Ada berbagai perawatan alami untuk meringankan depresi
Mengalami depresi memang membuat Anda akan merasa tidak berdaya

Mengalami depresi memang membuat Anda akan merasa tidak berdaya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu sembari menjalani terapi serta mengonsumsi obat-obatan (jika kasus depresi sudah tergolong berat), ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk melawan rasa depresi tersebut. Perawatan alami depresi yang dapat dilakukan biasanya berupa aktivitas fisik, penyesuaian gaya hidup, dan cara berpikir. Berikut ini tips yang bisa dijalankan untuk meringankan depresi secara alami.

1. Memiliki Rutinitas

Saat depresi, Anda dapat membuat rutinitas baru. Seorang psikiater bernama Ian Cook mengatakan bahwa depresi dapat membuat Anda meninggalkan rutinitas yang biasa Anda lakukan sebelum mengalami depresi. Maka dari itu, cobalah untuk kembali mengatur secara perlahan rutinitas sehari-hari

2. Menentukan Target

Ketika mengalami depresi, mungkin Anda cenderung tidak ingin mencapai target apapun. Untuk mendorongnya kembali, Anda dapat menentukan sasaran atau tujuan bagi diri sendiri. Buatlah tujuan yang ringan. Misalnya, menentukan waktu mencuci piring. Ketika target sudah tercapai, Anda dapat menambahkan target lainnya yang lebih menantang.

3. Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan endorfin, hormon yang memicu perasaan senang, tenang, dan bahagia. Olahraga dengan teratur dapat mendorong otak untuk melipatgandakan endorfin. Anda dapat melakukan olahraga yang ringan untuk memulainya. Misalnya jogging, jalan santai, atau berenang.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Tidak ada diet yang dapat menyembuhkan rasa depresi. Namun, mengonsumsi makanan sehat adalah ide yang bagus untuk membantu Anda merasa lebih baik. Ian Cook menambahkan bahwa makanan dengan kandungan Omega-3 seperti salmon dan tuna dapat meringankan depresi.

5. Tidur yang Cukup

Depresi menyebabkan Anda kesulitan untuk tidur dan kurangnya tidur akan membuat kondisi penderita lebih buruk. Lalu, apa yang harus dilakukan? Mulailah mengubah gaya hidup dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Cobalah untuk menyingkirkan hal-hal yang membuat Anda terganggu, seperti televisi, komputer, bahkan ponsel.

6. Memiliki Tanggung Jawab untuk Mengalihkan Perasaan Depresi

Usahakan Anda tetap terlibat dan menjalankan tanggung jawab untuk membantu mempertahankan gaya hidup sehat, seperti melakukan pekerjaan tertentu sehingga perasaan depresi yang muncul bisa teralihkan. 

7. Menghadapi Pikiran Negatif

Salah satu perjuangan yang dapat dilakukan penderita depresi adalah mengubah pikiran. Saat depresi, Anda cenderung akan memikirkan hal yang buruk. Oleh karena itu, gunakanlah logika berpikir Anda, saat mulai berpikiran negatif tentang sesuatu hal.

8. Melakukan Hal Baru

Salah satu perawatan alami depresi yang dapat dengan mudah dilakukan adalah melakukan sesuatu yang baru. Anda dapat melakukan hal seperti mengunjungi museum, pergi ke taman, dan menjadi relawan pada kegiatan sosial.

9. Melakukan Hal yang Menyenangkan

Saat merasa depresi, luangkanlah waktu kosong Anda untuk melakukan hal yang Anda sukai. Anda harus mencoba hal-hal yang menyenangkan untuk mengurangi gejala depresi tersebut.

Artikel Terkait

Banner Telemed