7 Manfaat Masker Pisang dan Cara Membuatnya di Rumah

Menghilangkan jerawat juga menjadi manfaat masker pisang, yang digemari banyak orang
Salah satu manfaat masker pisang adalah mencegah keriput yang timbul di wajah

Tidak heran jika banyak orang yang percaya, bahwa pisang bisa mempercantik kulit. Bayangkan saja, buah berwarna kuning ini, menjadi salah satu sumber kalium dan serat yang sangat "laku" di dunia kecantikan. Bahkan, pisang bisa dijadikan masker, untuk kesehatan wajah. Memangnya, apa saja manfaat masker pisang itu?

Manfaat masker pisang dan penjelasan ilmiahnya

Manfaat pisang, dapat dirasakan, tidak hanya dengan memakannya. Menjadikannya masker untuk wajah, dipercaya memiliki manfaat yang menguntungkan, untuk kesehatan kulit.

Walau demikian, Anda harus memahami dulu, kandungan nutrisi yang dimiliki pisang. Sebab, banyak manfaat masker pisang, yang masih memerlukan penelitian lebih lanjut, untuk dibuktikan kebenarannya.

Namun, pisang memang memiliki beberapa nutrisi penting berikut ini, yang dipercaya bisa menyehatkan kulit:

  • Kalium
  • Vitamin B-6
  • Vitamin C
  • Vitamin A

Jika sudah memahami beberapa nutrisi penting pisang di atas, mari kenali manfaat masker pisang, beserta penjelasan ilmiahnya ini:

1. Mengurangi kerutan

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kolagen. Jika hal itu terjadi, kulit akan kendur, sehingga menimbulkan kerutan.

Pisang mengandung silica, sebuah senyawa kimia yang dipercaya bisa meningkatkan kolagen, di kulit. Sehingga, kerutan yang muncul, bisa dikurangi. Namun, studi lebih lanjut, masih diperlukan untuk membuktikan kebenarannya.

2. Membuat kulit “bercahaya”

Pisang
Manfaat masker pisang bisa buat wajah "bercahaya"

Antioksidan dikenal sebagai molekul, yang sering menjadi bahan-bahan kecantikan kulit, dan digunakan secara topikal (dioles). Sementara itu, pisang memiliki banyak antioksidan, yang menjadikan buah ini dipercaya sebagai bahan masker wajah.

Antioksidan dianggap bisa mengatasi radikal bebas, yang ada di dalam tubuh. Mengoleskan antioksidan ke kulit, dianggap mampu menjaga kulit dari kerusakan radikal bebas.

Tidak hanya itu, antioksidan dalam pisang, disebut bisa membuat kulit lebih “bersinar”. Lagi-lagi, manfaat masker pisang yang satu ini, masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Menghilangkan jerawat

Bahan-bahan alami seperti tea tree oil, benzoil peroksida, hingga asam salsilat, dikenal bisa menghilangkan jerawat. Ternyata, manfaat masker pisang, juga digadang-gadang, bisa menjaga kulit wajah dari jerawat, seperti halnya bahan-bahan alami tersebut.

Peradangan menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di kulit wajah. Maka dari itu, “tugas” masker pisang adalah mengurangi peradangan itu, dengan kandungan vitamin A di dalamnya. Fenolik (senyawa alami) pada pisang juga mengandung antimikroba, untuk mengobati jerawat.

Perlu diketahui, vitamin A memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, jika tubuh “overdosis” vitamin A, kondisi hipervitaminosis A, bisa muncul. Gejala seperti gangguan penglihatan, perubahan pada kulit, dan sakit tulang, bisa terjadi. Bahkan, penyakit mengerikan seperti kerusakan hati, bisa menyerang.

4. Menghilangan bekas luka jerawat

Manfaat pisang
Masker pisang disebut bisa hilangkan jerawat

Bekas luka jerawat, terkadang sangat mengganggu penampilan. Bahkan, ada beberapa luka jerawat, yang sangat nampak, sehingga tidak bisa “ditutupi”.

Manfaat masker pisang diklaim bisa menghilangkan bercak gelap (hiperpigmentasi). Sebab, pisang mengandung komponen vitamin A dan C, yang dipercaya mampu menghilangkan bekas luka jerawat.

5. Menjaga kulit dari sinar matahari

Terlalu lama terpapar sinar ultraviolet (UV) dari matahari, bisa menyebabkan kerusakan kulit. Bahkan, risiko kanker kulit, juga mengintai.

Manfaat masker pisang, disebut bisa meningkatkan kemampuan kulit, untuk mencegah kerusakan, akibat terpapar sinar matahari. Berterima kasihlah pada kandungan vitamin A, E, dan C, yang dimiliki pisang.

6. Mencegah muka kering

Kalium adalah zat mineral penting yang dipercaya menjadi faktor pelembap alami (natural moisturizing factor). Tidak heran kalau pisang dipercaya bisa mencegah kekeringan pada wajah.

Selain itu, orang dengan kondisi kulit kering karena penyakit dermatitis atopik, diketahui memiliki kadar kalium yang rendah, di dalam tubuhnya. Pisang dipercaya bisa mengatasi kondisi tersebut, dengan kemampuannya dalam melembapkan kulit wajah kering, secara alami.

7. Mengatasi wajah berminyak

Sebal dengan wajah berminyak, yang mengganggu penampilan? Masker pisang ternyata bisa mengatasi keluhan tersebut. Sebab, kandungan kalium, vitamin E, dan vitamin C-nya, bisa melembapkan kulit kering dan berminyak.

Cara membuat masker dari pisang

Bahan utama dari masker pisang adalah, pisang yang dihaluskan. Anda juga bisa berkreasi, dan menambahkan bahan alami lainnya, untuk menambah manfaat kesehatannya. Bahan-bahan alami di bawah ini, bisa Anda campurkan dengan masker pisang:

  • Madu, untuk kulit kering, berminyak, dan obati jerawat
  • Perasan lemon dan jeruk, untuk mengobati luka
  • Alpukat yang dihaluskan, untuk melembapkan kulit
  • Yogurt, untuk melembapkan kulit
  • Bubuk kunyit, untuk mengurangi bintik hitam dan jerawat, serta meningkatkan kecerahan kulit

Setelah Anda memiliki bahan-bahan yang ingin digunakan, lakukan cara membuat masker dari pisang dan menggunakannya, di bawah ini:

  1. Campurkan semua bahan di dalam mangkuk, tambahkan sedikit air untuk menciptakan tekstur yang lebih tebal.
  2. Pastikan wajah bersih dari rambut.
  3. Oleskan masker ke kulit yang sudah bersih dan kering. Ratakan ke seluruh bagian wajah.
  4. Biarkan hingga 10-15 menit, sebelum Anda membilasnya dengan air hangat.
  5. Tepuk-tepuk kulit hingga kering, dan gunakanlah pelembap.
  6. Lakukan sebanyak 2-3 kali dalam waktu seminggu.

Itulah manfaat masker pisang beserta penjelasan ilmiahnya. Walau begitu menggoda, Anda harus tahu bahwa masih diperlukan studi lebih lanjut, untuk membuktikan manfaat masker pisang.

Risiko dan efek samping masker pisang

Perlu diingat, sebelum Anda mencoba masker pisang, ketahuilah bahwa ada potensi efek samping, yang bisa Anda rasakan, terutama jika memiliki alergi pisang.

Beberapa gejala alergi pisang, dapat dilihat dari adanya kulit yang gatal, ruam merah, kulit yang bengkak, bersin, hingga mengi (suara bernada tinggi saat napas).

Bahkan, alergi pisang yang parah, bisa menimbulkan kondisi mematikan, yakni anafilaksis. Gejalanya meliputi sesak napas, pembengkakan di wajah, hingga pingsan.

Maka dari itu, periksalah kesehatan tubuh Anda, ke dokter, sebelum menggunakan masker pisang. Sebab, dokter bisa mencari tahu adanya alergi, terhadap buah-buahan seperti pisang. Jangan ambil risiko dan menggunakan masker pisang, tanpa adanya pantauan dari dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/health/banana-face-mask
Diakses pada 16 Januari 2020

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/antioxidants-for-skin-health-4587778
Diakses pada 16 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322238.php
Diakses pada 16 Januari 2020

Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/sun-safety.html
Diakses pada 16 Januari 2020

Derm Collective. https://dermcollective.com/banana-face-mask/
Diakses pada 16 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed