8 Kegunaan Aloe Vera Gel Ini Bisa Membuat Penampilan Anda Maksimal

Ada beragam kegunaan aloe vera gel untuk kulit dan rambut
Membantu menghilangkan jerawat menjadi salah satu kegunaan aloe vera gel

Dalam beberapa tahun terakhir, aloe vera gel menjadi salah satu skincare yang banyak digandrungi, terutama oleh kaum hawa. Produk kecantikan yang terbuat dari lidah buaya ini disebut-sebut dapat digunakan dalam berbagai aspek, mulai dari kecantikan hingga mengobati luka. 

Aloe vera atau lidah buaya sejak dulu memang sudah dikenal sebagai tanaman yang kaya manfaat. Khusus untuk produk olahannya, yakni aloe vera gel, produk ini juga memiliki kegunaan yang sama baiknya, khususnya untuk kesehatan kulit dan rambut.

Kegunaan aloe vera gel

Aloe vera mengandung gel alami yang memiliki banyak kegunaan. Gel ini bersifat melembapkan dan memberi nutrisi yang baik untuk rambut maupun kulit. Aloe vera gel mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang tinggi. Berikut kegunaan aloe vera gel yang bisa Anda dapatkan:

  • Melembapkan kulit

Punya kulit kering tentu sangatlah mengganggu, salah satunya bisa menyebabkan riasan make up pun menjadi sulit menempel. Untuk mengatasinya, aloe vera gel dapat membantu melembapkan kulit dan menyerap dengan mudah. Kelembapan yang dihasilkan bisa membuat pengaplikasian make up menjadi lebih mudah dan tahan lama.

  • Menenangkan kulit yang tersengat matahari

Beraktivitas di luar ruangan, terutama pada siang hari, bisa membuat kulit Anda memerah karena sengatan matahari. Sebagai solusinya, Anda dapat mengoleskan aloe vera gel pada area kulit yang terpapar matahari untuk menenangkannya.

  • Menghilangkan jerawat

Gel lidah buaya memiliki efek antiperadangan yang dapat membantu menghilangkan jerawat membandel. Anda hanya perlu mengoleskan aloe vera gel dengan kapas secara langsung pada jerawat kurang lebih tiga kali sehari.

  • Menghaluskan kulit

Memiliki kulit yang halus tentu menjadi keinginan banyak orang. Impian ini bisa diwujudkan dengan aloe vera. Kandungan enzim dalam gel tersebut mampu mendorong pengelupasan kulit (eksfoliasi) untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati sehingga membuatnya lebih halus.

  • Mencegah penuaan

Terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa aloe vera gel dapat memperlambat penuaan kulit. Dalam sebuah penelitian terhadap 30 wanita berusia di atas 45 tahun, aloe vera gel terbukti meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit selama 90 hari. Selain itu, gel ini juga membantu mencegah kerutan wajah dan munculnya garis-garis halus.

  • Mengobati luka bakar ringan

Gel lidah buaya dipercaya dapat mengobati luka bakar ringan. Anda hanya perlu mengoleskan aloe vera gel ke area yang terdampak luka sebanyak tiga kali sehari. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang dimilikinya dapat membuat luka segera pulih. Namun hati-hati ya karena gel ini sama sekali tidak boleh dioleskan pada luka terbuka.

  • Menghilangkan ketombe

Ketombe merupakan masalah yang dialami oleh banyak orang. Hal ini tentu bisa mengganggu penampilan Anda. Namun, tak perlu khawatir karena aloe vera gel dipercaya dapat membantu menghilangkan ketombe. Anda hanya perlu menggosokannya ke rambut dan kulit kepala secara lembut layaknya sedang keramas.

  • Menyehatkan dan memperkuat rambut

Anda tentu ingin memiliki rambut yang sehat dan kuat, bukan? Kandungan vitamin C, E, B-12, asam folat, dan kolin yang terkandung dalam aloe vera gel dapat membantu menyehatkan dan memperkuat rambut.

Menggunakan aloe vera gel

Menggunakan aloe vera gel yang berasal dari tanamannya langsung merupakan cara terbaik dalam mendapatkan berbagai kegunaan tersebut. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika memotongnya. 

Jika Anda tidak ingin ribet, Anda juga bisa membeli produk-produk aloe vera gel yang banyak terdapat di toko-toko kecantikan terdekat. Usahakan untuk membeli produk aloe vera gel yang tidak mengandung banyak bahan kimia dan berlabel Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dalam membuat gel lidah buaya, Anda hanya perlu menyiapkan satu atau dua daun lidah buaya. Cucilah daun tersebut menggunakan air hingga bersih, kemudian diamkan sejenak agar resin berwarna kuning yang mengandung lateks keluar.

Setelah resin terkuras, Anda dapat mulai mengupas daun lidah buaya untuk mendapatkan gelnya. Lalu, gunakan sendok kecil untuk memasukkan gel lidah buaya ke dalam blender. Blenderlah gel hingga berbusa dan cukup cair selama beberapa detik. Aloe vera gel tersebut pun sudah siap digunakan.

Beberapa orang bisa saja mengalami gatal-gatal, ruam, atau sedikit terbakar pada kulit setelah menggunakan gel lidah buaya. Ini dapat menjadi tanda bahwa Anda alergi atau sensitif terhadap gel tersebut. Jika masalah ini terjadi, segera hentikan penggunaan. 

Sebaiknya, hindari menggunakan aloe vera gel jika Anda mengalami luka bakar parah atau pada kulit yang terinfeksi. Sebab, hal ini dapat membuat kondisi menjadi jauh lebih buruk. Sebelum menggunakannya, akan lebih baik jika Anda memastikan keamanan kondisi Anda.

Bagi ibu hamil dan menyusui juga tidak perlu khawatir, masalah kulit yang disebabkan oleh perubahan hormonal saat hamil dan melahirkan dapat diatasi dengan gel aloevera karena aman untuk Anda. Namun, tetap konsultasikan ke dokter terlebih dahulu ya karena respon setiap orang berbeda-beda terhadap suatu zat tertentu agar tetap tidak berbahaya ketika digunakan.

Jika mengalami masalah kulit atau rambut, lidah buaya bukanlah satu-satunya pengobatan, Anda tetap disarankan untuk ke dokter agar diperiksa secara langsung dan mendapat penanganan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/aloe-vera-for-face#side-effects
Diakses pada 08 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/aloe-vera-hair-mask#how-to-make
Diakses pada 08 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-make-aloe-vera-gel#directions
Diakses pada 08 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318591.php
Diakses pada 08 januari 2020
Baylor College of Medicine. https://www.bcm.edu/news/skin-and-hair/benefits-of-using-aloe-vera
Diakses pada 08 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed