7 Manfaat Olahraga Gulat yang Baik untuk Membakar Kalori


Olahraga gulat sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Olahraga ini bermanfaat mengasah kekuatan mental, mengembangkan sikap menghormati lawan, hingga meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh.

0,0
26 Aug 2021|Azelia Trifiana
Olahraga gulatOlahraga gulat
Olahraga gulat termasuk salah satu yang tertua di dunia. Sistemnya adalah adu kemampuan antara dua orang dengan tujuan menjatuhkan atau melempar lawan ke matras. Kedua atlet berusaha menekan pundak lawan ke matras. Pada jenis gulat bebas, bagian tubuh manapun bisa digunakan.Untuk bisa memenangkan gulat, kuncinya ada pada kekuatan dan teknik. Makin lihai seorang atlet, tentu kian besar kemungkinan menjatuhkan lawan ke matras atau fall. Jika tidak ada yang terjatuh hingga akhir pertandingan, pemenang adalah yang bisa membuat lawan berada di posisi sulit.

Mengenal sejarah gulat

Olahraga gulat telah menjadi bagian dari Olimpiade sejak tahun 708 Sebelum Masehi. Kemudian pada tahun 1896 di Athena, gulat gaya Greco-Roman diperkenalkan. Delapan tahun kemudian, gulat bebas atau freestyle wrestling diperkenalkan di Olimpiade Musim Panas di St. Louis, Missouri, AS.Dalam pertandingan, pegulat akan bertarung di atas matras bulat berdiameter sembilan meter. Ada dua periode yang masing-masing berlangsung selama tiga menit. Jeda di antaranya adalah 30 detik.Untuk menang, seorang atlet gulat harus menjatuhkan kedua pundak lawan ke matras selama satu detik. Jika ini terjadi, pertandingan berakhir dan disebut “fall”.Selain itu, gulat Greco-Roman juga memiliki aturan permainan berakhir ketika ada perbedaan delapan poin. Sementara pada gulat gaya bebas, selisih poin yang diperlukan adalah 10.Setiap teknik yang dilakukan pegulat akan menentukan poin yang diperolehnya. Sebagai contoh, mendorong lawan keluar dari matras akan mendapatkan satu poin. Mendorong lawan hingga punggungnya menyentuh matras akan mendapat dua poin, dan seterusnya.Di dunia, atlet asal Rusia, Iran, dan AS mengharumkan negaranya untuk kategori gulat gaya bebas. Sementara di kategori gulat perempuan, Jepang adalah negara yang paling dominan menjuarai berbagai kompetisi. Dalam empat Olimpiade, Jepang menyabet 11 dari 18 medali emas yang ada.

Manfaat olahraga gulat

Tentu saja, perlu teknik dan kekuatan dinamis demi bisa menaklukkan lawan dalam pertandingan gulat. Popularitas olahraga satu ini bukan hanya menghipnotis mereka yang menyaksikan, namun juga memberikan manfaat bagi pemainnya.Beberapa manfaat olahraga gulat di antaranya:

1. Mengasah kekuatan mental

Untuk bisa memenangkan pertandingan, pemain gulat harus luar biasa fokus. Dengan demikian, mereka bisa bereaksi dengan cepat sekaligus melakukan gerakan yang terkalkulasi. Dalam jangka panjang, tak heran jika pegulat menjadi orang yang fokus.Bukan hanya fungsi kognitifnya waspada, kesehatan mental juga medapat manfaat. Mereka menjadi lebih tangguh, disiplin, dan juga percaya diri demi bisa menjadi atlet yang andal.

2. Sikap hormat terhadap lawan

Meski tujuan dari kompetisi adalah menjatuhkan lawan, namun di luar arena mereka saling menghormati. Nilai-nilai inilah yang menjadi hal positif dari olahraga gulat. Bahkan meski pertandingan tidak berakhir dengan kemenangan sekalipun, pemain gulat tetap respek kepada pihak lawan.

3. Olahraga seluruh tubuh

Olahraga gulat adalah full-body workout dan mengaktifkan seluruh kelompok otot. Jadi, bukan hanya berfokus pada salah satu atau beberapa kelompok otot saja.Tubuh pemain gulat terus bergerak, mendorong, dan menarik ke berbagai arah. Bahkan, bisa jadi pemain bahkan menyadari ada kinerja dari otot yang selama ini belum banyak dieksplorasi. Seluruh otot jadi seimbang mengingat pemain gulat juga selalu rutin berlatih.

4. Jadi olahraga cardio

Bergulat juga bisa jadi alternatif cardio dengan cara seru. Detak jantung pasti menjadi lebih cepat mengingat intensitas dari gerakannya cukup tinggi. Tidak ada lagi kata bosan saat melakukannya. Dipadukan dengan kegigihan pikiran untuk terus berlanjut, Anda bisa berolahraga hingga batas cardio tubuh masing-masing.

5. Lebih kuat

Kekuatan dan kecepatan bergerak seorang pemain gulat tentu akan menjadi makin baik seiring dengan konsistensi berlatih. Gerakan demi gerakan cepat serta pendek dalam wrestling akan meningkatkan kapasitas paru dan jantung sehat.Ketika bergulat, jantung bekerja keras untuk memompa darah dan oksigen ke otot. Tentu saja, dengan cara ini maka kekuatan dan daya tahan tubuh menjadi semakin unggul.

6. Membakar kalori

Bergulat dapat membakar kalori cukup tinggi, yaitu 400 kalori hanya dalam pertandingan selama enam menit. Tingkat metabolisme juga melejit sehingga ketika pertandingan berakhir pun, tubuh masih membakar kalori. Ini berkaitan erat dengan gerakan berintensitas tinggi yang dilakukan selama melakukan olahraga gulat.

7. Gaya hidup lebih sehat

Sebagian besar pegulat juga memadukan gaya hidup sehat dalam keseharian mereka. Sebab demi bisa mempersembahkan performa maksimal, tentu perlu menjaga pola makan dan juga menghindari kebiasaan buruk seperti minum alkohol.

Catatan dari SehatQ

Tidak terbantahkan lagi bahwa apabila latihan konsisten dipadukan dengan gaya hidup baik akan menghasilkan tubuh sehat. Ini manfaat utama yang bisa diperoleh pemain gulat.Memang tidak semua orang menekuni olahraga ini. Bagi yang ingin memulai pun, pastikan tahu betul aturan main serta risiko yang mungkin terjadi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar olahraga lain yang dapat membakar banyak kalori dalam durasi singkat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragahidup sehat
Olympics. https://olympics.com/tokyo-2020/en/sports/wrestling/
Diakses pada 12 Agustus 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/153390
Diakses pada 12 Agustus 2021
Fitness Quest. https://www.fitnessquest.com/7-awesome-health-benefits-of-wrestling/
Diakses pada 12 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait