9 Cara Menghilangkan Suara Serak yang Patut Dicoba

Berhenti merokok menjadi salah satu cara menghilangkan suara serak.
Salah satu cara menghilangkan suara serak adalah minum air secara teratur.

Suara serak adalah kondisi menjengkelkan, yang seringkali terjadi akibat laringitis atau radang pita suara. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada kotak suara, akibat adanya iritasi atau infeksi. Bagaimana cara menghilangkan suara serak tersebut?

Sebenarnya, Anda bisa memulihkan suara yang semula serak, dengan sejumlah langkah sederhana. Bahkan, Anda pun belum membutuhkan obat-obatan apabila mengalami suara serak.

Cara menghilangkan suara serak tanpa obat

Suara serak
Suara serak, bagaimana cara mengatasinya?

Satu hal yang perlu diingat, suara serak bukanlah penyakit, melainkan gejala dari berbagai macam gangguan kesehatan.

Walaupun suara serak adalah kondisi medis yang sering disepelekan, bukan berarti Anda bisa “santai” dalam menanganinya. Maka dari itu, kenali kesembilan cara menghilangkan suara serak yang patut dicoba ini:

1. Istirahatkan suara

Penggunaan suara yang berlebihan, bisa menyebabkan kotak suara membengkak dan teriritasi. Untuk bisa sembuh, pita suara membutuhkan istirahat.

Maka dari itu, hindarilah penggunaan suara yang berlebihan, apalagi sampai berteriak. Perlu diingat, bernyanyi juga bisa memperparah kondisi ini.

2. Berhenti merokok

Merokok, baik itu rokok tembakau maupun vape, adalah satu hal yang harus Anda hentikan untuk memulihkan suara.

Merokok dapat mengiritasi tenggorokan, memicu datangnya batuk, dan menunda proses penyembuhan. Ini juga berlaku bagi para perokok pasif. Segera hindari asap rokok yang ada di sekeliling Anda.

3. Minum air putih secara teratur

Air putih bisa disebut sebagai “obat” dari banyak penyakit. Buktinya, mengonsumsi air putih secara teratur, dianggap sebagai cara menghilangkan suara serak yang ampuh.

Air putih bisa menjaga tenggorokan tetap terhidrasi, menghilangkan dahak, dan mengeluarkan lendir. Selain air putih, coba juga teh dan sup hangat, untuk mengatasi suara serak.

Saat suara serak, selalu hindari minuman yang mengandung kafein. Sebab, kafein bisa menyebabkan dehidrasi.

4. Menjaga kelembapan udara

Menghirup udara kering bisa mengiritasi tenggorokan dan akhirnya memunculkan peradangan di pita suara. Memasang alat pelembap ruangan atau humidifier bisa membantu Anda menghilangkan dahak di tenggorokan.
Jika tidak memilikinya, duduk saja di dalam kamar mandi sambil menyalakan kucuran air hangat. Uap panasnya bisa melegakan tenggorokan, dan membantu menghilangkan suara serak.

5. Mengonsumsi permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan mampu melembapkan tenggorokan, meredakan nyeri, dan mengurangi batuk.
Pilihlah permen pelega tenggorokan yang mengandung bahan-bahan alami seperti madu atau teh hijau.

6. Minum cuka sari apel

Cuka sari apel dipercaya sebagai cara menghilangkan suara serak, karena mengandung komponen antimikroba. Campurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel mentah ke dalam segelas air putih. Minumlah sebanyak 1-2 kali dalam sehari. Tambahkan juga satu sendok madu, jika ingin Anda menginginkan rasa manis.

7. Mengonsumsi campuran akar jahe dan air

Mengonsumsi akar jahe memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah menjadi cara menghilangkan suara serak. Biasanya, akar jahe dikonsumsi untuk meredakan batuk kering dan suara serak akibat laringitis.
Jika Anda suka mengonsumsi teh, campurkan saja akar jahe segar ke dalam air mendidih, dan tunggu sampai tidak terlalu panas untuk diminum.

8. Berkumur dengan air garam

Salah satu cara menghilangkan suara serak yang paling umum adalah dengan berkumur dengan air garam. Masukan ¼ atau ½ sendok teh berisikan garam ke dalam air hangat.

Setelah itu, berkumurlah dengan larutan tersebut, hingga mengenai bagian belakang tenggorokan. Lakukan metode ini sebanyak yang diperlukan.

9. Mengonsumsi bawang putih

Sejarah membuktikan bahwa bawang putih adalah obat alami yang sering digunakan dalam dunia medis. Sebuah penelitian beberapa waktu lalu membuktikan adanya komponen antibakteri pada bawang putih. Itulah sebabnya, bawang putih dipercaya bisa mengatasi suara serak.

Untuk mengurangi aromanya yangsangat menyengat, Anda bisa mengonsumsi bawang putih dengan mencampurkannya pada salad atau saus pasta.

Sebagai antisipasi, hindari penyebab suara serak ini

Setelah mengetahui cara menghilangkan suara serak, pahamilah penyebab suara serak, sebagai antisipasi. Berikut ini sejumlah kondisi yang bisa menimbulkan suara serak.

  • Laringitis
  • Pilek
  • Infeksi saluran pernapasan
  • Gastroesophageal reflux (asam lambung naik ke kerongkongan)
  • Terlalu banyak bersuara
  • Merokok
  • Alergi
  • Masalah tiroid
  • Gangguan saraf
  • Rheumatoid arthritis
  • Gangguan pada kotak suara

Dengan mengetahui penyebab suara serak, dokter bisa memberikan penanganan yang tepat. Maka dari itu, Anda disarankan tidak melakukan diagnosis sendiri.

Pencegahan suara serak

Peribahasa, “Sedia payung sebelum hujan,” alias lebih baik mencegah daripada mengobati, tentu benar adanya. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah suara serak.

  • Menghindari rokok

Merokok atau menghirup asap rokok bisa menyebabkan pita suara dan pangkal tenggorokan teriritasi. Begitu pula halnya dengan perokok pasif. Maka dari itu hindarilah paparan terhadap rokok.

  • Mencuci tangan secara teratur

Terkadang suara serak bisa diakibatkan oleh infeksi saluran pernapasan. Mencuci tangan bisa membantu mencegah masuknya kuman ke dalam tenggorokan.

  • Mengonsumsi cukup air

Setidaknya, minumlah 8 gelas air putih dalam waktu sehari. Sebab air putih bisa mengencerkan lendir di tenggorokan dan menjaganya tetap lembap.

  • Menghindari kafein dan alkohol

Kafein dan alkohol adalah cairan yang bersifat diuretik. Artinya, Anda malah bisa dehidrasi jika meminumnya.

  • Tidak berdeham

Berdeham atau batuk-batuk kecil untuk mengeluarkan lendir di tenggorokan, bisa memperparah peradangan dan iritasi pada tenggorokan. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah berdeham.

Catatan dari SehatQ

Jika suara serak tetap bertahan, walau cara menghilangkan suara serak di atas sudah dilakukan, berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Bisa saja, ada penyakit lain yang menyebabkan Anda bersuara serak.

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-laryngitis
Diakses pada 24 Januari 2020

My Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17105-hoarseness-frequently-asked-questions
Diakses pada 24 Januari 2020

Artikel Terkait