yang terlambat seperti terlalu malam, menyicipi makanan saat memasak, atau menghabiskan makanan anak Anda, mungkin hal ini yang menjadikan Anda memiliki masalah kenaikan berat badan.

Apabila Anda menyadari masalah kebiasaan makan seperti ini maka segeralah kurangi atau perlahan tinggalkan. Makan terlalu larut malam, mencicipi makanan saat memasak, atau menghabiskan makanan anak Anda akan menaikkan jumlah kalori yang tersimpan dalam tubuh.

2. Jika Rencana Anda Gagal, Ganti dengan Strategi Lain

Jika selama ini Anda gagal merencanakan diet, maka Anda perlu melakukan strategi lain dengan makanan atau camilan yang biasa Anda konsumsi. Simpanlah makanan atau camilan sehat yang di tempat yang terlihat, sehingga ketika merasa lapar Anda dapat mengonsumsi camilan sehat ketimbang makanan yang biasa Anda konsumsi.

3. Berbelanjalah ketika Merasa Kenyang

Ketika Anda berbelanja perlengkapan dapur, maka usahakan mengisi perut Anda sebelum berbelanja. Hal ini akan meminimalisir pembelian makanan yang menurut Anda tidak perlu sehingga isi kulkas tidak melulu makanan atau cemilan yang membuat berat badan Anda naik.

4. Mengonsumsi Makanan yang Dibutuhkan

Terkadang mungkin Anda lupa untuk mengonsumsi makanan yang sebenarnya dibutuhkan ketika melihat makanan yang disukai. Kurangilah kebiasaan tersebut jika Anda ingin menurunkan berat badan. Makanlah makanan yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

5. Sajikan Makanan Secara Individu

Saat Anda akan makan, sajikan makanan secara individu. Hal ini meminimalisir Anda mengambil porsi lebih banyak. Saat makanan yang Anda ambil ternyata berlebihan, segera kembalikan makanan ke dalam mangkuk atau wadah tempat makanan itu berasal. 

6. Kunyah Perlahan Setiap Gigitan

Saat Anda makan, kunyahlah makanan dengan perlahan. Nikmati makanan tanpa harus terburu-buru. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih sebagai pelengkap penting santapan Anda.

7. Jangan Makan Lagi Setelah Makan Malam

Hal yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah kembali makan usai makan malam. Jika lapar, cobalah makan makanan rendah/nonkalori atau konsumsi permen. Setelah itu, Anda bisa menggosok gigi untuk mengurangi keinginan makan kembali.

8. Buat Camilan Berat

Saat Anda memutuskan untuk makan sebelum jam makan siang, cobalah untuk membuat camilan berat dengan karbohidrat dan sedikit protein serta lemak.

9. Awali Hari Anda dengan Sarapan

Inilah hal yang utama yang paling penting saat Anda mengawali hari. Banyak dari kebanyakan Anda melupakan sarapan, padahal kebiasaan ini merupakan bagian penting untuk awal hari.

Di malam hari, biasanya tubuh yang beristirahat tetap membutuhkan energi untuk proses metabolisme sehingga mengharuskan Anda untuk tetap melakukan sarapan pada pagi harinya.

Berbagai kebiasaan sehat di atas dapat membantu Anda mengontrol berat badan. Kombinasikan kebiasaan sehat ini dengan berolahraga secara rutin agar usaha mengontrol berat badan Anda semakin optimal.

WebMD. https://www.webmd.com/diet/obesity/features/top-10-habits-that-can-help-you-lose-weight#1

Self. https://www.self.com/story/small-lifestyle-habits-help-lose-weight

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed