Pahami jenis kacang-kacangan dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh
Pahami jenis kacang-kacangan dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh

Kacang-kacangan merupakan salah satu opsi camilan sehat yang populer. Kacang merupakan sumber serat dan protein serta mengandung lemak sehat.

Banyak studi yang menunjukkan bahwa kandungan kacang memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kualitas kesehatan, khususnya terkait penurunan risiko serangan jantung. Jika Anda adalah orang yang suka menyantap beraneka jenis kacang, pahami jenis kacang-kacangan dan manfaatnya bagi tubuh.

6 Jenis Kacang-kacangan dan Manfaatnya

1. Almond

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang kaya akan kandungan nutrisi penting. Menyantap 28 gram kacang almond bisa membantu menurunkan risiko kenaikan kadar gula setelah makan sebanyak 30% bagi orang-orang yang memiliki penyakit diabetes.

Selain itu, kacang almond juga bisa membantu perkembangan bakteri baik di dalam usus seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus.

2. Pistachio

Kacang pistachio merupakan salah satu jenis kacang sehat yang kaya akan serat. Mirip dengan kacang almond, pistachio mampu menaikkan tingkat kolesterol baik (HDL) dalam darah dengan mengonsumsi 56-84 gram setiap harinya.

Masalah tekanan darah juga bisa diatasi dengan mengonsumsi kacang pistachio.

3. Mete

Banyak studi berhasil membuktikan bahwa kacang mete bisa memperbaiki metabolisme tubuh. Menu makanan yang mengandung 20% kalori dari kacang mete bisa memperbaiki peredaran darah. Kacang sehat ini juga mampu menaikkan kolesterol baik dalam darah.

4. Macadamia

Kacang macadamia mengandung banyak sekali nutrisi dan merupakan salah satu sumber terbaik lemak tak jenuh tunggal. Kandungan inilah yang menyebabkan orang yang mengonsumsi macadamia akan mengalami penurunan kolesterol jahat dalam darahnya.

Macadamia juga membantu menurunkan berbagai risiko masalah jantung.

5. Hazelnut

Sama seperti kacang sehat lain yang sudah disebutkan di atas, hazelnut juga memiliki banyak manfaat terutama untuk orang-orang yang memiliki risiko penyakit jantung. Selain menurunkan kolesterol jahat, kacang hazelnut mampu mengurangi inflamasi dan melancarkan peredaran darah.

6. Kacang Tanah

Jangan remehkan kacang tanah karena kacang ini punya manfaat yang tidak kalah sehatnya. Sebuah studi menyebut bahwa 120.000 orang yang mengonsumsi banyak kacang tanah ternyata memiliki risiko kematian yang lebih rendah. Kacang tanah juga terbukti mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/ss/slideshow-healthy-nuts
Diakses pada Maret 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/9-healthy-nuts
Diakses pada Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed