8 Cara Meningkatkan Daya Ingat untuk Anda yang Pelupa

Kekurangan tidur menjadi salah satu penyebab mudah lupa. Maka dari itu, tidur yang cukup bisa jadi cara meningkatkan daya ingat.
Kandungan flavonoid yang ada di dalam cokelat hitam, bisa dijadikan sebagai cara meningkatkan daya ingat.

Sering lupa adalah hal yang menjengkelkan. Apalagi jika sampai berdampak pada kehidupan sosial, pekerjaan, hingga percintaan. Sebab, banyak urusan yang bisa runyam.

Berbagai cara mungkin sudah Anda lakukan, untuk menghilangkan sifat pelupa tersebut. Walau begitu, ada masanya, hasil ternyata mengkhianati usaha.

Akan tetapi, jangan khawatir. Sebab ada beberapa cara meningkatkan daya ingat yang ampuh dan bisa Anda coba. Apa saja cara meningkatkan daya ingat itu?

Cara meningkatkan daya ingat yang terlihat sederhana

Jangan remehkan gaya hidup dan pola makan Anda. Kedua aspek ini, terbukti secara ilmiah, bisa membantu Anda meningkatkan daya ingat.

Berikut ini adalah beberapa bukti yang bisa membuat Anda percaya, bahwa daya ingat, ternyata dapat ditingkatkan, dengan perubahan gaya hidup dan pola makan.

1. Kurangi gula dalam menu sehari-hari

Mengonsumsi banyak gula, terbukti bisa berdampak buruk pada kesehatan, salah satunya penurunan kognitif.
Penelitian menunjukkan, mengonsumsi terlalu banyak gula, bisa menyebabkan kemampuan mengingat Anda jadi buruk dan mengurangi volume otak, khususnya di area otak yang menyimpan memori jangka pendek.

Mengurangi gula tidak hanya meningkatkan daya ingat Anda, tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Berolahraga

Dalam sebuah penelitian yang dirilis dalam Journal of Exercise Rehabilitation, berolahraga secara teratur, dapat mengurangi risiko penurunan kognitif, dan memproteksi otak dari degenerasi.

Dalam sebuah studi tahun 2017, berolahraga secara teratur, terutama dengan melakukan latihan aerobik seperti berlari, menari, hingga berenang, dapat meningkatkan kemampuan daya ingat, pada orang yang mengidap penyakit Alzheimer.

3. Meditasi

Melakukan meditasi dengan tenang dan penuh konsentrasi, ternyata berdampak baik pada kemampuan daya ingat seseorang. Dalam sebuah riset tahun 2018, bermeditasi bisa meningkatkan fungsi otak, mengurangi tanda-tanda degenerasi otak, dan meningkatkan memori jangka panjang.

Bermeditasi juga bisa meningkatkan plastisitas otak (kemampuan otak untuk membentuk koneksi), untuk menjaga kesehatannya, agar berfungsi dengan baik, dalam jangka waktu yang lama.

4. Tidur yang cukup

Bagi peneliti, bukan sebuah kejutan lagi bahwa tidur dengan cukup, dapat dijadikan sebagai cara meningkatkan daya ingat. Penelitian menunjukkan, tidur setelah mempelajari hal baru, bisa membuat Anda belajar dan mengingat lebih cepat.

5. Menjaga berat badan ideal

Obesitas ternyata bisa menjadi faktor pemicu adanya penurunan kognitif. Nyatanya, mengidap obesitas, bisa menyebabkan perubahan pada gen yang berhubungan dengan memori di otak. Sehingga, daya ingat jadi terpengaruh secara negatif.

Sebuah studi membuktikan, terdapat 50 orang berusia 18-35 tahun, yang memiliki indeks massa tubuh besar. Mereka tidak bisa menyelesaikan tes daya ingat dengan baik.Selain itu, obesitas juga bisa “mengundang” datangnya penyakit Alzheimer.

6. Mengonsumsi kafein dari kopi dan teh hijau

Kafein yang dikandung oleh kopi dan teh hijau ternyata bermanfaat pada daya ingat. Pada sebuah studi, partisipan yang meminum kopi setelah melakukan tes daya ingat, mengalami peningkatan untuk mengingat memori jangka panjang.

Partisipan yang mengonsumsi 200 mg kafein, menunjukkan daya ingat yang lebih baik, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

7. Makan cokelat hitam

Jika dipikir-pikir, mengonsumsi cokelat hitam, tidak ada hubungannya dengan daya ingat seseorang. Namun ternyata, flavonoid yang terkandung di dalamnya, dapat meningkatkan kemampuan otak.

Partisipan dalam sebuah studi, yang memakan cokelat hitam, menunjukkan nilai yang lebih baik saat menjalani tes daya ingat, dibandingkan mereka yang tidak memakan cokelat hitam.

Sebab, flavonoid yang ada di dalam cokelat hitam, membuat aliran darah ke otak, lebih lancar.

8. Kurangi konsumsi alkohol

Mengonsumsi terlalu banyak alkohol, dapat menyebabkan dampak buruk pada kesehatan tubuh Anda. Salah satunya adalah daya ingat.

Apalagi minum alkohol secara terus-menerus. Kebiasaan ini bisa meningkatkan kadar alkohol dalam darah, mencapai 0.08 gram per ml atau lebih. Tahukah apa yang akan terjadi? Daya ingat akan menurun.

Studi menunjukkan, sekitar 155 mahasiswa baru yang mengonsumsi minuman beralkohol lebih dari enam botol dalam jangka waktu yang pendek, baik dalam mingguan atau bulanan, terbukti kesulitan dalam menjalani tes daya ingat.

Dalam kasus yang sangat parah, mengonsumsi banyak alkohol secara berkala, bisa menyebabkan kerusakan pada hippocampus, bagian otak yang memegang peran penting dalam mengingat.

Memiliki daya ingat yang baik, sangatlah penting bagi kehidupan sosial, pekerjaan, hingga percintaan. Maka dari itu, kedelapan cara meningkatkan daya ingat di atas, bisa Anda coba, untuk “merawat” keutuhan otak, sehingga daya ingat bisa membaik, atau malah meningkat kualitasnya.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-improve-memory

Diakses pada 19 November 2019

 

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326068.php#meditate

Diakses pada 19 November 2019

 

Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/great-ways-to-improve-your-memory-2795356

Diakses pada 19 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed