9 Cara Mengatasi Stres Kerja yang Ampuh dan Patut Dicoba

Jangan takut untuk curhat, apalagi malu, saat stres kerja menyerang Anda!
Cara mengatasi stres kerja sangatlah dibutuhkan bagi pejuang kantoran yang sering mendapatkan tekanan di kantornya.

Tidak jarang karyawan memutuskan mundur dari sebuah perusahaan karena ingin mencari "pekerjaan sehat" untuk menghindari stres kerja. Padahal, stres kerja adalah hal lazim yang pasti terjadi, walaupun pekerjaan itu adalah passion atau hobi Anda. Lantas, bagaimana cara mengatasi stres kerja yang ampuh dan layak dicoba?

Cara mengatasi stres kerja untuk "pejuang kantoran"

Tenggat waktu yang berdekatan, deadline dari atasan, hingga tugas yang memusingkan pikiran adalah “makanan” sehari-hari yang memicu stres kerja.

Jika stres kerja sudah tak tertangani lagi, maka kesehatan fisik dan mental bisa menjadi taruhannya. Janganlah Anda putus asa. Sebab, ada berbagai cara mengatasi stres kerja yang efektif dilakukan. Apa saja?

1. Mulai hari dengan senyuman

Terkadang, stres tidak hanya datang saat sudah sampai di tempat kerja. Pagi hari yang padat, seperti berkutat dengan jalanan yang macet, sudah cukup membuat kepala Anda pusing bukan kepalang. Apalagi, pikiran pun dipenuhi dengan pekerjaan yang menanti di meja kantor.

Hal-hal ini hanya akan memperburuk stres kerja. Mulailah hari dengan senyuman dan hal-hal baik, seperti melakukan perencanaan kerja yang tepat untuk mengantisipasi segala rintangan di kantor, dan sikap positif. Inilah “rahasia” cara mengatasi stres kerja yang ampuh!

2. Jangan malu bertanya

Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap stres kerja adalah ketidaktahuan Anda terhadap ekspektasi atasan. Jika Anda memahami permintaan atasan, maka akan ada “benang merah” yang bisa membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Selain bisa menjadi cara mengatasi stres kerja, Anda jadi mengetahui yang harus dilakukan di kantor.

3. Jauhi konflik di kantor

Konflik menjadi benalu terhadap kesehatan fisik dan mental. Jauhilah konflik antar kolega kantor, seperti menghindari gosip atau membuat masalah dengan teman sekantor.

Selain itu, jika memungkinkan, hindari juga orang-orang yang tidak bisa bekerja dalam satu tim. Sebab, stres kerja juga bisa datang dari sesama teman kantor.

4. Menggunakan waktu dengan efisien

Melakukan perencanaan untuk menghadapi hari-hari Anda di kantor, bisa menjadi cara mengatasi stres kerja yang efektif. Misalnya, memanfaatkan waktu dengan efisien, agar Anda tidak telat. Sebab jika terlambat, Anda bisa merasa kacau dan serba terburu-buru.

Menggunakan waktu dengan efisien, bisa menjaga diri Anda dari efek negatif yang bisa menimbulkan perasaan stres kerja. Pekerjaan Anda pun bisa lebih cepat selesai karena pikiran terbebas dari rasa stres.

5. Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman

Merasa tidak nyaman ternyata bisa memicu datangnya stres kerja. Contoh kecilnya datang dari kursi yang Anda duduki seharian. Jika kursi itu membuat Anda tidak nyaman, maka stres kerja bisa datang semudah itu.

Bahkan, suasana kerja dengan kolega yang berisik, juga bisa memicu stres kerja. Maka dari itu, ciptakan lingkungan dan suasana nyaman sebagai cara mengatasi stres kerja yang ampuh.

6. Jangan lakukan banyak hal bersamaan

Multitasking atau melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan bisa menimbulkan perasaan stres kerja. Sebab, hasil dari pekerjaan yang dilakukan bersamaan dengan pekerjaan lain, bisa tidak maksimal dan tidak fokus. Cara kerja ini terkadang tidak efektif dan bisa menimbulkan stres kerja.

Mulailah bekerja dengan cermat dan tidak tergesa-gesa, apalagi mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

7. Jangan terlalu banyak duduk

Lari
Berolahraga juga bisa menjadi penghilang stres

Salah satu kebiasaan karyawan di kantor saat makan siang adalah meminta tolong orang lain untuk membelikan makanan. Padahal, makan siang adalah waktu yang tepat untuk olahraga kecil dengan berjalan ke luar kantor.

Perlu diketahui, berjalan kaki untuk membeli makan saja sudah masuk dalam kategori olahraga. Langkah sederhana dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi stres kerja yang sangat efektif. Selain menyehatkan fisik, mental Anda juga akan “terobati”.

8. Sebaiknya tidak terobsesi menjadi perfeksionis

Memiliki pencapaian di kantor adalah hal yang luar biasa. Namun, menjadi perfeksionis dan ingin selalu sempurna dalam segala hal, hanya akan membuat Anda dan orang-orang di sekitar kewalahan.

Apalagi, Andabekerja di perusahaan yang sangat menyibukkan dan berintensitas tinggi, yang tidak memungkinkan Anda menjadi sempurna.

Lakukan yang terbaik dan beri hadiah pada diri sendiri, atas pencapaian yang telah diraih. Ini adalah strategi jitu untuk mengalahkan stres kerja.

9. Jangan malu untuk “curhat”

Terakhir, cara mengatasi stres kerja yang sangat membantu Anda adalah curhat alias bercerita dengan kolega atau bahkan atasan.

Mengeluarkan unek-unek dan mendapatkan masukan dari teman kantor adalah cara mengatasi stres kerja yang sangat membantu.

Ciri-ciri Anda sedang stres kerja

Stres kerja
Stres kerja bukanlah kondisi yang bisa disepelekan, carilah bantuan!

Jangan main-main, stres kerja pun memiliki ciri-ciri yang dapat dilihat dari kondisi fisik serta kesehatan mental Anda. Saat Anda merasa kewalahan di kantor, ada banyak perubahan yang bisa dirasakan, yang bahkan tetap bisa dirasakan ketika sudah meninggalkan kantor, seperti:

  • Sering cemas
  • Tidak bersemangat dalam kerja
  • Sulit mendapatkan jam tidur yang berkualitas
  • Kelelahan
  • Sulit berkonsentrasi
  • Otot tegang
  • Pusing
  • Gangguan pada lambung
  • Menarik diri dari pergaulan
  • Tidak bergairah dalam berhubungan seks dengan pasangan
  • Mencari pelarian dengan menyalahgunakan alkohol

Jangan meremehkan stres kerja, yang menjadi benalu dalam perjalanan karier Anda. Jika dibiarkan begitu saja, rasa semangat untuk berkerja bisa semakin terkikis, dan lambat laun pun menghilang.

Catatan dari SehatQ

Apabila Anda merasa sudah mencoba berbagai cara, tapi stres kerja tetap menghampiri, ada baiknya berkonsultasi dengan psikolog. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh saran yang tepat untuk mengatasi stres kerja yang tak kunjung hilang.

American Psychological Association. https://www.apa.org/helpcenter/work-stress
Diakses pada 31 Januari 2020

Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-deal-with-stress-at-work-3145273
Diakses pada 31 Januari 2020

Help Guide. https://www.helpguide.org/articles/stress/stress-in-the-workplace.htm
Diakses pada 31 Januari 2020

Artikel Terkait