Banyak wanita yang pernah mengalami mimpi selingkuh dari pasangannya
Ketidakpuasan emosional dapat menjadi arti mimpi selingkuh yang Anda alami

Pernahkah Anda bermimpi selingkuh dari pasangan? Jika iya, Anda tidak sendiri. Berbagai hal memang dapat terjadi di dalam mimpi, bahkan seringkali tak masuk akal. 

Meski dianggap sebagai bunga tidur, namun mimpi ternyata dapat memiliki arti tersendiri. Termasuk mimpi tentang selingkuh ini. Lantas, apa arti mimpi selingkuh yang sebenarnya?

Arti mimpi selingkuh secara umum

Mimpi selingkuh merupakan mimpi yang umum terjadi. Dalam sebuah studi yang melibatkan 1.000 orang wanita, hampir 60 persennya pernah bermimpi selingkuh dari pasangannya. Perlu Anda ketahui juga jika setiap hal dalam mimpi dapat mengartikan sesuatu sebagai bentuk komunikasi alam bawah sadar. Adapun arti mimpi selingkuh secara umum, antara lain:

  • Ketidakpuasan emosional

Mimpi berselingkuh dapat mengartikan ketidakpuasan emosional Anda pada pasangan. Anda merasa tak ada penyatuan emosional yang baik dengan pasangan sehingga Anda kerap merasa bosan, cemas, marah, cemburu, tak aman, atau lainnya. Emosi yang Anda alami dalam mimpi itu pun akan terasa sangat nyata.

  • Ketidakpuasan seksual

Mimpi tentang perselingkuhan dapat pula menjadi tanda bahwa ada ketidakpuasan seksual yang Anda rasakan dengan pasangan Anda. Hal ini dapat membuat alam bawah sadar Anda memberi gambaran tentang apa yang Anda inginkan.

Arti mimpi selingkuh secara khusus

Dalam mimpi, Anda mungkin dapat berselingkuh dengan siapa saja, baik itu mantan, teman, rekan kerja, bahkan orang asing. Berikut arti mimpi selingkuh secara khusus:

  • Mimpi selingkuh dengan orang asing

Jika Anda pernah mimpi selingkuh dengan orang yang tak Anda kenal. Anda mungkin senang memerhatikan orang lain. Misalnya, Anda melihat orang asing dalam perjalanan dan mulai memerhatikannya sehingga terjebak dalam sebuah sudut pikiran random dalam kepala Anda yang membuatnya hadir dalam mimpi Anda. 

  • Mimpi selingkuh dengan mantan

Mimpi selingkuh dengan mantan kekasih bukan selalu menandakan bahwa Anda ingin kembali bersama. Kemungkinan besar ini adalah hasil dari kembalinya otak Anda yang sedang tertidur pada tempat yang sudah dikenal. Dengan kata lain, ada suatu hal dari hubungan masa lalu yang masih Anda bawa ke hubungan saat ini.

  • Mimpi selingkuh dengan orang terdekat pasangan

Jika Anda mimpi selingkuh dengan orang terdekat pasangan Anda, maka ini dapat menunjukkan bahwa kedekatan keduanya sangat memengaruhi Anda. Kemungkinan, ini juga dapat menjadi tanda adanya keinginan dalam diri Anda untuk menjadi dekat dengan orang tersebut.

  • Mimpi selingkuh dengan orang yang dikenal

Mimpi selingkuh dengan orang yang dikenal, seperti halnya teman atau rekan kerja, dapat menjadi tanda bahwa Anda memiliki ketertarikan tersendiri pada orang ini atau adanya hubungan emosional yang terbentuk di antara kalian. 

Selain itu, ini juga dapat menjadi tanda bahwa Anda merasa orang tersebut memiliki ciri kepribadian yang tak dimiliki oleh pasangan Anda. 

  • Mimpi ketahuan selingkuh

Jika Anda mimpi ketahuan selingkuh, ini dapat menjadi tanda bahwa Anda benar-benar merasa bersalah baik dalam alam bawah sadar maupun kehidupan nyata. Mimpi ini mengatakan bila sudah waktunya bagi Anda untuk segera menyelesaikan segala permasalahan atau mengakui sesuatu yang Anda sembunyikan.

  • Mimpi selingkuh dengan banyak orang

Mimpi selingkuh dengan lebih dari satu orang dapat menandakan bahwa Anda memecah perhatian ke banyak arah. Hal ini membuat orang-orang yang Anda perhatikan terjebak dalam sudut pikiran Anda dan muncul saat Anda bermimpi. 

Selain itu, ini juga dapat menjadi tanda bahwa Anda merasa bosan dengan hubungan percintaan Anda sehingga membutuhkan eksperimen atau hal baru.

  • Mimpi selingkuh dengan bertukar pasangan

Jika Anda mimpi selingkuh dengan bertukar pasangan, misalnya dalam kencan ganda, maka ini dapat menandakan bahwa Anda sebenarnya ingin mencoba hubungan terbuka. Akan tetapi, mimpi ini juga bisa berarti bahwa pasangan dalam mimpi Anda tersebut memiliki sesuatu yang Anda inginkan.

  • Mimpi selingkuh saat pasangan hamil

Mimpi selingkuh saat pasangan hamil merupakan hal yang umum terjadi. Ini dapat menjadi tanda bahwa Anda merasa tersisihkan karena ada hal lain yang lebih penting dalam kehidupan pasangan Anda. Namun, Anda harus dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.

Ketika bermimpi selingkuh, Anda jangan terus berlarut memikirkannya karena dapat memunculkan keinginan untuk benar-benar berselingkuh. Sebaiknya, perbaiki selalu hubungan dengan pasangan dengan menghabiskan waktu bersama dan komunikasikan hal apa pun. Pastikan juga Anda dan pasangan sama-sama mendapat kebahagiaan, serta tak menyakiti satu sama lain.

Dalam dunia medis, mimpi buruk dapat menjadi akibat dari gangguan psikologis, misalnya pada seseorang yang mengalami PTSD atau depresi yang dipicu karena trauma. Jika kondisi ini sangat mengganggu Anda, segera konsultasikan ke dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/health/dreams-about-cheating#if-your-dreams-reflect-irl-fantasies
Diakses pada 18 Februari 2020.
Womens Health. https://www.womenshealthmag.com/relationships/a22738831/dreams-about-cheating/|
Diakses pada 18 Februari 2020.
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5581821/
Diakses pada 18 Februari 2020.

Artikel Terkait