logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Masalah Tidur

11 Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan yang Tak Boleh Dilewatkan

open-summary

Tidur menjadi salah satu kegiatan sangat penting bagi kesehatan tubuh. Namun, masih banyak orang yang sering kali mengabaikan manfaat tidur yang cukup di malam hari. Padahal, pentingnya tidur cukup untuk kesehatan fisik dan mental tidak boleh dilewatkan begitu saja.


close-summary

27 Nov 2018

| Nina Hertiwi Putri

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Manfaat tidur untuk kesehatan

Manfaat tidur yang cukup di malam hari baik untuk produktivitas hingga kesehatan otak dan jantung

Table of Content

  • Apa manfaat tidur cukup bagi kesehatan?
  • Aturan waktu tidur yang cukup
  • Cara memperoleh istirahat yang cukup dan berkualitas

Tidur menjadi salah satu kegiatan sangat penting bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, masih banyak orang yang sering kali mengabaikan manfaat tidur yang cukup di malam hari. Untuk itu, memahami pentingnya tidur sangat penting agar kesehatan fisik dan mental Anda senantiasa terjaga.

Advertisement

Apa manfaat tidur cukup bagi kesehatan?

Kebanyakan orang memilih tidur larut malam atau begadang sehingga meremehkan manfaat tidur teratur. 

Padahal jika sering kurang tidur di malam hari, Anda bisa menjadi sulit untuk beraktivitas pada keesokan harinya. 

Tubuh pun tidak dapat menjalankan berbagai fungsinya dengan baik sehingga berpotensi meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. Untuk itu, simak berbagai manfaat tidur cukup bagi kesehatan berikut ini. 

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat tidur yang cukup adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena saat Anda tidur, sistem imun tubuh dapat bekerja maksimal dalam memproduksi antibodi.

Antibodi sendiri adalah senyawa kimia yang dapat membantu melawan bakteri dan virus dalam tubuh. Bahkan, beberapa jenis antibodi tertentu ada yang meningkatkan sistem imun tubuh agar lebih efektif dalam melawan penyakit. 

Jika Anda kurang tidur, sistem kekebalan tidak bisa bekerja secara maksimal dalam melawan virus atau bakteri penyebab penyakit. Akibatnya, Anda akan lebih mudah terserang berbagai macam penyakit. 

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, fungsi tidur cukup juga dapat mengurangi risiko peradangan dalam tubuh. Dengan demikian, risiko kemunculan berbagai macam penyakit dapat berkurang. 

2. Mengendalikan berat badan dan nafsu makan

Ingin memiliki berat badan ideal atau sedang menurunkan berat badan? Cobalah untuk selalu memenuhi waktu tidur yang cukup di malam hari. 

Tidur malam lebih awal akan membuat Anda menghindari makan makanan tidak sehat atau camilan, seperti kue atau keripik.

Manfaat tidur dapat mengendalikan berat badan
Coba penuhi waktu tidur cukup agar berat badan bisa dikendalikan

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Clinical Nutrition and Metabolic Care membuktikan bahwa orang yang tidak cukup tidur tiap malam hari lebih berisiko mengalami berat badan berlebih atau obesitas. 

Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang dalam tubuh, yakni hormon ghrelin dan leptin. 

Saat tidur, kadar leptin dalam tubuh akan menurun sehingga merangsang sinyal kenyang ke otak. Bila waktu tidur berkurang, otak akan mengurangi kadar hormon leptin dan meningkatkan ghrelin, yakni hormon yang merangsang sinyal lapar ke otak. 

Perubahan hormon tersebut bisa membuat Anda ingin ngemil atau makan berlebihan di malam hari. 

3. Memperkuat daya ingat

Apabila akhir-akhir ini Anda sering lupa, bisa jadi kurang tidur menjadi biang keladinya. Pasalnya, memperoleh waktu tidur yang cukup dapat memperkuat daya ingat Anda, lho.

Selama beraktivitas, Anda mungkin mempelajari berbagai hal atau menyerap informasi baru. Saat tidur, otak akan memilah-milah semua informasi yang telah dipelajari tersebut.

Otak pun akan aktif memperkuat daya ingat dan melatih kemampuan yang Anda pelajari sebelumnya saat masih beraktivitas. Nantinya, otak akan memutuskan informasi mana yang harus disimpan serta mana yang harus dibuang.

Manfaat tidur teratur selama tujuh hingga delapan jam dapat membuat Anda mengalami semua tahapan tidur sehingga melancarkan proses mengingat dan berpikir kreatif.

4. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Manfaat tidur cukup bisa meningkatkan produktivitas
Jika sering kurang fokus saat bekerja bisa jadi karena kurang tidur

Anda sering merasa kurang fokus dan konsentrasi saat beraktivitas atau mengalami penurunan produktivitas? Nah, bisa jadi karena Anda kurang tidur di malam hari. 

Waktu tidur yang cukup ternyata berperan penting dalam proses belajar dan berpikir. Manfaat tidur pun telah terbukti meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan meningkatkan kinerja memori anak-anak dan orang dewasa.

Jika Anda sering kurang tidur maka kemampuan kognitif bisa mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu. Hal ini termasuk tingkat kewaspadaan, konsentrasi, nalar, serta kemampuan memecahkan masalah. 

5. Meningkatkan suasana hati (mood)

Manfaat tidur yang cukup ternyata dapat membantu meningkatkan suasana hati. Ya, beristirahat di malam hari sesuai kebutuhan dapat membuat Anda terbangun dengan lebih segar dan perasaan senang. 

Itu artinya, Anda tidak akan mudah terganggu oleh hal-hal kecil yang berisiko memperburuk suasana hati. 

6. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat istirahat cukup di malam hari dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena selama Anda tidur, tekanan darah akan menurun sehingga organ jantung dan pembuluh darah dapat beristirahat. 

Tak hanya itu, selama tidur tubuh Anda akan mengeluarkan hormon yang dapat menyehatkan organ jantung. 

Menjaga kesehatan jantung jadi manfaat tidur
Selama tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon yang menyehatkan jantung

Apabila Anda kerap kurang tidur di malam hari, risiko penyakit kardiovaskular dapat meningkat seiring berjalannya waktu. Kondisi ini dapat menjadi masalah serius bila Anda sudah memiliki riwayat penyakit jantung

Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu tidur yang cukup setiap malam agar terhindar dari penyakit kardiovaskular. 

7. Mengurangi stres

Manfaat istirahat bagi kesehatan juga mampu membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks. Jika Anda kurang tidur, tubuh akan melepas hormon stres atau kortisol. 

Stres dapat menyebabkan Anda bereaksi berlebihan terhadap sesuatu dan menurunkan produktivitas saat belajar ataupun bekerja. Terkadang, Anda pun dapat membuat keputusan secara impulsif atau terburu-buru. 

Jadi, manfaatkan waktu tidur yang cukup untuk bersantai agar tubuh juga dapat memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh dengan menghasilkan protein tertentu guna membangun sel tubuh yang lebih sehat. 

8. Mengatur metabolisme dan kadar gula darah

Manfaat tidur cukup lainnya adalah mengatur metabolisme tubuh. Apabila Anda kurang tidur, risiko kondisi kesehatan yang berkaitan dengan metabolisme, seperti lonjakan gula darah, dapat meningkat. Bagi Anda yang sudah memiliki riwayat diabetes, risiko terkena penyakit ini mungkin saja terjadi. 

9. Memperpanjang usia

Tahukah bila lama dan kualitas tidur yang cukup ternyata berperan penting dalam memperpanjang usia Anda? 

Ya, semakin sedikit waktu tidur di malam hari, semakin besar pula risiko mengalami kematian dini. 

Selain itu, mengurangi waktu tidur menjadi lima jam atau kurang dari itu dapat meningkatkan risiko kematian lebih cepat. Itu artinya, manfaat tidur teratur dapat memperpanjang usia seseorang. 

10. Menyehatkan kulit

Manfaat tidur yang cukup bagi kulit
Tidur yang cukup bisa mengurangi masalah kulit

Manfaat istirahat cukup di malam hari juga menyentuh sisi kesehatan kulit. Sebab saat Anda tidur, tubuh akan memproduksi kolagen yang baru dan segar. Kolagen merupakan protein yang akan menjaga kulit Anda tetap kencang, kenyal, dan awet muda. 

Jika kurang tidur, kolagen dan asam hialuronat yang terdapat di kulit akan pecah. Padahal, kedua komponen ini yang berperan penting agar kulit dapat berkilau, kenyal, dan cerah.

Bila Anda sering tidur selama lima jam atau kurang dari itu, tanda-tanda penuaan, termasuk garis-garis halus dan lingkaran hitam di area bawah mata akan lebih cepat muncul. 

11. Meningkatkan gairah seksual

Bagi pasangan suami istri, menjaga hubungan pernikahan yang harmonis juga bisa diperoleh dari manfaat tidur yang cukup. 

Para ahli percaya, kurang tidur menyebabkan penurunan libido sekaligus mengurangi keinginan untuk berhubungan seksual. 

Hal tersebut mungkin dapat terjadi akibat rasa kantuk dan energi yang terkuras akibat kurang tidur di malam hari.

BACA JUGA: Manfaat Tidur Siang dan Aturan Durasinya yang Tepat

Aturan waktu tidur yang cukup

Untuk memperoleh manfaat istirahat cukup di atas secara maksimal, pastikan tidur sesuai jumlah jam yang direkomendasikan. 

Berikut adalah aturan waktu tidur yang baik menurut National Sleep Foundation sesuai dengan kelompok usia:

  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam setiap hari
  • Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam setiap hari.
  • Balita (1-2 tahun): 11-14 jam setiap hari.
  • Prasekolah (3-5 tahun): 10-13 jam setiap hari.
  • Usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam setiap hari.
  • Dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam setiap hari.
  • Dewasa (26-64 tahun): 7-9 jam setiap hari.
  • Lansia (65 tahun ke atas): 7-8 jam setiap hari.

Cara memperoleh istirahat yang cukup dan berkualitas

Manfaat tidur cukup dan berkualitas
Buat jadwal tidur teratur agar manfaatnya terasa optimal

Seseorang bisa saja tidak dapat memenuhi waktu tidur yang cukup dan berkualitas karena harus mengerjakan deadline tugas atau pekerjaan, sedang cemas atau gelisah, stres, atau asyik bermain gadget

Untuk memperoleh tidur yang cukup dan berkualitas, Anda bisa menerapkan beberapa hal di bawah ini. 

  • Buat jadwal tidur teratur, yakni mulai memejamkan dan membuka mata pada waktu yang sama setiap hari.
  • Ciptakan suasana yang nyaman, misalnya dengan mengatur suhu kamar agar sejuk, dan mematikan lampu.
  • Letakkan atau simpan gadget 1.5 jam sebelum memasuki waktu tidur. 
  • Hindari konsumsi kafein dan alkohol mendekati jam tidur.
  • Lakukan olahraga secara rutin dan teratur. Namun, pastikan waktu berolahraga tidak terlalu dekat dengan waktu tidur karena efeknya dapat membuat Anda terjaga.
  • Hindari stres. Mengalami stres setelah melakukan aktivitas yang berat sering kali membuat Anda susah tidur. Untuk itu, Anda dapat melakukan yoga, meditasi, pijat, atau menghirup aroma terapi untuk mengurangi stres.

Baca Juga

  • Jaga Produktivitas dengan 11 Tips Tidur Berkualitas Ini
  • Tidur Bersama Kucing, Sehatkah?
  • Penyebab Sering Mengantuk Bisa Jadi Narkolepsi, Ini Penjelasannya

Setelah mengetahui berbagai manfaat tidur cukup untuk kesehatan, Anda diharapkan untuk tidak lagi melewatkan waktu tidur. 

Tidur yang cukup merupakan bagian dari gaya hidup yang sehat. Jangan lupa juga agar rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat guna menyempurnakannya. 

Jika masih punya pertanyaan seputar manfaat istirahat bagi tubuh, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasinya terlebih dulu melalui App Store dan Google Play.

Advertisement

tidurmanfaat tidurwaktu tidurtidur siang

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved