Ada segudang manfaat sepeda statis yang baik bagi kesehatan
Salah satu manfaat sepeda statis yang luar biasa, yaitu dapat mengurangi stres

Dewasa ini, bersepeda menjadi kegiatan olahraga yang digemari oleh banyak orang. Tak hanya di jalan, mengayuh sepeda juga dapat dilakukan di rumah atau di pusat kebugaran dengan menggunakan sepeda statis.

Tak kalah dengan sepeda biasa, terdapat beragam manfaat sepeda statis yang baik untuk kesehatan. Jenis olahraga ini bahkan minim risiko sehingga aman dan mudah untuk dilakukan kapan saja. Apa saja manfaatnya?

Manfaat sepeda statis untuk kesehatan

Sepeda statis memungkinkan Anda tetap dapat berolahraga di dalam ruangan. Kecepatan mengayuh pun dapat disesuaikan dengan kenyamanan Anda. Anda juga dapat mengayuh sepeda statis sambil menonton TV atau mendengarkan musik sehingga tak akan merasa bosan. 

Tidak mengherankan jika sebagian orang sangat menyukai olahraga yang satu ini. Di samping menyenangkan, mengendarai sepeda statis juga dapat memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat sepeda statis yang bisa Anda peroleh, antara lain:

  • Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda ingin membakar kalori dan lemak dengan cepat, maka latihan sepeda statis bisa menjadi pilihan yang tepat. Mengayuh sepeda statis dapat membakar lebih dari 6000 kalori per jam. Banyaknya kalori yang terbakar bisa membantu Anda menurunkan berat badan dengan baik. Namun, hal ini juga bergantung pada intensitas latihan dan berat badan yang Anda miliki.

  • Memperkuat otot tubuh

Mengendarai sepeda statis dapat membantu membangun kekuatan otot tubuh. Gerakan mengayuh yang dilakukan bisa memperkuat otot betis, paha, perut, bahkan punggung. Apalagi jika sepeda tersebut memiliki pegangan, maka dapat melatih otot bisep, trisep, dan bahu menjadi lebih kuat.

  • Mengurangi stres

Latihan sepeda statis dapat mengurangi stres dan merangsang pelepasan hormon serotonin. Hormon ini bermanfaat dalam mengelola suasana hati. Latihan ini juga dapat memicu tubuh memproduksi endorfin yang mampu meningkatkan rasa bahagia dan nyaman.

  • Menguatkan jantung

Bersepeda, termasuk sepeda statis, dapat membuat jantung Anda terpompa dan bekerja lebih keras untuk memenuhi permintaan oksigen. Hal ini tentu bisa menguatkan jantung dan meningkatkan aliran darah serta oksigen ke seluruh tubuh.

  • Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Latihan kardio secara teratur, termasuk latihan sepeda statis, telah terbukti menurunkan risiko diabetes tipe 2 secara signifikan. Latihan tersebut dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah dan membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin. 

  • Mempercepat pemulihan setelah cedera

Cedera dapat membuat otot melemah dan membuatnya sulit berolahraga. Namun, olahraga sepeda statis bisa Anda lakukan jika mengalami cedera ringan. Olahraga ini dapat meningkatkan aliran darah ke area yang cedera sehingga membuatnya lebih cepat pulih. Selain itu, latihan ini juga dapat mempertahankan kekuatan tubuh.

  • Meningkatkan fungsi otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sepeda statis dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif, memori, dan fokus otak. Hormon-hormon baik yang dilepaskan selama latihan bersepeda memainkan peran penting terhadap manfaat ini.

Tips aman melakukan olahraga sepeda statis

Berbeda dengan bersepeda biasa, latihan sepeda statis di dalam ruangan membuat Anda tak perlu khawatir dengan kondisi jalan maupun cuaca. Anda pun dapat berolahraga dengan aman pada suhu yang nyaman. 

Selain itu, olahraga sepeda statis juga tak memberi banyak tekanan pada tulang dan sendi Anda. Hal ini menjadikannya sebagai latihan yang baik untuk orang yang sendinya bermasalah atau cedera, agar segera pulih. 

Meski demikian, sepeda statis juga bisa menimbulkan risiko yang sangat minim, seperti kelelahan otot akibat gerakan berulang atau tak sengaja jatuh dari sepeda. Oleh sebab itu, jika Anda tertarik melakukan latihan sepeda statis, ikuti tips aman berikut ini:

  • Pastikan kondisi Anda aman untuk melakukan latihan ini. Jika Anda memiliki riwayat hipertensi atau masalah jantung, sebelum mulai berolahraga sebaiknya konsultasikan pada dokter.
  • Posisikan tubuh dengan benar dan gunakan sepeda statis dengan tepat. Jika Anda tidak tahu cara menggunaknnya, Anda dapat meminta bantuan pelatih di pusat kebugaran.
  • Jangan memforsir tubuh dan berilah jeda waktu istirahat di sela-sela latihan. Sebab, memaksakan diri terlalu keras bisa membahayakan diri Anda.
  • Minum air putih dengan cukup. Meski fokus latihan, Anda tetap harus banyak minum air putih untuk menggantikan cairan yang terbuang. Jangan biarkan diri Anda dehidrasi sehingga merasa kehausan, pusing, penglihatan kabur, dan sebagainya.

Lakukan olahraga ini secara rutin untuk merasakan manfaat sepeda statis di atas. Selamat mencoba!

Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/stationary-bike-workout#benefits
Diakses pada 22 Januari 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/81995-stationary-bike-benefits/
Diakses pada 22 Januari 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-health-benefits-of-using-an-exercise-cycle/#gref
Diakses pada 22 Januari 2020
Health Trends. https://healthtrends.com/stationary-bike/
Diakses pada 22 Januari 2020

Artikel Terkait