logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

13 Cara Belajar Berhitung yang Mudah Bagi Anak TK

open-summary

Belajar berhitung anak TK bisa dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan. Mulai dari menggunakan jari tangan, krayon, lagu, hingga benda di sekitar.


close-summary

3.71

(7)

28 Apr 2022

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Belajar berhitung bersama anak bisa dilakukan dengan mudah

Belajar berhitung dengan benda di sekitar bisa membuat anak tertarik

Table of Content

  • Cara belajar berhitung anak TK yang mudah dilakukan
  • Manfaat belajar berhitung untuk anak TK
  • Catatan SehatQ

Berhitung perlu diajarkan sebagai keterampilan dasar yang penting bagi anak-anak. Umumnya, anak belajar berhitung saat memasuki PAUD atau TK. Cara belajar berhitung anak TK yang tepat perlu dilakukan supaya proses pembelajaran ini dapat berjalan dengan efektif. 

Advertisement

Cara belajar berhitung anak TK yang mudah dilakukan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa menggali kemampuan kognitif pada anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui kegiatan pengembangan kemampuan berhitung

Berhitung merupakan kemampuan utama seseorang karena  berhubungan dengan prestasi akademik, pilihan karir, pekerjaan, pendapatan, kesehatan dan pengambilan keputusan keuangan, untuk itu penting belajar berhitung ketika anak sudah mampu.

Proses belajar berhitung untuk anak TK dapat terasa lebih mudah jika dilakukan dengan cara yang sederhana dan menyenangkan. Berikut adalah berbagai cara sederhana mengajari anak berhitung.

1. Menggunakan jari tangan

belajar berhitung
Belajar berhitung menggunakan jari tangan

Salah satu cara untuk mulai mengajari belajar menghitung anak TK adalah menggunakan jari tangan.

Anda dapat meminta anak menunjukkan berapa usianya menggunakan jari tangan. Misalnya anak berusia tiga tahun, maka mintalah ia menunjukkan tiga jari tangannya sambil berhitung “satu, dua, tiga.” 

Lalu, Anda dapat meminta anak menunjukkan 4, 5, atau bahkan 10 jari tangannya sambil berhitung. Dengan menggunakan model sederhana ini, lama-kelamaan mereka bisa paham dalam belajar menghitung angka.

2. Menggunakan krayon

Krayon warna-warni tentunya dapat menarik perhatian anak. Benda yang satu ini juga dapat Anda gunakan untuk mengajari belajar berhitung anak TK.

Ketika Anda memberi anak satu krayon, maka katakan satu. Ketika Anda memberinya dua, katakan dua. 

Selanjutnya, Anda dapat meminta krayon tersebut dari anak Anda, misalnya dengan mengatakan, “Beri mama dua krayon”.

Biarkan anak berhitung dan memberikan krayon tersebut pada Anda. Anda bisa menjadikan ini sebagai cara mengajari anak berhitung pengurangan dan penjumlahan.

Jika salah, maka contohkan kembali pada anak. Setelah anak bisa, maka Anda dapat lanjut pada angka yang lebih besar. Latihan penjumlahan dan pengurangan anak TK pun akan terasa lebih mudah.

3. Belajar berhitung dengan lagu

Lagu merupakan salah satu cara yang paling mudah dalam mengajarkan belajar berhitung anak TK

Anda dapat mengajari anak berhitung dengan menyetelkan lagu edukatif, seperti “dua mata saya”, sambil memegang bagian tubuh yang disebut dalam lagu tersebut. 

Selain itu, Anda juga dapat memutar lagu “satu ditambah satu” atau “tek kotek kotek anak ayam” untuk mempelajari pertambahan dan pengurangan.

4. Berhitung benda di sekitar

Belajar menghitung anak TK dapat dilakukan dengan menggunakan benda di sekitar. Misalnya, dalam belajar penjumlahan untuk anak TK, Anda dapat meminta anak menghitung banyaknya piring di meja makan. 

Setelah itu, Anda dapat menambahkan atau mengambil piring tersebut untuk dihitung kembali oleh mereka. 

Menghitung benda di sekitar dapat membantu anak semakin memahami konsep berhitung, terutama seputar penjumlahan dan pengurangan.

5. Bermain petak umpet

Bermain petak umpet ternyata dapat membantu belajar berhitung anak TK. Ketika mereka harus berjaga dan yang lain bersembunyi, minta dan bantu anak berhitung hingga hitungan 10.

Bukan hanya membuat anak semakin terbiasa dalam berhitung, permainan ini juga dapat menstimulasi mereka untuk bergerak aktif.

6. Memasukkan kue ke toples

Memasukkan kue ke toples dapat menjadi salah satu cara mengajarkan anak belajar berhitung.

Anda dapat meminta anak memasukkan 5 atau 10 kue ke dalam toples, lalu menambahkan atau memakannya untuk dihitung kembali.

Latihan berhitung untuk anak TK ini akan membantu anak merasa terbiasa untuk menggunakan kemampuan berhitungnya.

7. Memasang poster angka

Memasang poster angka juga dapat dijadikan cara belajar berhitung angka untuk anak TK. Anak akan melihat poster tersebut setiap hari sehingga mendorong mereka untuk mempelajarinya.

Pilihlah poster yang berwarna-warni atau memiliki gambar tokoh kartun favorit anak agar mereka tertarik untuk belajar. Ini juga merupakan salah satu cara mengajari anak berhitung cepat.

8. Jam dinding

Selain untuk mengajarkan waktu, jam dinding bisa Anda manfaatkan untuk mengajarkan penjumlahan atau pengurangan sederhana pada anak. 

Cobalah cara ini: saat Anda memberikan soal 3 + 6, Anda bisa mengarahkan anak untuk melihat angka 3 pada jam, kemudian menghitung enam langkah searah jarum jam sampai di angka 9, yang kemudian mereka simpulkan bahwa 9 adalah hasil dari 3 ditambah 6.

Untuk pengurangan, Anda dapat mengarahkan anak untuk menghitung berlawanan dengan arah jarum jam, tentunya dengan metode yang sama seperti sebelumnya.

9. Berhitung dengan menggambar

anak menggambar
Belajar berhitung dengan menggambar

Menggambar umumnya menjadi kegiatan yang banyak disukai oleh anak-anak. Anda dapat meminta mereka menggambar buah apel sesuai jumlah yang disebutkan sebelumnya.

Metode ini juga dapat dilakukan bergantian, di mana Anda akan menggambar beberapa buah apel dan meminta anak menghitungnya. Cara belajar menghitung anak TK ini tentunya dapat terasa lebih menyenangkan.

10. Menghitung mainan

Belajar angka anak TK juga dapat dilakukan dengan menghitung mainan. Ketika bermain, mintalah anak menghitung mainan yang mereka gunakan, misalnya mainan balok, lego, ring donat, atau boneka.

Anda juga dapat memintanya menghitung mainan berwarna biru, merah, atau warna lainnya. Bukan hanya menyenangkan, hal ini dapat membantu anak mengenal angka dan berhitung dasar.

11. Berhitung cangkir susun

Dalam belajar berhitung PAUD TK, Anda bisa memanfaatkan cangkir susun yang terbuat dari kertas atau plastik. 

Cobalah untuk menyusun cangkir tersebut menjadi satu baris panjang atau piramida, lalu minta anak menghitungnya.

Anda juga dapat mencoba mengurangi atau menambahkan cangkir, kemudian minta anak menghitungnya kembali.

12. Menghitung langkah

Belajar menghitung anak PAUD selanjutnya adalah menghitung langkah. Ketika anak menaiki tangga, minta mereka menghitung setiap langkahnya pada anak tangga. Jika mereka belum bisa melakukannya, Anda dapat membantunya mengucapkan angka.

Tak hanya langkah, Anda juga dapat meminta anak menghitung banyaknya lompatan, lemparan bola, atau berlari keliling halaman yang mereka lakukan saat bermain bersama Anda.

13. Berhitung dalam buku

Ketika Anda membacakan buku untuk anak, pilih objek yang dapat dihitung olehnya. Misalnya, berapa banyak bunga atau bintang yang dilihatnya pada halaman tersebut. 

Selain membantu anak belajar berhitung, kegiatan ini juga dapat menumbuhkan minat mereka dalam membaca. Anda dapat meminta anak memilih buku yang ingin dibacanya.

Baca Juga

  • Pro Kontra Anak Baca Buku Online yang Harus Diketahui Orangtua
  • 15 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak yang Bermanfaat
  • Tak Hanya Administrasi, Ini 5 Kesiapan Mental yang Perlu Disiapkan Sebelum Adopsi Anak

Manfaat belajar berhitung untuk anak TK

Manfaat belajar berhitung untuk anak TK adalah membuat mereka siap dalam mengikuti pembelajaran matematika yang sesungguhnya di sekolah dasar. 

Sebab, sebagian anak merasa matematika adalah hal yang sulit sehingga cenderung menghindarinya.

Selain itu, menurut Depdiknas, belajar berhitung anak TK bertujuan agar:

  • Anak dapat berpikir logis dan matematis
  • Anak dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat
  • Anak memiliki keterampilan, konsentrasi, abstrak, dan daya apresiasi yang tinggi
  • Anak memahami konsep ruang dan waktu
  • Anak memiliki kreativitas dan imajinasi.

Proses belajar menghitung anak TK harus didukung oleh pembelajaran yang benar, menarik, dan menyenangkan sehingga anak dapat memahaminya dengan mudah.

Latihan berhitung anak TK juga dapat dilakukan secara rutin. Namun, diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam mengajari anak.

Catatan SehatQ

Dalam mengajari belajar berhitung anak TK, jangan membuat mereka terbebani apalagi hingga memarahi dan membentak. Hal ini malah akan menimbulkan kecemasan dan membuat anak menjadi enggan untuk belajar berhitung.

Perlu diingat bahwa setiap anak berkembang dengan kecepatannya masing-masing sehingga jangan terlalu memaksakan mereka untuk belajar berhitung. Setelah siap, anak umumnya akan belajar dan merespons dengan sendirinya. 

Namun, jika Anda merasa anak mengalami gangguan belajar, konsultasikan masalah ini pada psikolog anak supaya bisa mendapatkan penanganan yang tepat dengan segera.

Sementara itu, jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

tips parentingtips mendidik anakgaya parenting

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved