Manfaat tidur untuk kesehatan salah satunya adalah dapat membantu mengurangi kalori tubuh
Jangan remehkan manfaat tidur untuk kesehatan

Banyak orang yang suka begadang dan meremehkan manfaat tidur bagi kesehatan. Padahal selama tidur, tubuh Anda sedang memperbaiki dan meregenerasi diri.

Tidur yang berkualitas dilakukan minimal 7-8 jam setiap malam. Rentang ini akan memberikan waktu bagi tubuh untuk merawat dan menjaga kesehatan Anda. Tidur 7-8 jam setiap hari juga dapat memberikan Anda berbagai manfaat. Berikut 7 manfaat tidur yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Membakar Kalori Tubuh

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, orang yang cukup tidur bisa membakar hingga 300 kalori tubuh setiap hari. Tidur malam lebih awal akan membuat Anda menghindari camilan seperti kue atau keripik. Selain itu, jika Anda cukup tidur, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit ghrelin (hormon lapar) dan lebih banyak leptin, yaitu hormon yang memberikan sinyal ke otak jika Anda sudah kenyang.

2. Mencerdaskan Otak dan Meningkatkan Daya Ingat

Selama beraktivitas, Anda mungkin mempelajari berbagai hal atau menyerap informasi baru. Ketika Anda tidur, otak akan memilah-milah semua informasi tersebut.

Saat tidur, otak Anda juga akan aktif memperkuat daya ingat dan melatih kemampuan yang Anda pelajari sebelumnya saat Anda masih terbangun. Otak akan memutuskan apa yang harus disimpan ke memori, dan apa yang harus dibuang.

Jadi, jika Anda sedang menghafalkan sesuatu atau mempelajari sesuatu, jangan lupa untuk tidur cukup. Kurang tidur juga dapat menimbulkan efek yang merugikan bagi kemampuan daya ingat Anda.

3. Meningkatkan Mood

Tidur memungkinkan pikiran dan tubuh untuk beristirahat. Hal ini akan menambah energi dan memberi sudut pandang yang lebih positif.

Dalam jangka panjang, manfaat tidur yang cukup akan melindungi kesehatan mental Anda. Penelitian yang dirilis dalam jurnal Sleep menunjukkan orang yang tidur 7-8 jam setiap malam memiliki tingkat depresi yang sangat rendah.

4. Mempercepat Penyembuhan Penyakit

Tidak salah jika orang sakit harus beristirahat dengan cukup. Salah satu manfaat tidur yang berguna bagi orang sakit adalah menghasilkan hormon pertumbuhan jaringan untuk memulihkan sakit, luka atau nyeri otot.  Manfaat tidur berkualitas lainnya adalah meningkatkan sel darah putih untuk menangkal virus dan bakteri.

5. Tidur dapat Menyehatkan Jantung

Manfaat tidur yang tak bisa diremehkan di antaranya adalah menurunkan tekanan darah sehingga membuat jantung lebih stabil. Selain itu, selama tidur tubuh akan mengurangi hormon kortisol pemicu stres.

Hal ini juga meminimalisir peradangan yang sering dikaitkan dengan serangan jantung, diabetes, dan penyakit serius lainnya. Anda akan merasakan manfaat tidur untuk jantung apabila Anda tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malamnya.

6. Meningkatkan Kualitas Hubungan Seksual

Bagi pasangan, menjaga hubungan pernikahan yang harmonis juga bisa diperoleh dari manfaat tidur berkualitas. Penelitian yang dilakukan oleh Journal of Sexual Medicine terhadap sejumlah wanita membuktikan bahwa adanya keterkaitan antara wanita yang tidur berkualitas dengan hasrat seksual yang sehat.

7. Membantu Pengambilan Keputusan

Sudah seharusnya orang dewasa memiliki kemampuan dalam memutuskan sesuatu. Manfaat tidur berkualitas yang bisa Anda peroleh adalah mencegah otak mengambil keputusan secara impulsif atau terburu-buru.

Setelah mengetahui berbagai manfaat tidur untuk kesehatan, Anda diharapkan untuk tidak lagi melewatkan waktu tidur Anda. Tidur yang cukup merupakan bagian dari gaya hidup yang sehat. Jangan lupa untuk rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat untuk melengkapinya.

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/discomfort-15/better-sleep/healing-power-sleep?page=1
Diakses pada Oktober 2018

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/top-health-benefits-of-a-good-nights-sleep-2223766
Diakses pada 28 Februari 2019

Health. https://www.health.com/health/gallery/0,,20459221,00.html?slide=125268#125268
Diakses pada 28 Februari 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed