7 Obat Cacing Alami yang Dipercaya Mampu Atasi Cacingan

Berbagai bahan alami dipercaya dapat menjadi obat cacing alami
Bawang putih dipercaya menjadi salah satu obat cacing alami

Cacingan umumnya terjadi pada anak-anak, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa juga bisa mengalaminya. Penyakit ini juga relatif mudah diobati melalui berbagai obat cacingan yang tersedia di toko obat atau apotek, sehingga tidak sulit bagi Anda untuk mendapatkannya.

Akan tetapi, sebagian orang lebih memilih obat cacing alami karena dianggap lebih aman. Terdapat beberapa bahan alami yang dipercaya dapat mengobati cacingan. Bahkan, bahan-bahan alami ini dapat dengan mudah Anda temui sehari-hari. 

Sebelum mengetahui soal obat cacing alami, ada baiknya kita ketahui penyebab cacingan terlebih dahulu agar pengobatan yang dilakukan bisa maksimal.

Penyebab cacingan

Cacingan adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat adanya cacing parasit di dalam tubuh. Cacing pita, cacing kremi, dan cacing tambang merupakan penyebab cacingan yang paling umum. Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena cacingan, di antaranya:

  • Mengonsumsi daging yang kurang matang dari hewan terinfeksi
  • Minum air yang terkontaminasi
  • Tidak sengaja menelan tanah yang terkontaminasi
  • Tidak menggunakan alas kaki saat menginjak tanah
  • Tidak mencuci tangan secara rutin
  • Kebersihan lingkungan atau sanitasi yang buruk.

Setelah Anda menelan hal-hal yang terkontaminasi tersebut, maka cacing parasit akan pindah ke usus. Selanjutnya, parasit tersebut akan bereproduksi dan tumbuh di sana. Gejala yang mungkin timbul akibat cacingan, yakni sakit perut, mual, muntah, diare, kembung, kelelahan, dan berat badan turun. 

Selain itu, Anda juga mungkin merasakan ruam atau gatal di sekitar dubur. Bahkan dalam beberapa kasus, cacing bisa keluar bersama feses ketika buang air besar. Sementara, beberapa orang bisa menderita cacingan untuk waktu yang lama tanpa mengalami gejala apa pun.

Beragam obat cacing alami

Penyakit cacingan bisa diobati menggunakan obat cacing yang diresepkan oleh dokter atau obat yang dijual bebas di apotek, seperti praziquantel, mebendazole, dan albendazole. Selain itu, ada pula berbagai bahan alami yang dipercaya bisa membantu menyembuhkan cacingan. Berikut obat cacing alami yang bisa Anda coba:

  • Bawang putih

Bawang putih dianggap dapat memusnahkan telur cacing dan mencegah cacing bertelur lebih banyak dalam tubuh karena mengandung zat antiparasit. Bawang ini memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur. Anda bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung, ditambahkan ke dalam hidangan.

  • Wortel

Wortel kaya akan serat yang mampu membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan meningkatkan pergerakan usus. Mengonsumsi wortel juga dapat mendorong cacing parasit keluar dari usus. 

Anda bisa mengonsumsi wortel secara langsung sebanyak dua kali sehari sebagai obat cacing alami. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu agar bakteri dan pestisida hilang. Jika Anda memiliki alergi terhadap wortel, hindari konsumsi sayuran ini.

  • Biji labu

Biji labu mengandung asam amino, asam lemak, senyawa berberin, palatine, dan cucurbitacin. Sebuah studi menunjukkan bahwa senyawa ini mungkin membuat biji labu efektif melawan parasit dalam tubuh. 

Studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences pada tahun 2016 menemukan bahwa ekstrak biji labu memiliki beberapa aktivitas antiparasit. Anda juga dapat menjadikan biji labu sebagai hidangan olahan. 

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu membersihkan infeksi cacing. Anda dapat mengonsumsi 1 sdt minyak kelapa murni setiap pagi

  • Pepaya

Studi percontohan yang diterbitkan dalam Journal of Medicine Food pada tahun 2007, menunjukkan bahwa anak berusia diatas 1 tahun yang mengonsumsi pepaya dan madu menjadi jauh lebih bersih kotorannya dari parasit penyebab cacingan. 

Selain itu, sebuah studi tahun 2012 pada tikus pun menunjukkan bahwa biji pepaya dapat mengobati infeksi cacing. Sayangnya, tak ada penelitian pada manusia yang menunjukkan manfaat ini efektif. Bukan hanya dicampur dengan madu, Anda juga dapat menjadikan pepaya sebagai olahan lain. 

  • Jahe

Senyawa yang disebut dengan gingerol dalam jahe dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu menghilangkan cacing parasit dalam usus. Anda hanya perlu menambahkan 2,5-5 cm jahe yang telah dicincang ke dalam secangkir air untuk direbus selama 5 menit. Saring airnya dan biarkan agak dingin. Jika sudah menghangat, Anda dapat meminumnya.

  • Cengkeh

Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang merupakan agen antibakteri yang kuat. Cengkeh dapat memicu penghancuran parasit usus, termasuk larva maupun telurnya. Anda hanya perlu menambahkan 2-3 siung cengkeh ke dalam secangkir air. Selanjutnya, didihkan selama 5 menit dan saring. Diamkan hingga sedikit dingin, lalu tambahkan madu untuk menambah kelezatannya.

Memang tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba berbagai obat cacing alami tersebut. Perlu diingat bahwa obat alami ini bukanlah obat utama untuk membasmi cacaing, Anda tetap harus menggunakan obat dokter untuk menyembuhkannya maka, akan lebih baik jika Anda memeriksakan diri ke dokter, apabila Anda merasa mengalami cacingan untuk mendapat penanganan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/intestinal-worms#treatment
Diakses pada 08 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-pinworms#home-remedies
Diakses pada 08 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322714.php#home-remedies-for-pinworms
Diakses pada 08 Januari 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/natural-remedies-for-intestinal-parasites-88232
Diakses pada 08 Januari 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/effective-home-remedies-to-treat-intestinal-parasites/#gref
Diakses pada 08 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed