Wajah yang berjerawat bisa jadi salah satu tanda kurang tidur
Kurang tidur dapat membuat Anda kurang produktif di pagi hari

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sebanyak 7 hingga 8 jam per harinya. Sebuah jumlah yang wajar, namun cukup sulit untuk dicapai. Kurang tidur seolah telah menjadi kondisi normal sehingga tanda-tandanya kerap tidak disadari.

Saat seseorang waktu tidur ideal tidak tercapai terutama secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, berbagai fungsi organ tubuh dapat terganggu. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali tanda kurang tidur berikut agar kondisi ini dapat segera teratasi.

1. Kurang Tidur Membuat Wajah Menjadi Berjerawat

Tanda-tanda kurang tidur bisa langsung tampak pada kulit. Beberapa studi menemukan adanya kaitan antara kurang tidur dengan munculnya jerawat. Kemungkinannya karena pengaruh tidur terhadap kendali hormon dalam tubuh. 

2. Penampilan Mata Memburuk

Mata merah, bengkak, lingkaran hitam, sampai munculnya kantung mata - semua ini adalah tanda kurang tidur yang khas. Apabila Anda kurang tidur, masalah kulit seperti keriput, garis penuaan di wajah, pembengkakan, dan kulit kendur juga dapat muncul.

3. Berat Badan Naik

Saat tubuh tidak mendapatkan cukup energi yang dibutuhkan dari tidur, maka tubuh akan mencoba mendapatkan energi tersebut dari makanan. Sehingga, Anda akan lebih mudah merasa lapar.

Kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon ghrelin. Hormon ini berfungsi untuk menghasilkan rasa lapar yang diproduksi di saluran pencernaan. Produksi ghrelin berlebih dapat membuat keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan manis dan berlemak menjadi meningkat. 

Selain hormon ghrelin, kurang tidur juga dapat memengaruhi produksi hormon leptin yang mengontrol rasa kenyang. Tidak hanya itu, produksi hormon insulin juga dapat meningkat, menyebabkan tubuh menimbun lebih banyak lemak dan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

4. Ngidam Camilan

Saat begadang, Anda akan lebih rentan mencari camilan seperti makanan cepat saji dibandingkan makanan sehat seperti salad. Otak yang kekurangan tidur akan lebih tertarik pada pilihan makanan tidak sehat. Hal ini terjadi karena bagian otak yang biasa membuat keputusan tidak berfungsi sebaik biasanya, sehingga pilihan makanan pun menjadi tidak bijaksana.

5. Anda Menjadi Lebih Sering Sakit

Kurang tidur dapat menyebabkan sistem imun di tubuh menjadi terganggu. Sistem imun yang terganggu menyebabkan tubuh menjadi kesulitan untuk melawan infeksi terutama infeksi seperti pilek atau flu. Orang yang tidur kurang dari 7 jam sehari dipercaya memiliki risiko 3 kali lebih besar terkena flu daripada orang yang tidur 8 jam atau lebih per harinya.

6. Kurang Tidur Membuat Anda Menjadi Mudah Marah

Mudah marah atau uring-uringan adalah tanda kurang tidur yang bisa Anda rasakan. Sebuah studi membatasi jumlah tidur seseorang hingga hanya 4,5 jam setiap hari selama seminggu. Hasilnya? Orang tersebut lebih stres, marah, dan lelah secara mental. Saat kembali mendapatkan jam tidur normal, semua kondisi emosional mereka berangsur kembali seperti semula.

7. Depresi

Depresi dan kurang tidur punya kaitan yang erat, bahkan saling memengaruhi satu sama lain. Depresi menyebabkan kurang tidur dan kurang tidur dapat menyebabkan depresi

8. Fokus dan Ingatan Melemah

Hanya dengan kehilangan 2 jam dari waktu tidur normal yang dianjurkan yaitu 8 jam, tanda-tanda kurang tidur seperti merasa grogi, kurang fokus, dan sering lupa bisa langsung Anda rasakan. Kinerja Anda juga akan menurun, termasuk saat mengemudi. Sepertiga dari pengendara mobil mengakui bahwa mereka pernah tertidur sambil berkendara. Sebuah fakta berbahaya akibat kurang tidur.

9. Pagi yang Terasa Berat

Kurang tidur dapat menimbulkan berbagai gangguan saat Anda bangun pagi seperti sakit tenggorokan, mulut kering dan pusing. Kondisi tersebut bisa jadi merupakan tanda gangguan tidur yang Anda alami seperti apnea tidur, mendengkur atau kondisi asam lambung. Jika Anda merasakan kondisi-kondisi di atas, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dengan mengetahui tanda-tanda kurang tidur, Anda diharapkan dapat lebih waspada dan tidak lagi meremehkan pentingnya tidur yang cukup untuk kesehatan Anda. Jangan lupa juga untuk selalu jalani pola hidup sehat dan imbangi dengan olahraga yang teratur serta makan makanan yang sehat dan bergizi.

WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/ss/slideshow-signs-not-enough-sleep
Diakses pada Oktober 2018

Health. https://www.health.com/health/gallery/0,,20906153,00.html?
Diakes pada 18 Maret 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/307334.php
Diakes pada 18 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed