Tanaman herbal echinacea dipercaya memiliki beragam khasiat bagi kesehatan
Tanaman echinacea memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh

Echinacea sering ditemukan sebagai salah satu komponen dalam suplemen yang dijual di apotek ataupun pasar swalayan. Tanaman obat ini bahkan diyakini mampu mengatasi pilek dan flu, serta banyak dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tanaman echinacea tumbuh di Amerika Utara dan dipercaya memiliki berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan. Kira-kira, apa saja manfaat echinacea?

Manfaat echinacea bagi kesehatan

Tanaman echinacea yang masih satu rumpun dengan bunga Aster ini digunakan mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh sampai berpeluang melindungi tubuh dari kanker. Akan tetapi apa saja manfaat echinacea untuk kesehatan?

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat echinacea yang paling populer adalah khasiatnya dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tanaman herbal ini dapat membantu Anda untuk sembuh lebih cepat dari penyakit seperti pilek dan demam.

Suatu riset bahkan menemukan bahwa konsumsi echinacea membantu mencegah pilek dan mempercepat proses penyembuhannya. Meskipun demikian, penelitian masih diperlukan untuk memastikan manfaat echinacea yang satu ini.

2. Menurunkan rasa nyeri

Tanaman echinacea dapat digunakan sebagai obat antinyeri alami, khususnya rasa sakit yang ditimbulkan akibat kondisi medis tertentu, seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, dan sakit gigi.

3. Menanggulangi gangguan pernapasan atas

Senyawa peningkat daya tahan tubuh dan antiradang dalam tanaman echinacea berkhasiat untuk mengurangi gejala gangguan pernapasan atas, seperti difteri, pilek, dan tuberkulosis.

4. Melancarkan pencernaan

Selain dapat digunakan sebagai obat antinyeri alami, echinacea juga bermanfaat sebagai obat pencahar alami untuk mengatasi sembelit.

Anda dapat mencoba mengonsumsi satu cangkir teh herbal echinacea setiap harinya untuk melancarkan pencernaan. Jangan meminum teh herbal echinacea lebih dari dua cangkir per harinya.

5. Mengurangi kecemasan

Manfaat echinacea dalam mengurangi kecemasan dikarenakan senyawa rosmarinic acid, caffeic acid, dan alkamide di dalamnya yang dapat menurunkan kecemasan. Namun hal ini masih diperlukan riset lebih lanjut.

6. Mengatasi gangguan kulit

Dari kulit kering sampai jerawat dapat diatasi dengan tanaman herbal ini. Echinacea mampu mengurangi kulit kering dan kerutan di kulit.

Kandungan senyawa antiradang dan antibakteri dalam tanaman echinacea dapat mengurangi perkembangan bakteri penyebab jerawat. Bahkan, ekstrak echinacea dipercaya dapat mengurangi gejala eksim.

7. Menurunkan kadar gula darah

Ekstrak dari tanaman echinacea ditemukan dapat menurunkan kadar gula darah dengan menghambat enzim yang mencerna karbohidrat dan mengurangi jumlah gula yang masuk ke darah.

Selain itu, ekstrak tanaman herbal ini juga dapat membuat sel pankreas menjadi lebih sensitif dengan insulin serta membantu mengeluarkan lemak berlebih dari darah yang dapat memicu resistensi insulin pada sel tubuh.

Akan tetapi, masih dibutuhkan studi lebih lanjut mengenai efek echinacea terhadap kadar gula darah.

8. Mengurangi peradangan

Timbulnya peradangan dalam tubuh mengindikasikan bahwa tubuh sedang melawan penyakit tertentu yang menyerang. Namun, peradangan berlebih justru dapat memicu gangguan kronis yang berbahaya bagi tubuh.

Ternyata, studi pada tikus menemukan bahwa tanaman echinacea dapat mengurangi peradangan yang dapat memicu hilangnya memori.

Bahkan, beberapa orang yang tidak cocok dengan obat antinyeri NSAID merasa lebih baik setelah mengonsumsi suplemen ekstrak echinacea.

9. Berpotensi melindungi dari kanker

Meskipun masih diperlukan lebih banyak penelitian, ekstrak tanaman echinacea ditemukan dapat menghambat dan membunuh sel kanker di pankreas dan usus besar. Manfaat echinacea ini dipercaya karena senyawa peningkat daya tahan tubuh di dalamnya.

Di atas hanyalah beberapa manfaat echinacea yang dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Namun, masih dibutuhkan lebih banyak riset untuk memastikan kegunaan echinacea pada manusia.

Efek samping echinacea

Meskipun ada beragam manfaat echinacea yang bisa dicoba, tetapi Anda perlu waspada dengan efek sampingnya. Efek samping ini biasanya muncul pada orang-orang yang alergi bunga, seperti:

  • Ruam-ruam
  • Mual
  • Bengkak
  • Sesak napas
  • Rasa gatal di kulit
  • Sakit perut

Echinacea yang disuntikkan berpotensi menimbulkan gangguan berupa pusing, demam, insomnia, nyeri otot dan persendian, sensasi kebas di lidah, sakit perut, muntah, rasa yang tidak enak di mulut, diare, mulut kering, disorientasi, sakit kepala, mual, dan sakit tenggorokan.

Penderita gangguan autoimun atau yang sedang mengonsumsi obat penekan daya tahan tubuh perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi echinacea.

Catatan dari SehatQ

Manfaat echinacea bagi kesehatan membutanya patut dikonsumsi sebagai suplemen. Namun, pastikan suplemen echinacea yang dibeli terpercaya. Selalu ikuti anjuran dari label suplemen atau produk echinacea,

Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi echinacea.

Dr Axe. https://draxe.com/nutrition/echinacea-benefits/
Diakses pada 4 Maret 2020

Hindawi. https://www.hindawi.com/journals/ecam/2012/841315/
Diakses pada 4 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17597571
Diakses pada 4 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28061036
Diakses pada 4 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19374389
Diakses pada 4 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15637349
Diakses pada 4 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28003341
Diakses pada 4 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17052874
Diakses pada 4 Maret 2020

Artikel Terkait