Ada beberapa cara mengatasi rambut bercabang yang bisa dilakukan dengan mudah
Salah satu cara mengatasi rambut bercabang, yaitu dengan memotong ujung rambut

Memiliki rambut yang halus dan berkilau umumnya merupakan keinginan banyak orang. Dua karakteristik rambut ini juga merupakan tanda-tanda rambut sehat. Sayangnya, tak semua orang punya rambut seperti itu.

Salah satu masalah rambut yang sering dialami oleh banyak orang adalah rambut bercabang. Kondisi ini dapat menandakan jika rambut Anda telah mengalami kerusakan. Lantas, bagaimana cara mengatasi rambut bercabang?

Cara mengatasi rambut bercabang

Rambut bercabang terjadi ketika ujung rambut menjadi kering, rapuh, dan kusam sehingga terbelah menjadi dua bagian atau lebih. Hal ini umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari, kebiasaan styling rambut, atau penggunaan produk rambut tertentu. Beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut bercabang, yaitu:

  • Memotong ujung rambut

Rambut bercabang seringkali sulit diperbaiki sehingga memotongnya menjadi salah satu solusi utama. Memotong ujung rambut yang bercabang dapat mencegahnya terlihat kering dan mengalami kerusakan lebih lanjut. Potonglah setidaknya sebulan sekali, dan mulailah merawat rambut dengan mengoleskan masker rambut secara teratur. 

  • Menyisir rambut dengan lembut

Menyisir rambut secara berlebihan dapat menyebabkan rambut mengalami kerusakan hingga bercabang akibat gesekan yang ditimbulkan. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak menyisir rambut secara berlebihan dan terlalu kuat. Jika ingin menyisir, sisirlah rambut Anda dengan lembut menggunakan sisir yang fleksibel atau bergigi jarang.

  • Keringkan rambut secara perlahan

Apakah Anda sering mengeringkan rambut dengan menggosok-gosokkan handuk begitu keras agar cepat kering? Jika iya, Anda harus menghindari hal ini karena kebiasaan tersebut bisa memperburuk keadaan rambut Anda. Sebaiknya, gosok rambut secara perlahan dan lembut jika ingin mengeringkan rambut, atau cukup bungkus saja dengan handuk.

  • Gunakan kondisioner rambut

Kondisioner bisa membantu Anda memiliki rambut yang sehat dan bernutrisi. Produk ini dapat membantu melindungi rambut-rambut bercabang Anda. Aplikasikan kondisioner seminggu sekali setelah dikeramas untuk mendapat hasil yang baik.

  • Memakai masker rambut

Masker rambut dapat membantu mengembalikan kelembapan rambut dan memperkuatnya agar tak mudah rapuh. Masker ini juga baik untuk menyamarkan ujung rambut yang bercabang dan meningkatkan tampilan rambut secara keseluruhan. 

Anda dapat membeli produk masker rambut di toko-toko kecantikan maupun swalayan. Pilihlah produk masker rambut yang alami, seperti telur, pisang, madu, lidah buaya, dan lainnya.

  • Hindari menggunakan alat styling 

Panas dari alat-alat styling yang Anda gunakan, seperti halnya catokan, hair dryer, atau alat pengeriting rambut, bisa membuat rambut bercabang Anda semakin parah. Ujung rambut yang bercabang pun akan semakin banyak. Oleh sebab itu, hindari terlebih dahulu penggunaan alat styling.

  • Bilas dengan air lemon

Air lemon adalah kondisioner alami, dan dapat menjadi pembersih yang sangat baik. Bahan alami ini juga dapat membantu mencegah kerusakan helai rambut Anda. Setelah keramas, bilaslah rambut Anda dengan perasan lemon yang telah dicampur air. Lalu, keringkan secara lembut dengan handuk Anda.

  • Mengoleskan gel lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut, menambah volume rambut, dan melindunginya dari kerusakan akibat panas atau sinar matahari. 

Anda hanya perlu mengoleskan campuran gel lidah buaya dan perasan jeruk nipis dari akar ke ujung rambut. Lalu, bilaslah menggunakan sampo jika sudah dibiarkan selama kurang lebih satu jam.

  • Mengoleskan minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu mencegah kekeringan pada rambut. Kandungan pada minyak kelapa dapat meresap ke rambut hingga pori-pori nya dan memperkuat rambut sehingga tidak mudah bercabang. Anda dapat mengoleskan minyak kelapa 1-2 kali per minggu dan diamkan selama 15 menit lalu bilas. 

Rambut yang bercabang dan kering juga dapat menjadi tanda dari masalah kesehatan tertentu, seperti gangguan makan atau hipertiroidisme. Jika Anda mengalami masalah rambut padahal Anda sudah merawatnya dengan baik, sebaiknya konsultasikanlah hal tersebut pada dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-split-ends#prevention
Diakses pada 03 Februari 2020

Web MD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/qa/how-do-you-treat-split-ends
Diakses pada 03 Februari 2020

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/treating-preventing-and-removing-split-ends/#24-cutting-and-trimming
Diakses pada 03 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4387693/
Diakses pada 03 Februari 2020

Artikel Terkait