logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

10 Cara Meningkatkan IQ yang Bisa Anda Lakukan

open-summary

Ada banyak cara meningkatkan IQ yang bisa dicoba, mulai dari belajar bahasa asing, membaca buku, hingga mengasah daya ingat.


close-summary

5

(1)

11 Feb 2020

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Cara meningkatkan IQ anak

Ada banyak cara meningkatkan IQ yang dianggap efektif dan ampuh, salah satunya belajar bahasa asing.

Table of Content

  • Cara meningkatkan IQ yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis
  • Apakah IQ bisa berubah?

IQ adalah ukuran kecerdasan dan potensi intelektual seseorang yang dipopulerkan oleh seorang psikolog Prancis bernama Alfred Binet pada tahun 1900-an. Hasil tes IQ umumnya menjadi sebuah persyaratan untuk masuk ke institusi pendidikan. Tahukah Anda kalau ada berbagai cara meningkatkan IQ yang bisa dilakukan?

Advertisement

Cara meningkatkan IQ yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis

Tes IQ biasanya dilakukan oleh sebuah institusi dengan bantuan psikolog profesional. Untuk membantu meraih nilai tes IQ yang lebih baik, berikut adalah berbagai cara agar IQ tinggi yang bisa Anda coba.

1. Bermain musik

Anak main gitar
Bermain musik dapat menambah IQ Anda

Dalam sebuah studi, musisi terbukti memiliki kemampuan mengingat yang luar biasa. Dalam kecerdasan, kemampuan mengingat adalah bagian penting. Itulah sebabnya, mengasah daya ingat dianggap dapat menjadi cara menambah IQ Anda.

Mempelajari instrumen musik dan menguasainya bisa dilakukan untuk meningkatkan IQ. Alat musik yang dipilih pun tidak terbatas, baik itu gitar, drum, atau piano.  

2. Mempelajari bahasa asing

Mempelajari bahasa baru adalah hal yang menguntungkan untuk IQ Anda. Sebab, menguasai lebih dari satu bahasa (bilingual) sangatlah bermanfaat untuk kesehatan dan kecerdasan otak.

Sebuah penelitian di dalam jurnal HHS Public Access menjelaskan adanya hubungan antara pembelajaran bahasa pada usia dini dengan IQ. Hasilnya, efek belajar bahasa baru melalui interaksi dan pembicaraan sejak usia 18 sampai 24 bulan bisa bermanfaat untuk kemampuan kognitif di masa yang akan datang.

3. Membaca buku

Anak membaca buku dengan orangtua
IQ bisa bertambah jika Anda rutin membaca buku

Selain menjadi ‘jendela dunia’, ternyata membaca buku bisa menjadi cara meningkatkan IQ yang ampuh. Manfaat membaca buku untuk IQ ini dapat Anda nikmati jika rutin membaca buku setiap hari.

Dalam sebuah studi yang dirilis dalam jurnal yang dirilis American Academy of Pediatrics, peneliti menemukan bahwa saat orangtua membacakan buku dengan suara lantang, seorang anak akan mengalami peningkatkan kemampuan kognitif dan berbahasa.

Selain itu, semakin banyak kata-kata yang yang didengar, otaknya akan terangsang sehingga kecerdasan pun bisa diasah.

4. Jangan pernah berhenti belajar

Jadikan setiap hari adalah hari belajar. Sebab, pendidikan dalam berbagai bentuk sangatlah menguntungkan untuk perkembangan otak manusia.

Sebuah penelitian dari tahun 2018 yang dimuat dalam jurnal Psychological Sciences menemukan, mengenyam pendidikan formal setiap tahun bisa meningkatkan 1-5 poin IQ.

5. Memberikan kasih sayang

Anak dan orangtuanya
Kasih sayang orangtua berperan penting pada kecerdasan anak

Bekerja keras, menjalankan proses pembelajaran dengan disiplin tapi tetap senang, adalah segelintir cara meningkatkan kecerdasan anak yang bisa dicoba. Namun, jangan melupakan pentingnya kasih sayang orangtua untuk anak, ya.

Sebab, kasih sayang yang dicurahkan orangtua pada anak ternyata sangat penting untuk kecerdasan optimal sang anak. Jadi, jangan pernah melupakan hal terpenting yang harus diberikan orangtua pada anak ini.

6. Mempelajari bahasa isyarat

Mempelajari bahasa isyarat dipercaya bisa menjadi cara meningkatkan IQ di usia remaja. Sebuah studi menunjukkan, bahasa isyarat memiliki efek positif terhadap IQ dan perkembangan bahasa remaja.

7. Memberikan nutrisi melalui ASI maupun susu formula

Ibu memberikan ASI
Pemberian ASI sejak dini berpotensi meningkatkan IQ anak

Pemberian air susu ibu (ASI) sejak dini berpotensi meningkatkan IQ bagi anak-anak. Terutama pada tahun pertama kelahirannya di dunia, ketika otak anak sedang dalam proses pertumbuhan.

Bagi Anda yang memberikan susu formula pada anak, jangan khawatir dan berkecil hati. Sebab, studi membuktikan bahwa perbedaan skor IQ pada anak yang minum ASI dan susu formula hanyalah sedikit.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan susu formula yang diperkaya zat besi. Pasalnya, penelitian dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, menemukan bahwa anak-anak yang kekurangan zat besi semasa bayi, cenderung memiliki skor IQ yang kurang memuaskan.

8. Mengasah daya ingat dengan permainan

Tidak semua permainan (game) berdampak buruk. Buktinya, game yang mengasah daya ingat bisa sangat bermanfaat. Manfaat permainan untuk mengasah daya ingat ini pun sudah diteliti.

Cobalah pilih berbagai permainan asah otak, seperti sudoku, teka-teki jigsaw, hingga teka-teki silang (TTS).

9. Berolahraga

Wanita bersepeda
Olahraga dinilai membantu meningkatkan IQ

Tahukah Anda kalau olahraga dianggap sebagai salah satu cara meningkatkan kecerdasan otak atau IQ? Selain baik untuk kesehatan fisik, berolahraga dinilai ampuh untuk mengasah kecerdasan.

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, melakukan olahraga, terutama aerobik, bisa meningkatkan kepandaian verbal sebanyak 50 persen.

10. Tidur yang cukup

Cara melatih IQ selanjutnya adalah tidur atau istirahat yang cukup. Menurut sebuah penelitian dari Universitas Loughborough, Inggris, tidur kurang dari 8 jam dapat mengurangi poin IQ Anda.

Faktanya, kehilangan dua jam waktu tidur setiap malam dapat menyebabkan IQ seseorang menurun. Maka dari itu, jagalah pola tidur Anda!

11. Bermain catur

Bermain catur
Catur telah terbukti dapat meningkatkan IQ

Bermain catur dinilai bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, meningkatkan konsentrasi, dan menstimulasi kedua bagian otak (kanan dan kiri) sehingga membantu memperkuat corpus callosum (bagian yang menghubungkan kedua belahan otak).

Dilansir dari Inc, sebuah studi di Venezuela menunjukkan bahwa anak-anak yang mengikuti kelas catur selama 14 minggu mengalami peningkatkan IQ secara signifikan. Studi lainnya dari Flinders University di Australia juga menyimpulkan hasil yang sama bahwa partisipan yang bermain catur menunjukkan peningkatan IQ.

12. Meditasi

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa meditasi, bahkan dalam waktu yang singkat, tidak hanya meningkatkan suasana hati dan meredakan stres, tetapi juga membuat proses kognitif mendalam menjadi semakin efisien.

Cara menambah iQ otak ini dianggap sebagai inti dari kecerdasan cair (fluid intelligence), dan merupakan bagian yang membantu Anda menjadi lebih inovatif.

Cobalah luangkan setidaknya 20 menit untuk melakukan meditasi setiap harinya. Anda bisa menggunakan bantuan dari berbagai aplikasi di ponsel, seperti Calm atau HeadSpace, untuk memudahkan proses meditasi.

Baca Juga

  • 10 Fakta Menarik tentang Waktu Tidur Anak
  • Tips Kerja dari Rumah untuk Para Ibu yang Sedang Tak Punya ART
  • Teknik Pomodoro, Teknik Belajar yang Efektif dan Efisien

Apakah IQ bisa berubah?

Pertanyaan klasik yang sering dilontarkan seputar IQ adalah apakah IQ bisa berubah atau apakah IQ bisa ditingkatkan. Dilansir dari Psychology Today, skor IQ dapat berubah dari waktu ke waktu, yang berarti bisa naik dan bisa juga turun.

Misalnya, pada anak kecil, hasil tes IQ dapat berubah saat ia beranjak dewasa. Saat menginjak sekolah dasar (SD), latihan menghafal dianggap bisa merubah skor IQ anak. Pada orang dewasa, program doktor atau strata 3 (S3) dapat meningkatkan skor IQ.

Terakhir, IQ pun dapat menurun pada orang lanjut usia (lansia), terutama mereka yang proses penuaannya terganggu oleh penyakit.

Maka dari itu, bila Anda berniat untuk meningkatkan IQ dalam waktu dekat, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan cara meningkatkan IQ yang dijelaskan di atas.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

tips parentinggaya parentingorangtua

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved