logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

10 Cara Mengatasi Depresi yang Ampuh dan Aman

open-summary

Cara mengatasi depresi yang aman bisa dilakukan dengan membuat diri Anda lebih aktif sekaligus mulai menjalani hidup sehat.


close-summary

3 Mei 2019

| Aby Rachman

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

cara mengatasi depresi

Mengalami depresi memang membuat Anda akan merasa tidak berdaya

Table of Content

  • 1. Memiliki Rutinitas
  • 2. Menentukan Target
  • 3. Berolahraga
  • 4. Mengonsumsi Makanan Sehat
  • 5. Tidur yang Cukup
  • 6. Memiliki Tanggung Jawab
  • 7. Menghadapi Pikiran Negatif
  • 8. Melakukan Hal Baru
  • 9. Melakukan Hal yang Menyenangkan
  • 10. Bersyukur

Siapa pun bisa mengalami depresi dalam hidupnya akibat banyak hal. Namun, tetap ada banyak cara mengatasi depresi yang bisa dilakukan. Langkah yang diambil tentunya harus aman dan positif untuk diri Anda sendiri.

Advertisement

Mengatasi depresi sebenarnya bukan hal yang mudah. Perlu niat yang mantab dan keberanian untuk melakukannya. Berikut beberapa cara mengihilangkan depresi pikiran yang bisa dilakukan:

1. Memiliki Rutinitas

Saat depresi, Anda dapat membuat rutinitas baru. Seorang psikiater bernama Ian Cook mengatakan bahwa depresi dapat membuat Anda meninggalkan rutinitas yang biasa Anda lakukan sebelum mengalami depresi. Maka dari itu, cobalah untuk kembali mengatur secara perlahan rutinitas sehari-hari.

Rutinitas harian akan membuat tubuh dan otak Anda bekerja dengan baik. Jika bingung apa yang hendak dilakukan, cobalah membuat jadwal sehari-hari. Anda bisa memanfaatkan notes atau papan tulis. 

2. Menentukan Target

Ketika mengalami depresi, mungkin Anda cenderung tidak ingin mencapai target apa pun. Untuk mendorongnya kembali, Anda dapat menentukan sasaran atau tujuan bagi diri sendiri. Buatlah tujuan yang ringan. Misalnya, menentukan waktu mencuci piring. Ketika target sudah tercapai, Anda dapat menambahkan target lainnya yang lebih menantang.

3. Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan endorfin dalam tubuh. Hormon ini  memicu perasaan senang, tenang, dan bahagia. Olahraga dengan teratur dapat mendorong otak untuk melipatgandakan endorfin. Anda dapat melakukan olahraga yang ringan untuk memulainya. Misalnya jogging, jalan santai, atau berenang.

Masukkan olahraga ke dalam daftar aktivitas harian Anda, ya. Tidak perlu terlalu lama melakukannya, kok. Anda cukup melakukan olahraga sekitar 15-30 menit setiap hari.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mulai mengonsumsi makanan sehat tidak langsung menyembuhkan gangguan mental. Namun, langkah ini bisa menjadi cara mengatasi depresi yang patut dicoba. Mengonsumsi makanan sehat adalah ide yang bagus untuk membantu Anda merasa lebih baik.

Ian Cook menyarankan mengonsumsi makanan dengan kandungan Omega-3, seperti salmon dan tuna dapat meringankan depresi. Kandungan nutrisi tersebut juga dipercaya dapat meningkatkan hormon yang membantu mood.

5. Tidur yang Cukup

Depresi menyebabkan Anda kesulitan untuk tidur dan kurangnya tidur akan membuat kondisi penderita lebih buruk. Lalu, apa yang harus dilakukan? Mulailah mengubah gaya hidup dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya. Cobalah untuk menyingkirkan hal-hal yang membuat Anda terganggu, seperti televisi, komputer, bahkan ponsel.

Untuk membuat Anda mengantuk, coba juga mandi air hangat sebelum tidur. Buat juga suasana kamar menjadi sangat nyaman. Anda bisa menambah aromaterapi di dalam kamar tidur.

Baca juga: Cara Ampuh Memperbaiki Pola Tidur

6. Memiliki Tanggung Jawab

Usahakan Anda tetap terlibat dan menjalankan tanggung jawab. Tanggung jawab yang dimiliki misalnya menjaga kebersihan rumah sekaligus melunasi tagihan setiap bulannya. Dengan begitu, Anda akan tetap melakukan pekerjaan untuk diri sendiri.

Tanggung jawab ini juga jadi cara mengurangi depresi yang dirasakan. Namun, jangan terlalu berat membenani diri. Emban tanggung jawab yang benar-benar bisa Anda jalani saja.

7. Menghadapi Pikiran Negatif

Salah satu cara menenangkan diri saat depresi adalah mengubah pikiran. Saat depresi, Anda cenderung akan memikirkan hal yang buruk. JJika terus dibiarkan, pikiran Anda hanya akan dipenuhi oleh hal-hal negatif, termasuk perasaan bersalah dalam hidu.

Oleh karena itu, gunakanlah logika berpikir Anda, saat mulai berpikiran negatif tentang sesuatu hal. Lawan pikiran negatif tersebut dengan hal-hal positif.

8. Melakukan Hal Baru

Salah satu perawatan alami depresi yang dapat dengan mudah dilakukan adalah melakukan sesuatu yang baru. Anda dapat melakukan hal seperti mengunjungi museum, pergi ke taman, dan menjadi relawan pada kegiatan sosial.

Hal baru juga bisa berupa hobi baru yang membuat Anda lebih sibuk. Sebut saja aktivitas berkesenian seperti melukis, menggambar, atau memainkan musik. Bisa dibilang, hobi merupakan cara mengatasi depresi yang paling ampuh.

9. Melakukan Hal yang Menyenangkan

Saat merasa depresi, luangkanlah waktu kosong Anda untuk melakukan hal yang Anda sukai. Anda harus mencoba hal-hal yang menyenangkan untuk mengurangi gejala depresi tersebut.

Mulailah dengan menghabiskan waktu bersama pasangan atau orang terdekat. Terhubung dengan orang lain juga mengatasi depresi sedikit demi sedikit. Dengan begitu, Anda juga belajar untuk lebih terbuka.

10. Bersyukur

Jika sudah sampai ke titik ini, berarti sudah banyak yang Anda lakukan. Langkah selanjutnya adalah bersyukur atas cara mengatasi depresi yang sudah dicoba. Salah satu bentuk syukur yang bisa dilakukan adalah memberikan penghargaan kepada diri sendiri. Cobalah untuk jalani hidup dengan lebih baik ke depannya.

Baca juga: Cara Kerja dan Efek Samping Antidepresan Trisiklik untuk Atasi Depresi

Tidak ada cara mengatasi depresi yang paling bagus selain Anda mencobanya langsung. Sebuah langkah kecil yang dilakukan akan membuat Anda sedikit demi sedikit keluar dari bayang-bayang keterpurukan tersebut. Jika memang diperlukan, cobalah meminta saran dari dokter.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara mengatasi depresi, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

mengatasi depresidepresipenyebab depresi

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved