16 Cara Menghaluskan Rambut dari Perawatan Harian Hingga Bahan Alami


Cara menghaluskan rambut bisa dilakukan bagi Anda yang ingin mempunyai rambut halus dan mudah diatur. Anda bisa menerapkan cara alami menghaluskan rambut, sampai perawatan rambut ke salon.

(0)
21 Jan 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara menghaluskan rambut yang mudah dilakukanRambut yang halus dan berkilau adalah dambaan bagi setiap orang
Cara menghaluskan rambut mungkin diperlukan bagi Anda yang ingin mempunyai rambut halus dan mudah diatur. Memiliki rambut halus dan berkilau layaknya iklan di televisi memang kerap jadi dambaan banyak perempuan. Namun, alih-alih punya rambut halus, sebagian besar perempuan justru memiliki masalah rambut kasar, kering, dan sulit diatur. Kondisi tersebut yang membuat Anda kerap mengalami hair bad day sehingga bisa mengganggu penampilan sehari-hari.Lantas, bagaimana cara menghaluskan rambut supaya indah dan mudah diatur? Simak ulasan selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Bagaimana cara menghaluskan rambut yang mudah?

Merawat rambut dengan benar dapat menjadi salah satu cara membuat rambut halus. Ada berbagai cara merawat rambut yang dapat dilakukan untuk membantu menghaluskan rambut. Beberapa cara menghaluskan rambut yang bisa Anda terapkan di rumah dengan mudah, yaitu:

1. Jangan terlalu sering keramas

Cara menghaluskan rambut adalah dengan tidak rutin keramas
Jangan terlalu sering keramas untuk dapatkan rambut halus
Salah satu cara menghaluskan rambut adalah dengan tidak terlalu sering keramas. Sebaiknya, Anda keramas apabila kondisi rambut sudah benar-benar dalam kondisi kotor. Mencuci rambut terlalu sering bisa membuat kulit kepala kehilangan minyak alami. Di samping itu, waktu mencuci rambut bisa disesuaikan dengan kondisi rambut. Misalnya, orang yang memiliki jenis rambut berminyak mungkin perlu mencuci rambut setiap 2 hari sekali secara rutin.

2. Gunakan sampo yang tepat

Cara menghaluskan rambut juga perlu memerhatikan penggunaan sampo. Penggunaan sampo berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dan membuat rambut lebih halus. Namun, pastikan Anda menggunakan jenis sampo yang cocok sesuai dengan kondisi rambut. Sebab, menggunakan sampo yang salah justru dapat memperparah masalah rambut yang sedang Anda alami. Anda bisa menggunakan sampo yang mengandung minyak argan. Kandungan antioksidan dan vitamin E pada minyak argan mampu menutrisi batang rambut sehingga dapat melembapkan, menghaluskan, dan membuatnya berkilau. 

3. Pakai conditioner

Cara menghaluskan rambut perlu rutin menggunakan conditioner
Gunakan conditioner dari ujung sampai sepertiga rambut
Memakai conditioner menjadi salah satu cara menghaluskan rambut yang mudah dilakukan. Conditioner dapat membantu menjaga kelembapan rambut Anda dan membuatnya lebih berkilau.Sebaiknya, gunakan conditioner setelah keramas. Cara menggunakan conditioner adalah dengan mengusapkannya hanya pada ujung-ujung rambut. Bagi Anda yang berambut panjang, gunakan conditioner dari ujung rambut sampai sepertiga atau setengah rambut.Hindari menggunakan conditioner sampai menyentuh kulit kepala.Sebab, hal ini justru dapat membuat kulit kepala jadi berminyak dan rambut lepek.Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas rambut dengan air dingin. 

4. Keramas dengan air dingin

Keramas dengan air dingin juga menjadi cara menghaluskan rambut yang perlu diterapkan. Mencuci rambut menggunakan air dingin dapat membuat rambut lebih halus dan berkilau. Air dingin bisa membilas sampo atau conditioner yang Anda gunakan tanpa menghilangkan kelembapan rambut. Hindari mencuci rambut dengan air yang suhunya terlalu panas karena bisa menyebabkan rambut rusak hingga rambut menjadi kusam dan kering.

5. Gunakan masker rambut

Anda bisa menggunakan masker rambut setiap minggu secara rutin sebagai cara menghaluskan rambut. Ada berbagai produk masker rambut yang bisa digunakan, baik yang dijual di pasaran atau dibuat sendiri di rumah.Manfaat masker rambut dapat menjaga kelembapan rambut sehingga membuatnya terasa lebih halus. Anda dapat mengoleskan masker rambut ketika rambut dalam kondisi setengah basah setelah keramas. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas rambut sampai bersih.

6. Oleskan vitamin rambut

Cara menghaluskan rambut selanjutnya adalah dengan mengoleskan vitamin rambut. Anda mungkin tak asing dengan berbagai merek vitamin rambut yang banyak dijual di sejumlah toko produk kecantikan. Penggunaan vitamin rambut setelah keramas bisa menjadi cara melembutkan rambut dengan menjaga kelembapannya. Vitamin rambut juga berfungsi untuk memberi efek berkilau pada rambut.

7. Batasi penggunaan alat penata rambut

Anda perlu membatasi penggunaan alat penata rambut sebagai cara menghaluskan rambut. Penggunaan alat penata rambut, seperti hair dryer, catokan, blow dryer, ataupun peralatan lainnya, secara teratur bisa membahayakan kesehatan rambut. Pasalnya, suhu panas dari berbagai alat penata tersebut dapat merusak rambut sehingga membuat rambut jadi kasar dan rapuh, serta kehilangan kemilau alami dari rambut. Untuk mendapatkan rambut yang halus dan lembut, sebaiknya batasi penggunaan alat penata rambut tersebut. Jika harus menggunakannya, oleskan serum rambut terlebih dahulu guna melindungi rambut Anda. 

8. Ubah jenis gaya rambut tertentu

Gaya rambut tertentu bisa saja dilakukan untuk membuat tampilan rambut berbeda. Salah satunya dengan mengikat rambut. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, mengikat rambut terlalu kencang dapat berisiko kutikula rambut. Alhasil, rambut bisa jadi kering, bahkan mengalami kerontokan rambut. 

9. Sisir rambut dengan hati-hati

Anda juga perlu menyisir rambut dengan hati-hati dan tidak terlalu sering. Menyisir rambut terlalu sering bisa menimbulkan gesekan sehingga rambut akan kusut. Batasi menyisir rambut seminimal mungkin, serta jangan pernah melakukannya saat rambut dalam kondisi basah. Sebab, rambut basah lebih rentah patah. Sebagai solusinya, Anda bisa menyisir rambut dengan cara menguraikannya sebelum mandi menggunakan sisir bergigi lebar. Selanjutnya, sisir rambut dengan hati-hati 1-2 kali sehari untuk menata dan menghilangkan rambut kusut. 

Adakah cara alami menghaluskan rambut?

Selain melakukan berbagai prinsip cara melembutkan rambut di atas, Anda juga bisa menerapkan cara alami menghaluskan rambut dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Adapun beberapa cara menghaluskan rambut secara alami adalah sebagai berikut. 

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa dijadikan sebagai cara menghaluskan rambut secara alami
Oleskan minyak kelapa pada helaian rambut secara merata
Salah satu cara alami menghaluskan rambut adalah dengan minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang halus memang bukan rahasia lagi. Cara untuk melembutkan rambut dengan minyak kelapa adalah oleskan pada helaian rambut setelah keramas. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam minyak kelapa akan meresap ke batang rambut. Namun, pastikan Anda hanya mengoleskan minyak kelapa tipis-tipis pada ujung-ujung rambut untuk menghindari kondisi rambut berminyak. 

2. Minyak zaitun

Sama halnya dengan minyak kelapa, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai cara alami menghaluskan rambut. Manfaat minyak zaitun diyakini dapat bertindak sebagai lapisan yang membantu menahan air dan mencegah kerusakan kutikula rambut.Sayangnya, minyak zaitun bisa membuat rambut Anda berminyak. Untuk mendapatkan hasil terbaik, oleskan minyak zaitun tipis-tipis hanya pada ujung-ujung rambut secara merata tiap seminggu sekali. 

3. Minyak argan

Cara menghaluskan rambut bisa dengan minyak argan
Minyak argan dipercaya bisa sebagai cara membuat rambut halus
Cara alami menghaluskan rambut berikutnya adalah dengan minyak argan. Meski penelitian yang menyebut manfaat minyak argan untuk rambut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, bahan alami ini diklaim cukup menjanjikan. Minyak argan dapat ditemukan dalam sejumlah produk perawatan rambut, seperti sampo dan conditionerBagi pemilik rambut sangat kering, Anda bisa mendapatkan manfaat minyak argan asli secara langsung. Cukup oleskan tipis-tipis ke seluruh helaian rambut secara merata untuk menggunakannya. 

4. Masker pisang

Anda dapat menggunakan masker rambut dari buah pisang sebagai cara alami menghaluskan rambut. Buah pisang mengandung karbohidrat, vitamin, kalium, minyak alami, dan antioksidan. Jika digunakan secara rutin, masker rambut dari pisang diyakini dapat membuat rambut terasa lembut, sekaligus mengurangi rambut kusut dan menenangkan kulit kepala yang iritasi. Untuk mendapatkan manfaat masker rambut dari pisang, Anda bisa menambahkan yogurt ke dalamnya. Cara melembutkan rambut secara alami dengan pisang adalah sebagai berikut. 
  • Dalam sebuah mangkuk, haluskan 1 buah potong pisang. 
  • Tambahkan 2 sendok makan yogurt tanpa rasa ke dalamnya. 
  • Aduk merata sampai menjadi pasta masker kental. 
  • Oleskan pada helaian rambut Anda secara menyeluruh. 
  • Diamkan selama 45 menit, kemudian bilas rambut sampai bersih dengan air dan sampo. 

5. Cuka apel

Manfaat cuka apel bisa digunakan sebagai cara menghaluskan rambut
Cara menghaluskan rambut bisa dengan cuka apel
Tahukah Anda kalau cuka apel disebut-sebut sebagai cara alami menghaluskan rambut? Cuka apel dipercaya mampu menjaga keseimbangan pH kulit kepala dengan cara membersihkan residu produk perawatan rambut yang Anda gunakan. Selain itu, manfaat cuka apel untuk rambut berfungsi menutup kutikula rambut dan membuatnya tampak halus, lembut, dan berkilau. Anda bisa menggunakan cuka apel yang sudah dilarutkan dengan air putih. Gunakan bahan alami ini untuk membilas rambut setelah mencuci rambut. Lalu, diamkan selama beberapa saat. Meski tampak menjanjikan, cara menghaluskan rambut secara alami dengan cuka apel belum terbukti efektivitasnya secara ilmiah. 

6. Putih telur

Cara alami menghaluskan rambut lainnya adalah dengan putih telur. Telur mengandung banyak protein yang dapat membantu memperkuat dan melembapkan rambut sehingga terasa lebih halus. Bahan alami ini juga mampu mengembalikan kelembapan pada rambut yang rapuh atau sangat kering. Anda dapat mengoleskan campuran putih telur dan air hangat pada rambut dan kulit kepala. Lalu, pijat kulit kepala dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air dingin.Selanjutnya, Anda dapat keramas untuk membersihkan sisa-sisa telur yang menempel sekaligus menghilangkan baunya.

7. Lidah buaya

Lidah buaya bisa digunakan sebagai cara menghaluskan rambut
Cara melembutkan rambut secara alami dengan lidah buaya
Manfaat lidah buaya untuk rambut ternyata sudah lama digunakan.Berbagai kandungan nutrisi dalam lidah buaya diyakini dapat mengatasi rambut kering dan rambut bercabang, sekaligus menutrisinya. Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk melembutkan rambut dari tanaman lidah buaya segar secara langsung atau menggunakan produk gel aloe vera yang banyak dijual di pasaran. Bila Anda menggunakan produk gel lidah buaya di pasaran, pastikan kandungan lidah buaya di dalamnya murni atau sebesar 100%. Anda juga mengoleskan lidah buaya yang dicampur dengan cuka apel dan minyak kelapa untuk mendapatkan hasil maksimal. Setelah dioleskan ke helaian rambut secara menyeluruh, diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air sampai bersih.  Jika beberapa cara menghaluskan rambut secara alami di atas tidak membuat kondisi rambut jadi halus maksimal, Anda mungkin bisa melakukan sejumlah perawatan di salon kecantikan. Konsultasikan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk berdiskusi lebih lanjut seputar rekomendasi cara membuat rambut halus. Caranya, unduh aplikasi sekarang melalui App Store dan Google Play.
kesehatan rambutrambut keringkulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-soften-hair#5
Diakses pada 21 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321850.php#home-remedies
Diakses pada 21 Januari 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/18-super-effective-ways-to-how-to-get-smooth-hair/#gref
Diakses pada 21 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com › nutrition › green-tea-for-hair
Diakses pada 21 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait