Cara menjaga kebersihan dan kesehatan selama musim hujan akan efektif selama dilakukan secara teratur
Agar tetap sehat selama musim hujan, Anda perlu menjaga kebersihan

Musim hujan hampir tiba. Berbagai persiapan tentunya harus dilakukan untuk menghadapi musim ini. Perlengkapan seperti payung, jaket, atau jas hujan sudah menjadi barang wajib untuk selalu dibawa dalam keseharian Anda selama musim hujan.

Akan tetapi, tidak hanya perlengkapan saja yang harus Anda persiapkan. Saat musim hujan, penyakit seperti demam berdarah, bakteri, dan virus-virus menular lainnya perlu diwaspadai. Agar tubuh tetap bugar, berikut cara menjaga kesehatan selama musim hujan yang bisa Anda coba. 

1. Cuci Tangan

Banyak virus dan bakteri bermunculan saat musim hujan, dan Anda memiliki potensi besar untuk terjangkit hal-hal berbahaya tersebut dengan hanya menyebrang jalan atau memegang susuran tangga dan kursi di tempat umum yang terpapar air hujan.

Sehingga, cara menjaga kesehatan yang paling dasar saat musim hujan adalah cuci tangan secara rutin dengan sabun dan air hangat setelah Anda beraktivitas atau keluar rumah. Dengan begitu risiko Anda terkena infeksi virus dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan dapat berkurang.

2. Jangan Sentuh Wajah Anda

Virus flu umumnya memasuki tubuh manusia melalui mata, hidung, dan mulut. Oleh karena itu, tahan keinginan untuk mengucek mata, menyeka keringat di dahi, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan menyentuh wajah Anda secara langsung. Gunakan tisu atau sapu tangan bersih jika memang diperlukan untuk melakukan kontak dengan wajah.

3. Lindungi Diri dari Air Kotor

Selokan mampet dan genangan-genangan kotor merupakan pemandangan umum yang dapat Anda saksikan selama musim hujan. Kedua hal tersebut juga merupakan sumber penyakit-penyakit, seperti diare, influenza, kolera, dan infeksi jamur pada kulit.

Menutup tubuh Anda merupakan cara menjaga kesehatan yang terbaik untuk melindungi diri dari penyakit-penyakit tersebut sambil terus aktif beraktivitas. Selain jaket dan jas hujan, Anda juga dapat mempersiapkan sepatu boots karet untuk menghindari genangan-genangan kotor dan banjir.

4. Makan Makanan Sehat

Gorengan, cilok, atau otak-otak yang dijual di pinggir jalan mungkin sangat menggoda untuk disantap saat musim hujan. Namun jangan salah, justru pada musim inilah waktunya Anda untuk menghindari makanan-makanan tersebut. Makanan yang dimasak dan dijual pada ruangan terbuka memiliki potensi terpapar dari berbagai virus dan bakteri yang terbawa angin dan air.

Anda juga disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran. Buah dan sayur mengandung fitonutrien yang baik untuk kesehatan dan dapat membantu melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

Cara menjaga kesehatan selama musim hujan lainnya adalah dengan mengonsumsi cukup vitamin C. Vitamin C berguna untuk membantu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga dapat membantu mencegah infeksi bakteri serta virus.

5. Jauhkan Nyamuk dari Kehidupan Anda

Populasi nyamuk berkembang pesat saat musim hujan karena banyaknya genangan air yang bermunculan. Genangan tersebut biasanya menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Untuk mencegah demam berdarah maupun penyakit lain yang disebabkan oleh nyamuk, jangan malas dalam membersihkan rumah secara rutin. Periksa pot bunga, ember yang tidak terpakai, selokan, saluran air, dan tempat-tempat lain yang dapat menampung genangan air. Bersihkan genangan tersebut dan tutup dengan rapat sampai musim hujan berakhir.

Krim penangkal nyamuk juga bisa digunakan bila Anda terus terganggu oleh banyaknya nyamuk atau saat ke luar rumah.

6. Minum Teh Herbal dan Air Putih

Teh herbal memiliki manfaat untuk meredakan batuk, demam, dan radang tenggorokan - yang kesemuanya merupakan penyakit-penyakit umum saat musim hujan. Untuk membuat teh tersebut semakin baik khasiatnya, tambahkan bahan-bahan yang dapat menghangatkan tubuh seperti jahe, cengkeh, basil, atau mint.

Manfaat air putih untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Minuman yang satu ini akan membantu tubuh dalam membantu pembuangan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Air putih juga dapat membantu menyingkirkan dahak atau lendir bagi Anda yang sedang mengalami flu.

7. Bawa Minyak Kayu Putih

Aroma minyak kayu putih dapat membantu Anda bernapas dengan mudah dan membuat tubuh lebih rileks. Minyak ini dapat menjadi teman terbaik saat musim hujan ketika hidung tersumbat karena flu, badan terasa lemas karena penyakit lain, atau kelelahan bepergian di musim hujan.

Ada beberapa cara untuk menghirup manfaat dan merasakan aromanya yang menenangkan. Anda bisa melarutkannya ke dalam air untuk diusapkan ke wajah, meneteskan ke sapu tangan dan membawanya ke mana pun Anda pergi, atau mengusapkannya langsung di leher dan kepala.

Itulah beberapa tindakan pencegahan penyakit yang bisa Anda lakukan saat musim hujan. Terus jaga kesehatan dan hindari terpapar air hujan secara langsung untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar!

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29099763
diakses pada 17 Januari 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/slideshow/1008806-10-not-common-tips-fend-off-cold-flu/?slide=7
diakses pada 17 Januari 2019 

Rappler Phillipines. https://www.rappler.com/life-and-style/wellness/30635-tips-stay-healthy-rainy-season
diakses pada 17 Januari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed