Trend superfood atau makanan super murah kian melanda masyarakat Indonesia
Tidak perlu habis biaya mahal untuk mendapatkan nutrisi padat dengan makanan super

Trend superfood atau makanan super kian melanda masyarakat Indonesia. Mulai dari jenis makanan yang sudah sering ditemukan, seperti brokoli atau kacang almond, hingga nama sayuran kale yang makin melejit popularitasnya.

Kendala dalam konsumsi makanan super bukan hanya soal menyeleksi jenis makanan yang tepat, tetapi juga kemudahan untuk mendapatkannya. Selain itu, makanan super yang murah juga akan memiliki nilai tambah tersendiri bagi mereka yang mengonsumsinya.

Tidak perlu repot lagi menerka atau mencari-cari makanan super murah untuk Anda atau keluarga. Ini dia 9 makanan super dengan harga terjangkau yang bisa Anda coba.

1. Kembang Kol

Dibandingkan dengan sayuran brokoli, kembang kol mungkin jarang dikenal sebagai makanan super yang bisa kita konsumsi. Seperti sayuran dalam famili cruciferae lainnya, kembang kol adalah sumber makanan super yang padat dengan vitamin C dan serat alami.

Kembang kol juga memiliki zat kimia alami dari tumbuh-tumbuhan yang dinamakan sulforaphane, dan punya properti antikanker yang sudah teruji secara klinis. Jadi, jangan ragu untuk menyajikan kembang kol lagi sebagai makanan super murah yang gampang didapat di pasar.

2. Ikan Sarden

Makanan super berukuran kecil dari laut ini punya manfaat nutrisi yang besar. Ikan sarden adalah salah satu sumber omega 3 atau asam lemak hewani, dan juga sarat vitamin B12 yang baik untuk pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan otak.

Ikan sarden juga punya vitamin D yang mendukung kesehatan tulang, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Kerennya lagi, makanan super ini selain murah pun mudah didapat dan dimasak, serta lezat disantap.

3. Tempe

Apa saja yang terkandung di dalam sepotong tempe sehingga dikategorikan sebagai makanan super? Nutrisi penting seperti protein, potasium, dan kalsium dengan mudah dapat disajikan dari olahan campuran kacang kedelai dan ragi ini. Tempe juga dapat meredakan gejala menopause dan menyeimbangkan kadar gula darah.

4. Bit Merah

Warnanya yang memikat menjadi pertanda kalau bit merah adalah makanan super yang kaya dengan antioksidan. Makanan super ini juga bisa membantu melindungi Anda dari kanker dan penyakit kronis lainnya.

Bila disajikan dalam bentuk jus, bit akan punya kandungan nitrat yang tinggi sehingga manjur untuk membantu meredakan tekanan darah dan meningkatkan peredaran darah ke otak untuk memudahkan konsentrasi. 

5. Kefir

Minuman fermentasi dari susu sapi atau susu kambing, kefir hampir sama dengan minuman yogurt. Sebagai makanan super atau tepatnya minuman super, ada manfaat probiotik yang tak ternilai harganya bagi kesehatan tubuh, khususnya sistem pencernaan.

Kefir juga sedang diteliti untuk efeknya sebagai antikanker dan antiinfeksi. Oleh karena itu, jangan lupa menambahkan kefir sebagai makanan super penutup hidangan sesuai selera.

6. Buah Prune (Buah Plum yang Dikeringkan)

Makanan super buah prune memiliki kandungan antioksidan dan serat alami yang baik untuk pencernaan. Buah ini dapat disajikan bersama sarapan havermut sebagai topping pelezat.

Makanan super ini bisa didapatkan di supermarket atau toko bahan kue dengan mudah dengan harga terjangkau. Mengonsumsi buah prune memiliki banyak manfaat, seperti potasium, vitamin, zat besi, dan nutrisi lain untuk rambut hingga tulang.

7. Kacang Lentil

Merupakan sejenis kacang-kacangan lunak dalam bentuk kering, lentil mulai banyak dilirik sebagai makanan super yang murah dan mudah disajikan. Selain baik untuk mengurangi kolesterol, lentil juga punya kandungan serat dan protein untuk menjaga kesehatan jantung, menstabilkan gula darah, menjadi sumber energi, hingga menjadi menu diet untuk menurunkan berat badan.

8. Rumput Laut

Dibuat sup, disajikan bersama sushi, hingga dimakan kering renyah, rumput laut dapat menjadi makanan super yang murah untuk keluarga Anda. Produksi rumput laut yang berasal dari laut membuat makanan super ini memiliki kandungan vitamin dan mineral, terutama kalsium dan zat besi. Rumput laut juga sarat protein dan rendah lemak, cocok sekali menjadi makanan super pilihan untuk berbagai menu olahan.

9. Telur

Makanan yang harganya terjangkau ini, mengandung banyak nutrisi. Bagian putih telur memiliki 4 gram protein. Sementara itu, kuning telur mengandung vitamin D, lutein, dan xeanthanin. Kandungan ini bisa mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah penyakit yang menyebabkan penderitanya kehilangan penglihatan, bahkan mengalami kebutaan. Penyakit ini biasanya dialami lansia.

WebMD. https://www.webmd.com/diet/guide/best-foods-to-try#1
Diakses pada September 2018

EatingWell. http://www.eatingwell.com/article/17958/12-superfoods-to-help-you-eat-healthy-for-1-or-less/
Diakses pada 16 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed