7 Tips Merawat Bayi Kembar Plus 7 Hal yang Harus Diingat


Merawat bayi kembar harus fokus kepada seluruh bayi. Tips yang bisa dilakukan adalah mencatat jadwal kegiatan setiap bayi yang sebaiknya sama hingga menggunakan stroller ataupun gendongan ganda agar setiap bayi bisa mendapatkan perhatian yang sama.

0,0
03 May 2019|Maria Yuniar
Merawat bayi kembar sebaiknya tidak boleh fokus ke salah satu bayi sajaMerawat bayi kembar dilakukan dengan menyeimbangkan fokus ke seluruh bayi
Merawat bayi kembar memerlukan tips khusus maupun hal-hal yang perlu diperhatikan lebih detail. Sebab, tidak hanya satu, Anda harus fokus memastikan tumbuh kembang dua bayi atau lebih.Persentase kehamilan bayi kembar menunjukkan peningkatan di seluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan data kelahiran bayi kembar periode 1975 hingga 2011 yang naik sekitar 7,4% secara global.

Tips merawat bayi kembar

Bayi kembar dapat diartikan sebagai kebahagiaan ganda. Namun, tentu saja dengan kerepotan ekstra.Mari persiapkan terlebih dahulu diri Anda dengan tujuh tips mengurus bayi kembar berikut ini.

1. Catat perencanaan jadwal

Merawat bayi lebih mudah dengan mencatat jadwal, seperti ganti popok
Dengan satu bayi saja, ibu sangat disarankan untuk memiliki perencanaan jadwal harian yang teratur.Selain baik untuk mendisiplinkan bayi, rutinitas merawat bayi kembar juga bisa mempermudah aktivitas ibu dalam mengasuh bayi.Ibu sudah seharusnya mempersiapkan catatan rencana jadwal harian, seperti jam tidur, jam makan, jam mandi, untuk mengganti popok, dan sebagainya.Hal-hal tersebut dipersiapkan agar Anda tidak kelimpungan dalam mengurus dua bayi kembar yang memakan banyak waktu.Jika Anda kesulitan untuk mengaturnya, Anda bisa meminta anjuran dari dokter anak untuk membuat jadwal yang sesuai.

2. Samakan jadwal setiap anak

Pastikan jadwal setiap aktivitas dari setiap anak kembar bersamaan. Hal ini akan membantu Anda untuk tidak melakukan kegiatan yang sama berulang-ulang.Misalnya, jika salah satu anak kembar bangun dan ingin makan, maka bangunkan juga anak kembar lainnya.Saat menyusui, Anda bisa menyusuinya bersamaan. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan bantal untuk menyusui untuk membantu menyusui kedua bayi sekaligus sebagai bentuk merawat bayi kembar.

3. Cari cara untuk menidurkan bayi dengan tepat

Saat merawat bayi kembar, pastikan cara menidurkannya tepat
Merawat bayi kembar berarti menjaga kualitas tidurnya. Hal ini tentu berguna bagi tumbuh kembangnya.Saat mengurus bayi kembar ketika ia tidur, coba beberapa cara menidurkan bayi ini:
  • Gunakan stroller untuk membantu bayi berkeliling.
  • Letakkan salah satu bayi kembar di ayunan. Sementara, gendong bayi kembarannya.
  • Coba bedong bayi agar merasa nyaman.
  • Saat bepergian jauh, letakkan bayi kembar di bassinet.
  • Coba beri alas selimut di kasurnya.

4. Gunakan gendong ganda atau stroller untuk bayi kembar

Saat merawat bayi kembar, tentu akan kesulitan apabila orang tua menggendong bayi kembar dalam waktu bersamaan. Apabila dilakukan bergantian, ada kemungkinan bayi yang tidak digendong menjadi rewel.Untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan stroller kembar ataupun gendongan ganda. Hal ini berguna untuk menghemat tenaga dan waktu.Terlebih, jika menggunakan stroller, Anda juga bisa gunakan untuk membawa perlengkapan bayi di stroller dengan mudah.

5. Meminta pertolongan

Merawat bayi kembar bisa melibatkan suami Anda
Tentu, membagi fokus merawat bayi kembar alih-alih mengurus bayi tunggal memang tidak mudah.Anda tak perlu khawatir jika saat melakukan perawatan bayi baru lahir kembar, Anda benar-benar tidak bisa menyeimbangkan untuk beberapa waktu.Mintalah bantuan dengan anggota keluarga lainnya, teman, ataupun tetangga dekat untuk melakukan perawatan bayi kembar. Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan lewat jasa pengasuh.

6. Cari komunitas orang tua dengan bayi kembar

Untuk berbagi pengalaman merawat bayi kembar maupun kiat-kiat perawatan bayi kembar, Anda bisa bergabung di komunitas ataupun grup orang tua yang juga memiliki bayi kembar.Hal ini membuat Anda terhubung dan bersosialisasi dengan orang yang memiliki kesamaan keperluan dengan Anda.

7. Tidak selalu dua barang

Saat merawat bayi kembar, Anda tidak perlu membeli 2 barang
Banyak orang tua berasumsi, memiliki bayi kembar berarti memiliki perlengkapan bayi masing-masing dua buah.Padahal, ada pula barang-barang perawatan bayi kembar yang bisa dibagi untuk kedua bayi kembar secara bergantian, seperti perawatan kulit bayi, mainan, hingga buku.

Hal yang harus diingat saat merawat bayi kembar

Jika Anda sudah mengetahui kiat-kiat perawatan bayi kembar, ingatlah bahwa hal-hal ini tak boleh luput dari merawat bayi kembar:

1. Teknik memberikan ASI

Pastikan memilih teknik menyusui yang tepat saat merawat bayi kembar
Beruntung jika Anda bisa menyusui dua bayi kembar secara bersamaan. Hal ini tentunya akan sangat mempermudah kegiatan memberi makan bayi kembar Anda.Strateginya adalah dengan teknik menyusui yang tepat, koordinasi yang baik, dan banyak kesabaran.Jika Anda Kunjungi ahli laktasi untuk mengetahui strategi menyusui yang paling sesuai untuk Anda dan si kembar.Apabila Anda sulit melakukan teknik ASI perah secara manual atau pompa ASI, Anda sebaiknya memilih teknik menyusui secara langsung dari puting saja.Memberikan ASI perah melalui dot maupun langsung dari puting bisa membuat bayi mengalami bingung puting.Terlebih, menurut riset yang diterbitkan pada PubMed, pemberian susu formula dini juga mampu menyebabkan bayi bingung puting.

2. Tempat tidur ekstra

Awalnya, saat merawat bayi kembar, mereka bisa saja tidur di tempat tidur atau keranjang bayi yang sama.Namun, seiring usia perkembangan mereka, terutama saat mulai membalikkan badan, lasak, dan aktif, bayi kembar akan membutuhkan tempat tidur masing-masing.Sementara, untuk tempat duduk mobil dan stroller, orang tua disarankan untuk menyediakan masing-masing dua untuk keselamatan dan kenyamanan bayi.

3. Risiko gangguan pernapasan

Saat merawat bayi kembar, ingat jika ia cenderung mengalami gangguan pernapasan
Bayi kembar cenderung akan dilahirkan dengan berat badan yang lebih rendah dan dalam usia kehamilan yang lebih muda.Hal ini dapat mengakibatkan gangguan pernapasan karena perkembangan paru-paru dalam janin yang belum sempurna.Dengan gangguan pernapasan yang lebih besar, orang tua disarankan untuk memperhatikan dan berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan tepat.

4. Bayi kembar berbagi semuanya, termasuk virus dan kuman

Yang namanya bayi kembar, semuanya menjadi milik bersama, termasuk kuman dan virus penyakit.Jika salah satu bayi diserang penyakit, sangat besar kemungkinan bayi kembar lainnya juga akan sakit.Oleh karena itu, orang tua harus ekstra hati-hati dalam penanganannya dengan cara memisahkan dan tidak membiarkan kedua bayi berdekatan sementara waktu.Walaupun tidak bisa dicegah sepenuhnya, orang tua tetap bisa mengontrol sebaik mungkin.

6. Serupa tapi tak sama

Orang tua bayi kembar disarankan untuk terus mendukung perbedaan antara bayi kembar. Setiap anak memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, termasuk juga bayi kembar.Supaya tiap anak tumbuh sesuai potensi terbaik mereka, teliti kemampuan masing-masing dan berikan wadah yang memfasilitasi perkembangan kedua bayi.Memisahkan mereka dari segi bermain, menghabiskan waktu dengan orang tua, dan minatnya bisa menjadi strategi yang baik dalam membesarkan anak kembar.

7. Lebih mudah dengan Si Kembar

Membesarkan anak kembar tidak selalu diwarnai dengan kerepotan ekstra. Namun, ada juga keuntungannya yang memudahkan sang ibu.Anak kembar sudah memiliki teman satu sama lain. Jadi, orang tua cukup membesarkan secara bersamaan sambil mengawasi dua anak sekaligus. Tidak selamanya repot, bukan?

Catatan dari SehatQ

Merawat bayi kembar tentu memerlukan perhatian khusus. Sebab, Anda harus memusatkan perhatian Anda tidak hanya pada satu bayi.Memang, ada tenaga, waktu, maupun pengeluaran ekstra agar kebutuhan tumbuh kembang bayi kembar terpenuhi. Namun, hal ini tentu berguna untuk bayi kembar di masa yang akan datang.Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar perawatan bayi kembar, tanyakan langsung dengan dokter anak melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Apabila Anda ingin melengkapi keperluan perawatan ibu menyusui, kunjungi Toko SehatQ untuk mendapatkan penawaran menarik.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
tumbuh kembang bayikehamilan bayi kembarmerawat bayistroller bayi
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/features/raising-twins#1
Diakses pada Oktober 2018
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16602050/
Diakses pada 7 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait