20 Makanan Penambah Hb yang Lezat dan Mudah Dicari

(0)
05 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Buah delima dan bit, menjadi beberapa makanan penambah Hb, yang lezat dan mudah dicari.Salah satu makanan penambah Hb yang sangat dianjurkan adalah buah semangka.
Saat melihat hasil tes darah, Anda terkaget-kaget ketika melihat kadar hemoglobin (Hb) rendah. Jangan khawatir, ternyata ada banyak makanan penambah Hb yang dapat ditemukan.Makanan penambah Hb (hemoglobin), sangatlah dibutuhkan meningkatkan kadar Hb di dalam darah, secara alami. Sebab, kondisi kekurangan Hb, bukanlah hal yang sepatutnya disepelekan. Ada banyak gejala menjengkelkan, yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari akibat kondisi tersebut.Hb sendiri adalah protein yang ada di dalam sel darah merah. Protein ini bertugas untuk membawa oksigen, ke seluruh tubuh, serta membantu paru-paru, untuk mengeluarkan karbon dioksida dari tubuh. Jika kadar Hb rendah, maka fungsinya bisa terganggu. Maka dari itu, kenali makanan penambah Hb yang lezat dan mudah dicari ini.

Cicipi lezatnya makanan penambah Hb ini

Rendahnya Hb di dalam sel darah merah, bisa diakibatkan beberapa hal, seperti anemia defisiensi besi, infeksi saluran kemih, kehamilan, hingga masalah hati.Jika beberapa hal ini menjadi penyebab rendahnya Hb di dalam tubuh Anda, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter, untuk segera mendapat pengobatan. Cara menaikan Hb sangat beragam, salah satunya mengonsumsi makanan penambah Hb di bawah ini:

1. Makanan mengandung zat besi

Seseorang yang memiliki Hb rendah, disarankan untuk mengonsumsi makanan mengandung zat besi. Sebab, zat besi bisa meningkatkan produksi Hb dan juga sel darah merah. Maka dari itu, cobalah beberapa makanan mengandung zat besi, di bawah ini:
  • Daging sapi
  • Daging ikan
  • Tofu dan edamame
  • Telur
  • Brokoli
  • Bayam
  • Kacang hijau
  • Selai kacang
Kekurangan zat besi, menjadi penyebab umum rendahnya Hb. Untuk pria berusia 19-50 tahun, rekomendasi asupan harian (RAH) zat besinya mencapai 8 miligram (mg). Sementara itu, wanita berusia 19-50 tahun, direkomendasikan mengonsumsi 18 mg zat besi.

2. Makanan mengandung vitamin C

Makanan penambah Hb selanjutnya adalah makanan yang mengandung vitamin C. Zat besi tidak bisa diserap dengan baik, jika tubuh kekurangan vitamin C. Maka dari itu, makanan mengandung vitamin C, bisa meningkatkan kadar Hb di dalam tubuh. Konsumsilah buah-buahan lezat seperti jeruk, lemon, tomat, berry, dan buah lain yang mengandung vitamin C lainnya.

3. Makanan mengandung asam folat

Asam folat adalah vitamin B kompleks yang dibutuhkan tubuh, untuk memproduksi sel darah merah. Kalau jumlah asam folat dalam tubuh rendah, maka kadar Hb juga bisa menurun. Maka dari itu, makanan-makanan seperti kacang-kacangan, pisang, brokoli, hati, sayuran berdaun hijau seperti bayam, sangat dianjurkan.

4. Makanan yang mengandung beta karoten

Beta karoten adalah sebuah pigmen yang ditemukan pada tumbuhan dan buah. Mengonsumsinya bisa membantu tubuh untuk menyerap dan menggunakan zat besi, lebih baik. Beberapa makanan mengandung beta karoten, seperti wortel, kentang, mangga, labu, hingga cantaloupe (melon berwarna jingga), bisa Anda coba.

5. Buah delima

Buah delima
Buah delima, si merah yang lezat
Buah delima adalah salah satu makanan penambah Hb terbaik. Buah berwarna merah yang menyegarkan ini, mengandung zat besi, kalsium, karbohidrat, dan serat. Berkat nutrisi yang dimilikinya, buah delima sangat laku di kalangan penderita Hb rendah.Minumlah jus buah delima, atau makanlah secara langsung dengan rutin, untuk memastikan kadar Hb di dalam sel darah merah Anda, kembali ke jumlah normal.

6. Kurma

Kurma adalah buah kering yang dilengkapi zat besi. Rasanya yang manis, menjadikannya sebagai camilan pilihan. Bagi Anda dengan kadar Hb rendah, kurma bisa menjadi makanan penambah Hb, yang ampuh.
Namun, banyak dokter yang tidak merekomendasikan kurma, bagi penderita diabetes. Sebab, kandungan gula di dalamnya, cukup tinggi.

7. Buah bit

Buah bit adalah “paket lengkap” yang sangat baik, untuk penderita Hb rendah. Buah berwarna merah ini mengandung asam folat, kalium, dan serat. Tak mengherankan, buah bit sangat dipercaya sebagai makanan penambah Hb, yang manjur.

8. Biji labu

Sekitar 100 gram biji labu, mengandung 0,9 gr zat besi, 20 mg kalsium, 5 mg protein, dan 17,9 gr serat. Dengan kandungan menyehatkannya ini, biji labu juga dipercaya sebagai peningkat Hb alami.Anda bisa menaburkan biji labu di atas salad atau smoothie, dan rasakanlah manfaatnya dalam meningkatkan kadar Hb.

9. Buah semangka

Semangka
Selain lezat, buah semangka juga menyegarkan
Bagi Anda yang membutuhkan zat besi dan vitamin C, tapi tidak ingin mengonsumsi terlalu banyak makanan, buah semangkalah solusinya. Buah berukuran besar yang sangat menyegarkan ini, mengandung zat besi sekaligus vitamin C.Selain menambah kadar zat besi di dalam tubuh, buah semangka juga membantu tubuh untuk menyerap dan menggunakan zat besi itu, dengan baik.

10. Kerang remis

Jika Anda pencinta makanan laut, berbahagialah. Sebab, banyak makanan laut, seperti kerang remis, yang dapat meningkatkan kadar Hb dalam darah Anda.Sekitar 100 g kerang remis, mengandung 28 mg zat besi!

11. Nasi cokelat

Nasi cokelat juga menjadi makanan penambah Hb yang baik. Sekitar 100 g-nya, nasi cokelat mengandung 0,4 mg zat besi, lho.

12. Ikan kembung

Sering ditemui di pasar atau tukang sayur, ternyata ikan kembung adalah makanan penambah Hb yang lezat dan menyehatkan. Ikan laut ini memiliki 1,7 mg zat besi per 100 g-nya.Selain itu, ikan kembung juga diperkaya asam lemak omega 3!

13. Hati ayam

Hati adalah makanan penambah Hb yang sangat kaya akan zat besi. Jangan kaget ketika mendengar kandungan zat besi dari organ hati ayam, sebab jumlahnya memang sangat tinggi. Selain hati ayam, hati sapi juga bisa jadi pilihan.Sekitar 100 g hati ayam, mengandung 9 mg zat besi!

14. Daging merah tanpa lemak

Daging merah tanpa lemak, seperti daging sapi yang sering dijadikan steak itu, menjadi makanan penambah Hb selanjutnya. Makanan lezat ini mengandung zat besi yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan kadar Hb dalam darah Anda.Sekitar 85 gram daging merah, mengandung 2,1 mg zat besi.

15. Udang

Makanan laut yang digemari banyak orang ini ternyata masuk dalam daftar makanan penambah Hb, lho. Sekitar 100 g udang, ternyata mengandung 3 mg zat besi.

16. Quinoa

Quinoa adalah makanan penambah Hb yang sangat terkenal di dunia. Sebenarnya, quinoa adalah biji-bijian, namun dimakan layaknya gandum. Quinoa dapat membantu Anda menaikkan Hb karena mengandung zat besi sebanyak 15% dari rekomendasi asupan harian.

17. Jamur kancing

Jamur kancing putih atau Agaricus bisporus, memiliki kandungan zat besi yang cukup melimpah. Itulah sebabnya ia masuk ke dalam daftar makanan penambah Hb. Setiap 100 gram jamur kancing putih, terdapat 1,7 miligram zat besi di dalamnya.

18. Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah camilan mewah yang sangat lezat dan juga menyehatkan. Tahukah Anda kalau cokelat hitam juga mengandung zat besi?Atas kandungan zat besi inilah cokelat hitam layak masuk ke dalam daftar makanan penambah Hb. Setiap 28 gram cokelat hitam, terdapat 3,4 miligram zat besi di dalamnya.

19. Ayam kalkun

Bosan dengan ayam kampung? Cobalah santap ayam kalkun! Selain lezat dan berukuran besar, ayam kalkun juga mengandung zat besi yang tinggi, yakni 1,4 miligram zat besi di dalam setiap 100 gram-nya.

20. Prune

Prune adalah plum khas Eropa yang sudah dikeringkan. Selain manis dan lezat, prune juga mengandung zat besi. Dalam 100 gram prune, terdapat 0,9 miligram zat besi di dalamnya.

Kadar Hb normal yang harus diraih

Kadar Hb termasuk dalam kategori rendah, jika kandungannya kurang dari 13,5 gram g/dL untuk pria, dan 12 g/dL untuk wanita. Setidaknya, pria harus memiliki kadar Hb mencapai 13,5-17,5 g/dL. Sementara itu, kadar Hb normal wanita adalah 12,5-15,5 g/dL.Jika mengalami Hb rendah, cobalah beberapa makanan penambah Hb di atas, dan yang terpenting, berkonsultasilah dengan dokter.

Bahaya Hb rendah bagi kesehatan

Ada banyak bahaya Hb rendah, yang bisa Anda rasakan. Sebenarnya, apa saja bahaya Hb rendah itu, yang tentu saja bisa mengganggu aktivitas sehari-hari?
  • Tubuh melemah
  • Sesak napas
  • Pusing
  • Detak jantung yang cepat dan tidak teratur
  • Sakit kepala
  • Tangan dan kaki terasa dingin
  • Kulit pucat dan kuning
  • Nyeri dada
Perlu diketahui, rendahnya kadar Hb di dalam sel darah merah, bisa diakibatkan oleh gaya hidup yang kurang sehat, seperti merokok hingga olahraga berlebihan. Maka dari itu, mulailah gaya hidup yang sehat, dan jauhi hal-hal yang bisa membahayakan kesehatan Anda.Jika gejala-gejala rendahnya Hb di atas terjadi pada Anda, ada baiknya segera datang ke dokter, untuk berkonsultasi dan mendapatkan pengobatan. Jika dibiarkan begitu saja, ada risiko gejala semakin parah, dan bahkan mengancam nyawa.Selagi berusaha meningkatkan Hb, cobalah berbagai cara menaikan Hb seperti mengonsumsi makanan penambah Hb di atas!
makanan sehatsel darahsel darah merahhidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-hemoglobin
Diakses pada 13 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321530.php#how-to-increase-hemoglobin
Diakses pada 13 Januari 2020
NDTV. https://www.ndtv.com/food/9-foods-that-can-help-increase-haemoglobin-1828770
Diakses pada 13 Januari 2020
Times of India. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/diet/top-18-iron-rich-foods-to-boost-haemoglobin/articleshow/20777602.cms
Diakses pada 11 Maret 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait