Cara meningkatkan performa seks juga dapat dilakukan dengan mendapatkan sinar matahari
Meningkatkan performa seks dapat membuat hubungan semakin intim

Banyak pria mencari cara untuk meningkatkan performa seks mereka. Ini termasuk memperbaiki masalah yang ada diri Anda (seperti masalah kepercayaan diri atau organ seksual), atau mencari cara baru untuk membuat pasangan tetap gembira.

Jika Anda memilih cara yang instan, obat-obatan untuk meningkatkan performa seks yang banyak dijual tentunya bisa dikonsumsi. Namun, ada juga cara yang lebih alami untuk menjaga ketahanan dan gairah Anda saat berhubungan seks tanpa harus mengonsumsi obat-obatan.

Perlu diingat bahwa kinerja penis Anda sangat dipengaruhi oleh tekanan darah, dan pastikan sistem peredaran darah Anda bekerja dalam kondisi prima. Singkatnya, apa yang baik untuk jantung pasti juga baik untuk kesehatan seksual.

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan performa seks secara alami tanpa penggunaan obat-obatan.

1. Aktif Berolahraga

Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan Anda adalah dengan melakukan olahraga untuk jantung.

Seks bisa membuat detak jantung Anda naik, namun olahraga secara rutin dapat meningkatkan performa seks dengan menjaga jantung Anda tetap prima.

Berolahraga selama 30 menit setiap harinya, seperti lari atau berenang, dapat meningkatkan libido Anda.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah, sayur, dan bahan-bahan makanan berikut dapat membantu meningkatkan performa seks pada pria:

  • Bawang bombay dan bawang putih: Membantu melancarkan sirkulasi darah.
  • Pisang: Kaya akan potasium untuk menurunkan tekanan darah, sehingga baik untuk organ seksual dan meningkatkan performa seks.
  • Cabai dan lada: Makanan pedas alami berkhasiat melancarkan peredaran darah dengan mengurangi hipertensi dan peradangan.

3. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Berikut adalah beberapa makanan lainnya yang dapat membantu melancarkan peredaran darah Anda:

  • Omega-3: Jenis lemak yang baik untuk kelancaran peredaran darah (salmon, tuna, alpukat, dan minyak zaitun).
  • Vitamin B-1: Mempercepat pengiriman sinyal dalam sistem saraf, termasuk sinyal dari otak ke penis (daging sapi, kacang kulit, dan kacang merah).
  • Telur: Telur memiliki kandungan vitamin B, yang membantu menyeimbangkan kadar hormon, serta mengurangi stres yang mengganggu ereksi.

4. Mengurangi Stres

Stres bisa berpengaruh pada seluruh aspek dalam kesehatan Anda, termasuk libido. Stres akan meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

Kedua hal ini akan merusak gairah dan performa seksual Anda. Stres secara psikologis juga mengganggu kemampuan ereksi dan mencapai orgasme.

Olahraga dapat membantu mengurangi stres, sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh. Anda juga dapat berkomunikasi dengan pasangan untuk mengurangi stres dan memperkuat hubungan Anda.

Hindari melampiaskan stres dengan merokok atau mengonsumsi alkohol, yang malah akan berpengaruh buruk terhadap performa seksual Anda.

5. Menghentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol secara rutin membawa pengaruh buruk terhadap performa seksual. 

Stimulan tersebut akan mempersempit pembuluh darah dan memicu impotensi. Berhenti merokok merupakan salah satu langkah utama untuk meningkatkan performa seks Anda.

Ganti kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut dengan kebiasaan yang lebih menyehatkan, seperti olahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

6. Mendapatkan Sinar Matahari

Sinar matahari pagi menghentikan produksi melatonin dalam tubuh. Hormon ini membantu kita untuk tidur, namun juga menenangkan dorongan seksual.

Semakin sedikit melatonin berarti semakin besar potensi dorongan seksual yang dimiliki. Oleh karena itu, nikmati sinar matahari pagi secara rutin untuk meningkatkan dorongan seksual Anda.

7. Memperhatikan Kebutuhan Pasangan

Seks adalah hubungan dua arah. Dengan memperhatikan kebutuhan pasangan, hubungan seks akan semakin menyenangkan sekaligus merangsang dan memperpanjang sesi bercinta.

Mendiskusikan hal ini dengan pasangan dapat membantu menghilangkan rasa canggung atau tidak enak jika Anda ingin pelan-pelan dalam momen bergairah.

Menyesuaikan kecepatan atau fokus pada pasangan ketika Anda beristirahat dapat menjadikan pengalaman seksual yang lebih menyenangkan bagi kedua belah pihak.

8. Mencari Bantuan Medis

Jika Anda mengalami masalah seksual, seperti disfungsi ereksi, ejakulasi dini, atau masalah medis lainnya, Anda mungkin membutuhkan perawatan medis.

Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter tentang cara meningkatkan performa seks untuk Anda. Sebagian orang mungkin malu untuk mengonsultasikan hal ini, namun jika hanya diam saja, masalah seksual Anda tidak akan bisa diatasi.

Healthline. https://www.healthline.com/health/male-sexual-performance

Medical News. Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322338.php

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed