Buah Kesemek dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

(0)
18 Dec 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Buah kesemek memiliki banyak manfaat baik untuk tubuhBuah kesemek yang matang berwarna jingga kekuningan
Buah kesemek merupakan buah yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Beberapa daerah di Tanah Air, seperti Brastagi, Sumatera Utara, bahkan pernah mengekspor buah ini ke Singapura. Buah berukuran kecil berwarna jingga kekuningan ini berasal dari Tiongkok dan menyebar ke berbagai wilayah di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.Selain terkenal akan rasanya yang menyegarkan, kesemek juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Karena nutrisinya yang melimpah, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba merasakan manfaat buah kesemek bagi kesehatan.

Nutrisi yang terkandung dalam buah kesemek

Buah kesemek memiliki rasa yang manis seperti madu. Buah ini memiliki bentuk dan ukuran yang mirip dengan buah tomat. Kesemek dapat dimakan secara langsung, dikeringkan, ataupun ditambahkan ke dalam makanan dan minuman.Umumnya, ada dua jenis buah kesemek yang bisa kita temui, yaitu varietas astringent dan non-astringent. Kesemek astringent (kesemek hachiya) sebaiknya hanya dikonsumsi setelah matang karena jika masih mentah rasanya kering dan pahit. Sementara, kesemek non-astringent (kesemek Fuyu) dapat dikonsumsi meski belum benar-benar matang.Buah kesemek yang ada di Indonesia cenderung terasa sepat sehingga para petani lokal menyiasatinya dengan merendam di air kapur selama 24 jam. Dengan demikian, pasti Anda pernah mendapati buah kesemek yang diselimuti serbuk putih pada kulitnya.Sebenarnya rasa sepat tersebut berasal dari kandungan tanin pada buah tersebut. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi buah kesemek pastikan cuci bersih terlebih dahulu secara menyeluruh.Di balik ukurannya yang kecil, kesemek padat akan nutrisi. Satu buah kesemek berukuran sedang (sekitar 168 gram) mengandung nutrisi sebagai berikut:
  • 118 kalori
  • 31 gram karbohidrat
  • 0,3 gram lemak
  • 1 gram protein
  • 6 gram serat
  • 1,7 mg sodium
  • 21 gram gula
  • 55% kebutuhan harian vitamin A
  • 8% kebutuhan harian vitamin B6 atau pyridoxine
  • 22% kebutuhan harian vitamin C
  • 6% kebutuhan harian vitamin E
  • 5% kebutuhan harian vitamin K
  • 30% kebutuhan harian mangan
  • 8% kebutuhan harian kalium
  • 9% kebutuhan harian potasium.
Bukan hanya itu, kesemek juga sumber vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), fosfor, magnesium, dan folat yang baik. Bahkan terdapat beragam senyawa tanaman dalam kesemek, seperti tanin, flavonoid, dan karotenoid yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat buah kesemek yang baik untuk kesehatan

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah kesemek memberikan segudang manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat buah kesemek bagi kesehatan, di antaranya:
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah kesemek menjadi salah satu buah yang mengandung vitamin C tertinggi. Vitamin C yang terkandung dalam buah kesemek dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Quality mencatatkan vitamin C dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih, yang berguna untuk melawan infeksi virus, mikroba, jamur, dan semacamnya.
  • Menjaga kesehatan pencernaan

Kesemek juga merupakan sumber serat yang baik. Kandungan serat dalam kesemek dapat membantu memadatkan feses, merangsang gerakan peristaltik untuk memindahkan makanan ketika melewati saluran pencernaan, meningkatkan sekresi cairan pencernaan, dan menghilangkan gejala sembelit atau diare. Jadi, buah berserat tinggi ini dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda.
  • Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan antioksidan dalam buah kesemek sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Vitamin A mendukung fungsi selaput konjungtiva dan kornea yang penting untuk penglihatan. Selain itu, vitamin ini juga menjadi komponen penting dari rhodopsin (Sel pada retina yang dibutuhkan untuk melihat secara normal).Lutein dan zeaxanthin pada kesemek juga mampu meningkatkan penglihatan yang sehat, serta mengurangi risiko penyakit mata tertentu, seperti degenerasi makula, yang bisa menyebabkan hilangnya penglihatan.
  • Melawan peradangan

Vitamin C yang terkandung dalam buah kesemek dapat melindungi sel dari kerusakan dan memerangi peradangan dalam tubuh. Selain itu, kandungan karotenoid, flavonoid, dan vitamin E yang ada juga bisa membantu melawan peradangan yang berpotensi berbahaya bagi tubuh.
  • Menunda penuaan dini

Stres oksidatif dapat menyebabkan penuaan dini yang ditandai dengan keriput, bintik-bintik penuaan, dan kelelahan. Akan tetapi, sejumlah vitamin dan mineral dalam kesemek, seperti vitamin A, beta karoten, lutein, lycopene, dan cryptoxanthin dapat mengurangi stres oksidatif sehingga menunda penuaan dini.
  • Membantu mengontrol tekanan darah

Kalium yang terkandung dalam kesemek dapat bertindak sebagai agen penurun tekanan darah sehingga membuat darah mengalir lebih lancar. Memiliki tekanan darah yang normal dapat mencegah terjadinya berbagai masalah jantung.
  • Menjaga kesehatan jantung

Kesemek mengandung antioksidan flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi makanan tinggi flavonoid telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Selain itu, juga dapat mendukung kesehatan jantung, mengurangi kolesterol jahat, dan menurunkan tekanan darah.
  • Bersifat antikanker

Radikal bebas bisa mengubah sel sehat menjadi sel kanker yang merusak berbagai sistem organ. Namun, kandungan antioksidan yang tinggi dalam kesemek dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan radikal bebas sehingga melindungi tubuh dari berbagai penyakit.Sebuah penelitian menunjukkan katekin dan karotenoid dalam buah kesemek memiliki sifat antikanker yang cukup kuat. Bahkan vitamin C dan A, beta karoten, dan flavonoid yang dikandungnya juga berkaitan dengan efek antikanker. Flavonoid utamanya ditemukan dalam kulit dan daging kesemek.Meski buah kesemek sudah terbukti bermanfaat bagi kesehatan, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Walaupun jarang terjadi, buah kesemek bisa menimbulkan alergi.Beberapa gejala alergi yang mungkin muncul, yakni ruam, gatal, batuk, mual, muntah, pusing, dan lainnya. Selain itu, konsumsi kesemek berlebihan juga dikhawatirkan dapat menurunkan tekanan darah secara drastis. Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi buah ini, pastikan kondisi Anda baik-baik saja dan makanlah secukupnya.
makanan sehatvitamin cbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/persimmon-nutrition-benefits#section4
Diakses pada 18 Desember 2019
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/persimmons.html
Diakses pada 18 Desember 2019
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/persimmon-nutrition-facts-4587438
Diakses pada 18 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait