Sindrom sundowing adalah sindrom atau kumpulan gejala penyakit alzheimer dan demensia
Gejala sindrom sundowning seperti kepikunan ataau Alzheimer, bisa menurunkan kualitas hidup lansia.

Sundowning atau yang lebih populer disebut kepikunan, kerap menyerang pria atau wanita di usia senja. Sundowning merupakan sindrom atau kumpulan gejala penyakit Alzheimer dan demensia. Jika lansia mengalami perubahan perilaku seperti pikun yang muncul pada sore atau malam hari, hal ini dapat diindikasikan sebagai sindrom sundowning. Pelajari 8 tips meringankan sindrom sundowning untuk membantu anggota keluarga tercinta melalui masa tuanya.

1. Patuhi Jadwal

Lansia dengan kepikunan kadang sulit mengingat rutinitas yang baru. Untuk itu, tetaplah menentukan jadwal yang sama setiap hari. Hal ini akan membuat lansia merasa lebih tenang, nyaman dan mudah mengingat. Cobalah menyesuaikan dengan rutinitas lansia secara bertahap.

2. Terapi Cahaya

Menurut Asosiasi Alzheimer, terapi cahaya dapat mengurangi kegelisahan atau kebingungan pada lansia yang mengalami sundowning. Pertimbangkan untuk menempatkan lampu fluorescent full-spectrum dalam jarak sekitar 1 meter dari lansia selama beberapa jam setiap pagi.

3. Buat Lansia Tetap Aktif

Kebanyakan lansia yang mengalami sundowning kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari. Terlalu banyak tidur siang dan tidak aktif dapat memperparah insomnia. Agar tidur lansia lebih berkualitas, ajak mereka menerapkan gaya hidup aktif. Seperti berjalan-jalan di taman bersama, mengajak berolahraga, bersepeda dan sebagainya.

4. Sesuaikan Pola Makan

Gejala sundowning atau kepikunan dapat dikurangi dengan mengatur pola makan yang sehat. Hindari kafein di malam hari agar tidur lebih nyenyak. Selain itu, batasi asupan makanan di malam hari dengan buah-buahan atau sayuran sebagai makanan ringan sehingga tidur lebih nyaman.

5. Minimalkan Stres

Dukung lansia untuk melakukan aktivitas sederhana yang mengurangi stres. Putarlah musik lembut yang dapat menenangkan kondisi psikis lansia.

6. Ciptakan Kenyamanan

Bagi lansia, dunia bisa berubah menjadi tempat menakutkan. Namun, kenyamanan dan keluarga yang hangat akan menjadi penolong lansia menghadapi masa sulit mereka. Ajak mereka berkomunikasi, lakukan kegiatan bersama dan hibur mereka. Hal ini dapat membantu meringankan gejala sundowning.

7. Catat Setiap Kegiatan

Manfaatkan beberapa aplikasi ponsel pintar untuk melacak aktivitas atau perilaku harian lansia. Temukan pola untuk mempelajari aktivitas atau kondisi lingkungan yang membuat lansia merasa tidak nyaman atau memperburuk gejala sundowning.

8. Jaga Kesehatan

Merawat lansia dengan gejala sundowning membutuhkan kesabaran, ketelatenan, dan tentunya kondisi stamina yang fit agar Anda bisa merawat lansia dengan baik. Selain menjaga kesehatan lansia, Anda pun harus menjaga ksehatan diri sendiri.

Memasuki usia senja, kakek dan nenek yang sudah pikun sangat membutuhkan dukungan dari keluarganya. Selain kasih sayang dan perhatian, tentunya perawatan yang tepat akan lebih efektif membantu meringankan gejala sundowning.

Healthline. https://www.healthline.com/health/dementia-sundowning
Diakses pada Oktober 2018

 

Artikel Terkait

Banner Telemed