Saat hamil muda, calon ibu harus benar-benar memperhatikan pola hidupnya
Lakukan tips hamil muda berikut ini, agar ibu dan bayi selalu sehat.

Trimester pertama kehamilan seringkali membuat calon ibu was-was. Kondisi kandungan yang masih dini, sangat rentan terhadap berbagai gangguan. Agar bisa menjalani kehamilan dengan lancar hingga persailnan, berikut ini tips hamil muda, agar calon ibu dan bayi tetap sehat. Selain itu, ada makanan untuk ibu hamil muda yang direkomendasikan.

Tips Hamil Muda ke-1: Atur Jadwal Konsultasi dengan Bidan

Ketika dinyatakan hamil oleh dokter atau bidan, segera atur jadwal konsultasi. Pertemuan pertama biasanya dilakukan saat kehamilan memasuki usia 8-12 minggu. Selama konsultasi, umumnya bidan akan mengajukan berbagai pertanyaan. Mulai dari riwayat kesehatan, riwayat kehamilan, gaya hidup, hingga pola makan. Anda juga akan diminta menjalani pengukuran tekanan darah, tinggi dan berat badan, hingga skrining antenatal.

Tips ke-2: Konsumsi Suplemen Asam Folat Harian

Asam folat adalah nutrisi penting untuk melindungi bayi dari masalah otak dan saraf tulang belakang, seperti spina bifida. Anda membutuhkan setidaknya 400 mcg suplemen asam folat (vitamin B9) setiap hari. Selain asam folat, vitamin D (10 mcg) juga perlu dikonsumsi, untuk menyeimbangkan nutrisi.

Tips ke-3: Periksa Obat yang akan Dikonsumsi

Anda wajib berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan, terutama yang dijual bebas tanpa resep dokter. Hindari mengonsumsi obat-obatan yang mencantumkan peringatan bahaya terhadap ibu hamil. Setidaknya, Anda perlu berkonsultasi dengan apoteker, atau meminta resep dokter jika ingin membeli obat tertentu.

Tips ke-4: Hindari Rokok dan Asapnya 

Merokok selama kehamilan akan meningkatkan risiko keguguran, kehamilan ektopik, hingga persalinan prematur. Asap yang terhirup juga dapat memengaruhi pertumbuhan janin dalam kandungan, misalnya mengakibatkan berat badan bayi yang rendah. Oleh sebab itu, berhentilah merokok sekarang juga, jika Anda masih merokok.

Tips ke-5: Kurangi Konsumsi Alkohol

Tips hamil muda selanjutnya yakni mengurangi konsumsi alkohol. Kandungan zat yang terdapat dalam alkohol, sangat berbahaya bagi janin. Alkohol dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran, terlebih jika dikonsumsi selama trimester pertama, ketika kondisi janin dan kandungan masih sangat lemah.

Tips ke-6: Kurangi Minuman Berkafeina

Selain alkohol, zat lain yang perlu dikurangi ketika hamil muda adalah kafeina. Batasi konsumsi kafeina harian, hingga tidak lebih dari 200 mg dalam sehari (kurang lebih sekitar dua cangkir kopi instan, atau secangkir kopi seduh). Mengonsumsi kafeina lebih dari 200 mg setiap hari selama trimester pertama, dapat meningkatkan risiko keguguran. Selain kopi, kafeina juga terdapat pada teh (termasuk teh hijau), cola, minuman berenergi, dan cokelat.

Tips ke-7: Jalani Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Hindari makanan yang rentan terkontaminasi bakteri, parasit, atau racun yang dapat membahayakan bayi. Misalnya olahan keju, produk susu yang tidak dipasteurisasi, daging mentah atau setengah matang, hati, dan kerang mentah. Berikut ini bahan makanan yang direkomendasikan selama hamil muda.

Sumber karbohidrat:

Nasi, bihun, mie, kentang, roti, makaroni

Sumber protein:

Ayam, daging sapi, ikan, telur, hati, keju, tahu, tempe, kacang-kacangan, susu

Sumber vitamin dan mineral:

Sayur dan buah segar

Tips ke-8: Waspadai Morning Sickness 

Banyak calon ibu mengalami morning sickness (mual saat pagi hari) selama trimester pertama. Untuk mengurangi rasa mual ini, biasakan makan dalam porsi kecil, secara teratur. Selain itu, coba cari tahu makanan yang cocok untuk Anda, dan yang memicu rasa mual. 

Kondisi morning sickness umumnya akan mereda saat kehamilan berusia 16-20 minggu. Jika Anda muntah berkali-kali dalam sehari tanpa bisa ditahan, segera hubungi dokter atau bidan. Bisa jadi, Anda mengalami morning sickness parah. Kondisi ini disebut hyperemesis gravidarum.

 

Babycenter. https://www.babycenter.com/0_the-ultimate-pregnancy-to-do-list-first-trimester_10341205.bc
Diakses pada November 2018

Kementerian Kesehatan RI. http://gizi.depkes.go.id/download/Makalah%20Dan%20Artikel/Brosur%20Bumil%20dan%20Gagal%20Ginjal%20_%20REV.pdf
Diakses pada 27 Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed