8 Buah dan Sayuran Berserat Ini Bisa Jadi Obat Ambeien Alami yang Ampuh

Walau ada buah dan sayuran yang dianggap sebagai obat ambeien alami, Anda tetap dianjurkan untuk ke dokter, untuk meminta solusi terbaik.
Karena mengandung serat yang tinggi, pisang menjadi salah satu buah yang bisa obat ambeien alami.

Penderita ambeien pasti sudah paham betul rasa tidak nyaman dan sakit, yang timbul saat pembuluh vena di sekitar anus, membengkak. Sudahkah Anda tahu, bahwa ada beberapa buah dan sayuran, yang bisa menjadi obat ambeien alami?

Mengetahui obat ambeien alami, tentu saja sangat dibutuhkan bagi penderitanya. Selain mengonsumsi obat-obatan ambeien, menyantap buah dan sayur ini, bisa membantu meredakan gejala ambeien, yang sangat mengganggu itu.

Walau begitu, perlu diingat, buah dan sayuran yang dianggap bisa dijadikan obat ambeien alami ini, hanya mampu membantu meredakan gejala ambeien saja, bukan menyembuhkan sepenuhnya. Diperlukan konsultasi ke dokter dan juga obat-obatan lain, untuk memberikan penyembuhan maksimal.

Buah dan sayuran "ajaib" untuk obat ambeien alami

Jika tidak segera ditangani, pembuluh darah yang membengkak di sekitar dubur itu, akan memburuk. Bahkan, jika kondisinya sudah menggumpal, operasi diperlukan, untuk mengangkatnya. Tentu saja, Anda tidak mau gejala ambeien sampai separah itu.

Perlu diingat, untuk mengobati dan meredakan gejala ambeien, tubuh Anda membutuhkan serat. Sebab, serat bisa membuat feses atau tinja, memiliki tekstur yang lebih lunak, sehingga tidak memberikan tekanan lebih pada pembuluh darah yang membengkak itu. Alhasil, rasa sakit ambeien bisa terhindari.

Kabar baiknya, ada buah dan sayuran yang bisa meredakan gejala ambeien. Apa saja buah yang bisa dijadikan obat ambeien alami itu?

1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang kaya akan serat. Satu cangkir (76 gram) brokoli mentah, mengandung 2 gram serat tidak larut.

Lebih dari itu, sayur-sayuran seperti brokoli, mengandung glukosinolat, bahan kimia tanaman yang dapat diurai oleh bakteri usus.

2. Ketimun dan melon

Ketimun dan melon, adalah makanan berserat yang sangat lezat. Mengonsumsi keduanya, adalah cara yang sangat baik, untuk memasukkan serat ke dalam sistem pencernaan penderita ambeien.

Selalu pastikan bahwa Anda tidak membuang kulit ketimun, saat memakannya. Sebab, kulit ketimun lah yang paling banyak mengandung serat.

Bagi Anda yang tidak suka sayur-sayuran pahit, ketimun adalah asupan sehat penuh serat, yang bisa menjadi obat ambeien alami untuk Anda.

3. Pir

Selain rasanya manis, pir bisa menjadi “snack” pilihan. Sebagai obat ambeien alami, buah pir sangatlah ampuh, untuk memberikan Anda asupan serat yang sangat cukup.

Bayangkan saja, satu buah pir berukuran sedang, memiliki 6 gram serat, yang bisa mencukupi 22% kebutuhan harian serat Anda.

Sama seperti ketimun, jangan potong kulitnya, saat akan mengonsumsi buah pir. Di kulitnya lah, banyak serat yang berkumpul.

4. Apel

Apel menjadi salah satu buah yang sangat umum ditemukan di Indonesia. Selain harganya relatif terjangkau, rasanya pun cocok di lidah masyarakat Tanah Air. Bagi Anda yang mengidap ambeien, apel bisa menjadi obat ambeien alami, karena mengandung 5% serat.

Serat yang dimiliki apel berbeda dari serat buah pir. Sebab, serat dari buah apel, mengandung pektin, yakni serat larut, yang mampu melembutkan tekstur feses, sehingga tidak membuat gejala ambeien timbul.

5. Seledri

Sama halnya seperti sayur paprika, seledri mengandung banyak air, dan juga serat, yang bisa mencegah gejala ambeien timbul. Serat yang dikandung seledri, bisa melunakkan feses, dan mengurangi keharusan Anda untuk mengejan, saat buang air besar.

Satu tangkai besar (28-31 cm) seledri, mengandung 1% serat dan 95% air. Iris saja sayuran ini dan tambahkan pada salad, sup, atau oleskan dengan selai kacang favorit Anda.

6. Labu squash

Labu squash yang berwarna oranye ini, masih termasuk dalam keluarga labu siam. Ada banyak jenis labu squash yang bisa dimakan. Namun, labu squash acorn, adalah jenis labu squash yang paling banyak mengandung serat.
Setiap cangkir (205 gram) labu squash acorn mengandung 9 gram serat, untuk melawan gejala ambeien yang sangat mengganggu itu.

7. Legum

Kacang, lentil, kacang polong, kedelai, kacang tanah, hingga buncis, termasuk dalam kategori legume atau polong-polongan, yang sangat mampu memberikan kebutuhan serat Anda, untuk melawan ambeien.

Legum dilengapi dengan serat larut maupun tidak larut. Namun, legum paling kaya akan serat larut.
Sebanyak 1 cangkir (198 gram) lentil yang dimasak, mengandung 16 gram serat. Bayangkan saja, jumlah itu sudah bisa memenuhi kebutuhan serat harian Anda, sebanyak 50%.

8. Pisang

Pisang mengandung serat pektin dan juga pati. Kedua hal ini sangat dibutuhkan, jika Anda tidak mau gejala ambeien menyerang.

Satu pisang berukuran sedang (18-20 cm), menyediakan 3 gram serat. Pektin yang dikandungnya, mampu menciptakan gel di saluran pencernaan. Sementara itu, pati resistannya, memberi asupan pada bakteri usus. Ini adalah kombinasi yang bagus untuk mencegah ambeien.

Ada baiknya, Anda menghindari makanan-makanan yang rendah serat. Sebab, makanan rendah serat bisa menjadi “pengundang” sembelit, sehingga ambeien pun menyerang.

Beberapa makanan dan minuman di bawah ini, harus Anda hindari:

  • Produk susu seperti keju
  • Tepung putih dan produk olahannya, seperti roti putih hingga pasta
  • Daging merah yang sulit dicerna dan bisa memperparah sembelit
  • Gorengan yang bisa “membahayakan” saluran pencernaan Anda dan sulit dicerna
  • Makanan asin yang mampu membuat kembung dan membuat ambeien lebih sensitif
  • Makanan pedas, dapat membuat perut menjadi tidak nyaman yang terkait dengan wasir

Selain makanan di atas, Anda juga harus menghindari makanan yang pedas, minuman berkafein, hingga alkohol.

Catatan dari SehatQ

Walau sudah mengetahui buah dan sayuran berserat yang mampu menjadi obat ambeien alami, Anda disarankan untuk tetap datang ke dokter untuk berkonsultasi. Dokter bisa mengecek kondisi ambeien, dan memberikan solusi terbaik, untuk Anda.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268

Diakses pada 29 November 2019

 

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/food-for-piles

Diakses pada 29 November 2019

 

Preparation H. https://www.preparationh.com/live-better/hemorrhoid-diet

Diakses pada 29 November 2019

 

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed