Hewan peliharaan berperan penting membantu Anda mengusir depresi
Saat bermain dengan binatang peliharaan, pikiran Anda dapat teralihkan dari masalah

Depresi dapat terjadi berulang dan bahkan banyak orang tak menyadari bahwa ia mengalami depresi. Kondisi ini dapat mengganggu keseharian Anda. Aktivitas, pertemanan, atau bahkan menikmati hobi pun tidak lagi terasa menyenangkan karena depresi. Namun, cara-cara berikut setidaknya dapat membantu meringankan depresi.

1. Memiliki Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan berperan penting membantu Anda mengusir depresi. Mereka dapat menjadi teman bahkan sahabat yang mengerti Anda. Saat bermain dengan mereka, maka pikiran Anda teralihkan dari masalah yang sedang dihadapi. Tentunya, hal ini menjadi sebuah terapi yang baik.

2. Mengonsumsi Buah dan Sayur

Meski tidak ada makanan yang cocok untuk mengobati depresi, Anda dapat melakukan diet yang sehat sebagai salah satu cara meringankan depresi. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan gandum utuh sebagai kunci dari diet sehat Anda.

3. Memilih Makanan dengan Omega-3 dan Vitamin B12

Beberapa penelitian mengatakan, asam lemak omega-3 dan vitamin B12 dapat memengaruhi suasana hati dan fungsi otak lainnya. Olahan ikan laut seperti salmon, tuna, dan makarel dengan kandungan omega-3, bisa menjadi pilihan.

Omega-3 dan vitamin B12 dapat membantu meredakan depresi karena dapat meregulasi neurotransmitter dan prostaglandin pada otak. 

4. Mengonsumsi Karbohidrat

Karbohidrat dipercaya dapat memompa serotonin kimia dalam otak yang mampu meningkatkan perasaan damai dalam pikiran karena karbohidrat memiliki kandungan glukosa. Makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi, ubi, kentang, singkong, dan sebagainya. Anda boleh mengonsumsi makanan manis namun harap dibatasi secukupnya saja. 

5. Mengurangi Kopi

Jika Anda menyukai kopi, maka sudah saatnya untuk mengurangi minuman tersebut. Kopi meningkatkan rasa cemas yang dapat menyebabkan terjadinya depresi. Terlalu banyak kafein juga dapat membuat Anda gugup dan gelisah.

6. Berkonsultasi dengan Dokter

Saat Anda sedang depresi, susah untuk berada dalam mood yang bagus. Segera berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan perawatan depresi dan mengobati rasa tidak nyaman yang Anda rasakan.

7. Berolahraga

Berolahraga dapat membuat aliran darah ke otak meningkat sehingga memaksimalkan fungsi otak. Pilih olahraga yang Anda sukai, misalnya berenang, jogging, atau badminton. Seiring berjalannya waktu, Anda dapat merasakan suasana hati yang lebih baik karena banyak berolahraga.

Dengan melakukan kegiatan yang disukai, perasaan hati Anda tentunya akan membaik seiring berjalannya waktu.

Jenis olahraga berkelompok seperti senam dan yoga juga menjadi salah satu yang dapat mengubah suasana hati Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan dukungan dari teman-teman atau keluarga terdekat yang membuat perasaan depresi dan tertekan tersebut perlahan-lahan reda.

8. Mengasah Kreativitas

Setiap manusia terlahir dengan kreativitas. Jika Anda mempunyai hobi atau kesukaan dalam hal kreatif apapun, maka lakukanlah hal tersebut. Melukis, memotret, bermain musik, atau menulis jurnal bisa menjadi pilihan Anda sebagai cara meringankan depresi.

WebMD. https://www.webmd.com/depression/features/natural-treatments#1
Diakses pada Maret 2019

Journal of The American College of Cardiology. http://www.onlinejacc.org/content/60/12/1064
Diakses pada April 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4515860/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5481805/
Diakses pada April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed