logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

9 Cara Mencari Topik Pembicaraan yang Mudah dengan Pasangan

open-summary

ebenarnya cara mencari topik pembicaraan tak harus bersusah payah. Anda bisa menggunakan debat, menanyakan kabar, bicarakan masa depan, hingga menggunakan truth or dare untuk membuka pembicaraan.


close-summary

3.48

(77)

4 Jul 2020

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Cara mencari topik pembicaraan dengan pasangan dapat dilakukan dengan berdiskusi isu terkini di media sosial.

Sebagian orang kesulitan mencari topik pembicaraan dengan pasangan dan teman

Table of Content

  • Cara mencari topik pembicaraan

Terkadang, seseorang akan merasa kehabisan bahan obrolan ketika sudah membicarakan segala topik dengan pasangan atau teman terdekatnya sekalipun. Padahal, Anda tak perlu bersusah payah mencari topik pembicaraan. Anda bisa menjadikan obrolan kecil hingga yang menyangkut perspektif kehidupan bisa menjadi bahan pembicaraan.

Advertisement

Simak beberapa ide topik obrolan yang bisa Anda gali bersama pasangan atau bahkan teman-teman Anda.

Cara mencari topik pembicaraan

Beberapa cara mencari topik pembicaraan yang seru dengan pasangan di antaranya:

1. Membicarakan hal terbaru di media sosial

Bahan pembicaraan bisa ditemukan di mana saja, termasuk dari sekitar Anda. Membicarakan hal-hal up to date yang sedang hangat diperbincangkan bisa membuat Anda dan pasangan terlibat dalam suasana diskusi yang menyenangkan.

Anda bisa dengan mudah menemukan topik obrolan terbaru dari media sosial misalnya. Membahas mengenai apa yang sedang tren dan menggali sudut pandang masing-masing akan membantu Anda dan pasangan saling memahami.

2. Memulai perdebatan

Tak selamanya perdebatan berarti pertengkaran dengan pasangan. Apabila merasa percakapan berkisar tentang hal itu-itu saja atau semua topik sudah masuk dalam obrolan, coba mulai perdebatan yang sehat. Mulailah dengan mengemukakan ungkapan yang cukup provokatif, kemudian diskusikan interpretasi yang berbeda dengan pasangan.

Namun sebelum memulai perdebatan, sepakati bahwa ini hanya salah satu cara untuk menggagas topik pembicaraan dengan sentuhan berbeda. Dengan demikian, perdebatan tidak akan menjadi pertengkaran.

3. Tanyakan bagaimana harinya berjalan

Kelebihan dari topik pembicaraan ini adalah bisa dilontarkan setiap hari, karena tidak ada hari yang benar-benar berjalan sama persis. Kemarin, hari ini, besok, pasti berjalan dengan berbeda. Menanyakan bagaimana harinya juga merupakan tanda kepedulian dan perhatian terhadap pasangan.

Menurut terapis keluarga dan konselor pernikahan, topik obrolan sederhana seperti ini membuat seseorang bisa mengungkapkan apa yang berhasil dilakukan dan tidak sepanjang hari. Hal ini dapat memperkuat koneksi dan saling menghibur apabila hari tidak berjalan sesuai harapan.

4. Rencanakan masa depan

Bagi pasangan yang sudah berencana memasuki jenjang yang lebih serius, cara mencari topik pembicaraan yang menarik bisa juga seputar masa depan. Apa yang akan dilakukan dalam jangka waktu pendek hingga panjang bersama-sama. Cita-cita atau impian apa yang masing ingin dikejar, apa yang akan dilakukan ketika sudah masuk ke jenjang yang lebih serius, dan seterusnya.

Sangat menyenangkan bisa berbagi impian, harapan, dan angan-angan dengan pasangan. Tak hanya itu, bahan pembicaraan semacam ini membuat Anda dan pasangan tak berkutat dengan rutinitas sehari-hari saja.

5. Bicarakan pengalaman masa lalu

Terkadang, pikiran untuk selalu membicarakan hal-hal yang up to date bisa menjadi sebuah beban. Akibatnya, percakapan menjadi kurang seru dan Anda malah tertekan.

Padahal, membicarakan pengalaman masa lalu juga bisa menjadi cara untuk saling mengenal satu sama lain. Bukan sekadar latar belakang sebelum bertemu dengan Anda, tapi masa kecil atau cerita seputar keluarga besar. Topik-topik semacam ini lagi-lagi bisa membantu memperkuat koneksi satu dan lainnya.

6. Truth or dare, tanpa dare

Jika ingin lebih mengenal pasangan, coba lakukan permainan semacam truth or dare, tapi tanpa dare di dalamnya. Hanya truth, yaitu dengan saling melontarkan pertanyaan yang harus dijawab dengan jujur. Dengan begitu, Anda bisa lebih saling mengenal satu sama lain.

7. Saling ungkapkan perasaan

Jika topik pembicaraan sederhana tidak lagi terasa seru, coba saling mengungkapkan perasaan tentang hubungan yang tengah dijalani. Beberapa merasa takut untuk melempar topik pembicaraan dengan gebetan seperti ini, terutama jika sudah menyangkut komitmen. Maka dari itu, sebelum melakukannya, sepakati bahwa akan saling jujur dan terbuka. Sampaikan apa yang ingin diperbaiki atau harapan dari hubungan ini, atau kemukakan apa pun yang masih mengganjal di perasaan.

8. Tanyakan apa yang ingin diubah

Pertanyaan berandai-andai, seperti apa yang ingin diubah dari masa lalu jika ada satu kesempatan untuk melakukannya bisa menjadi salah satu topik obrolan yang hangat dengan pasangan. Dengan cara ini, bisa saling mengetahui apa momen yang paling disesali sekaligus apa yang ingin dicapainya.

Tak hanya itu, bahasan ini juga bisa membantu kedua belah pihak untuk mengambil keputusan dengan lebih baik ke depannya. Mengetahui sejarah dan penyesalan satu sama lain bisa menjadi titik balik untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, jika ada. 

9. Bicara soal hobi baru

Tak ada yang lebih menyenangkan selain menekuni hobi baru yang dilakukan dengan penuh antusiasme. Dengan topik semacam ini, hidup tak akan lagi terasa monoton atau membosankan. Bisa menemukan hobi yang sama-sama disukai atau hobi masing-masing. Apapun itu, bisa menjadi topik pembicaraan yang menyenangkan.

Baca Juga

  • Hubungan Terasa Hambar, Ini Cara Memperbaikinya
  • Diet Mulai Besok, Ini Aktivitas Pagi Positif Sebagai Cara Menurunkan Berat Badan
  • 5 Latihan Sederhana Cara Meningkatkan Vertical Jump

Ada banyak topik yang bagus untuk dibicarakan agar hubungan dengan pasangan semakin erat. Membuat satu sama lain tertawa juga dapat menjadikan momen saat berkomunikasi jadi lebih berkesan. Bahkan ketika harus sama-sama diam pun, itu tak masalah. Bahasa tubuh seperti saling berpegangan tangan, membelai, atau sekadar menatap satu sama lain terkadang bisa berarti jauh lebih banyak ketimbang topik pembicaraan secanggih apa pun.

Advertisement

kesehatan mentalhidup sehatmenjalin hubungan

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved