Turunkan berat badan dengan sarapan setiap pagi
Salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat adalah jangan pernah melewatkan sarapan.

Ada banyak tips menurunkan berat badan dengan cepat. Namun sebagian besar akan membuat Anda tersiksa kelaparan. Bila Anda tidak memiliki keinginan yang kuat, maka rasa lapar akan membuat Anda menyerah dengan cepat. 

Para ahli menyarankan untuk menurunkan berat badan secara bertahap. Menurut Academy of Nutrition and Dietics, jika berat badan Anda turun terlalu cepat, Anda justru kehilangan otot, tulang, dan air, ketimbang lemak.

Hindari mengikuti saran diet yang menjanjikan sesuatu yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Tips menurunkan berat badan dengan cepat sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk memastikan Anda tetap sehat dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. 

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

1. Buat Rencana

Ketika Anda ingin berat badan turun dengan cepat, maka Anda harus memiliki perencanaan jangka panjang. Selama proses tersebut, Anda juga harus menghadapi tantangan-tantangan yang muncul saat melakukan diet.

Hal paling utama yang harus dihadapi adalah melawan rasa lapar. Tetaplah di jalan yang telah Anda buat sejak awal dan berolahraga secara teratur.

2. Makan yang Banyak saat Sarapan

Makan lebih banyak di pagi hari dan lebih sedikit pada malam hari dapat mengurangi berat badan secara signifikan.

Beberapa penelitian menyarankan untuk mengawali hari dengan makanan yang memiliki kadar protein tinggi dan hangat, agar dapat mengisi perut Anda lebih banyak serta menahan rasa lapar hingga siang hari.

3. Mengingat Apa yang Telah Dimakan

Kita memiliki masalah untuk mengingat apa yang kita makan sebelumnya. Oleh karena itu, Susan Albers, seorang penulis dari EatQ, mengatakan bahwa ada baiknya Anda mencatat dan memotret makanan yang Anda makan untuk dilihat kembali saat Anda ingin memakannya lagi.

Cara demikian akan membantu Anda mengetahui seberapa banyak yang Anda makan sebelumnya dan dapat memutuskan untuk mengurangi porsi.

4. Gunakan Aplikasi

Banyak dari kita yang tidak teratur dalam mengontrol konsumsi makanan. Cobalah mengunduh sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda mengontrol makanan yang masuk dan jenis olahraga yang Anda lakukan. Aplikasi tersebut pastinya bertindak lebih jujur ketimbang diri sendiri.

5. Stok Makanan Sehat

Susan Albers juga menyarankan untuk mengisi kulkas Anda dengan makanan yang kaya akan serat dan menyehatkan. Hal ini dapat membantu Anda menemukan makanan sehat setiap Anda ingin mengonsumsinya.

Taruhlah buah-buahan atau sayuran selevel dengan pandangan mata pada kulkas Anda sehingga Anda dapat segera melihat dan meraihnya begitu membuka kulkas.

6. Mencari Komunitas

Salah satu tips menurunkan berat badan dengan cepat yang paling mudah dilakukan adalah dengan mencari komunitas diet atau orang-orang yang melakukan hal yang sama.

Dengan begini, Anda dapat merasa memiliki teman untuk saling berbagi tips dan cerita. Anda juga tidak akan merasa terbebankan karena memiliki teman yang melakukan hal sama.

7. Terapi Fisik

Terapi fisik dapat membantu banyak orang yang memiliki masalah kesehatan dan susah bergerak di kehidupan sehari-harinya. Anda bisa mengunjungi tempat yang cocok untuk bertemu pelatih fisik yang ahli, sehingga ia dapat membantu Anda untuk membuat program kegiatan yang tepat untuk menurunkan berat badan.

8. Gerakkan Otot Anda

Tanpa disadari terkadang saat Anda melakukan diet, salah satu yang dilupakan adalah otot. Ketika Anda diet, usahakan untuk banyak menggerakkan otot agar bagian tersebut juga terlatih bersamaan dengan berat badan tubuh yang turun.

Dengan menggerakkan otot, maka Anda akan lebih cepat membakar kalori serta lemak dalam tubuh.

Delapan tips menurunkan berat badan dengan cepat di atas dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah atau di pusat kebugaran. Semoga dengan adanya tips di atas dapat membantu Anda untuk lebih semangat dalam menurunkan berat badan.

WebMD. https://www.webmd.com/diet/lose-weight-fast#1
Diakses pada Maret 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-lose-weight-as-fast-as-possible
Diakses pada Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed