11 Manfaat Masker Pisang untuk Wajah dan Cara Membuatnya di Rumah

(0)
16 Jan 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat masker pisang untuk wajah adalah menghilangkan jerawatManfaat masker pisang untuk wajah bisa didapat dengan cara menghaluskan buah pisang
Tak hanya baik untuk kesehatan, nyatanya banyak orang percaya kalau masker pisang dapat mempercantik kulit. Bahkan, tak sedikit yang mencoba manfaat masker pisang untuk wajah. Memangnya, apa saja manfaat masker pisang itu? 

Manfaat masker pisang untuk wajah hingga rambut

Manfaat pisang untuk kesehatan ternyata tidak hanya dapat dirasakan hanya dengan mengonsumsinya. Pasalnya, masker pisang dipercaya memiliki manfaat yang menguntungkan untuk kesehatan kulit. Walau demikian, perlu diketahui bahwa masih banyak manfaat masker pisang untuk wajah yang masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna melihat efektivitasnya. Kandungan pisang sendiri memiliki beberapa nutrisi penting yang dipercaya dapat menyehatkan kulit, seperti 
  • Kalium
  • Vitamin B-6
  • Vitamin C
  • Vitamin A
Jika sudah memahami beberapa nutrisi penting pisang di atas, mari kenali manfaat masker pisang, beserta penjelasan ilmiahnya ini:

1. Mengurangi kerutan

Manfaat masker pisang untuk wajah adalah mengurangi kerutan
Usia bertambah membuat kulit jadi kendur
Salah satu manfaat masker pisang untuk wajah adalah mengurangi kerutan. Seiring bertambahnya usia Anda, kulit akan kehilangan kolagen. Jika hal itu terjadi, kulit bisa kendur sehingga menimbulkan kerutan.Pisang mengandung silica, yakni sebuah senyawa kimia yang dipercaya bisa meningkatkan kolagen pada kulit. Dengan demikian, kerutan yang muncul dapat dikurangi. Namun, studi lebih lanjut, masih diperlukan untuk membuktikan kebenarannya.

2. Membuat kulit “bercahaya”

Manfaat masker pisang untuk wajah berikutnya adalah membuat kulit tampak cerah atau bercahaya. Hal ini berkat kandungan antioksidan yang tinggi dalam pisang sehingga membuatnya menjadi salah satu jenis buah yang bagus untuk masker wajah alami.Antioksidan dikenal sebagai molekul yang sering dijadikan sebagai komposisi bahan kecantikan kulit.Manfaat antioksidan dianggap dapat menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Jika masker pisang dioleskan ke wajah, maka diyakini mampu menjaga kulit dari kerusakan radikal bebas tersebut.Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam pisang disebut-sebut dapat membuat kulit lebih bercahaya. Akan tetapi, manfaat masker pisang untuk wajah satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna melihat keefektifannya. 

3. Menghilangkan jerawat

Menghilangkan jerawat jadi manfaat masker pisang untuk wajah
Jerawat dapat dihilangkan dengan mengoleskan masker pisang
Bahan-bahan alami seperti tea tree oil, benzoil peroksida, hingga asam salisilat, memang dikenal untuk menghilangkan jerawatNamun, sudah tahukah Anda bahwa manfaat masker pisang untuk wajah juga dapat menghilangkan jerawat, seperti halnya bahan-bahan alami di atas?Peradangan menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat di kulit wajah. Maka dari itu, manfaat masker pisang adalah mengurangi peradangan berkat kandungan vitamin A di dalamnya. Kandungan fenolik (senyawa alami) pada pisang juga mengandung antimikroba untuk mengobati jerawat.

4. Menghilangkan bekas luka jerawat

Adanya bekas luka jerawat tentu sangat mengganggu penampilan. Bahkan, ada beberapa luka jerawat yang sangat terlihat sehingga tidak dapat disamarkan.Manfaat masker pisang untuk wajah diklaim bisa menghilangkan bekas noda jerawat. Pasalnya, pisang mengandung komponen vitamin A dan C yang dipercaya mampu menghilangkan bekas luka jerawat.

5. Melindungi kulit dari sinar matahari

Manfaat masker pisang untuk wajah dapat melindungi kulit dari sinar matahari
Masker pisang dapat mencegah kulit dari kerusakan
Terlalu lama terpapar sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit. Bahkan, risiko kanker kulit juga mungkin mengintai karenanya.Manfaat masker pisang untuk wajah diyakini dapat memperbaiki kulit serta mencegah kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari serta mencegah kerusakan. Manfaat masker pisang di atas dapat muncul berkat kandungan vitamin A, E, dan C di dalamnya. 

6. Mencegah wajah kering

Kalium adalah zat mineral penting yang dipercaya menjadi faktor pelembap alami kulit. Tidak heran kalau manfaat masker pisang dipercaya dapat mencegah kulit kering. Orang dengan kondisi kulit kering akibat penyakit dermatitis atopik diketahui memiliki kadar kalium yang rendah di dalam tubuhnya. Nah, manfaat masker pisang dipercaya dapat mengatasi kondisi tersebut dengan cara melembapkan kulit kering secara alami.

7. Mengatasi wajah berminyak

Mengatasi kulit berminyak dapat menjadi manfaat masker pisang untuk wajah
Cara mengatasi kulit berminyak bisa dengan masker pisang
Kesal dengan wajah berminyak yang dapat mengganggu penampilan? Manfaat masker pisang untuk wajah ternyata dapat mengatasi keluhan tersebut. Kandungan kalium, vitamin E, dan vitamin C mampu membuat kulit berminyak terasa lebih lembap.

8. Mencegah penuaan dini

Manfaat masker pisang untuk wajah berikutnya adalah dapat mencegah kerutan dan menjaga kulit tetap kencang. Pisang mengandung vitamin A dan E yang baik untuk kesehatan kulit. Keduanya dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas.Cara membuat masker pisang untuk manfaat satu ini adalah dengan mencampurkan halusan pisang dan alpukat.Kemudian, oleskan pada permukaan wajah selama 20 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air sampai bersih.

9. Melembapkan kulit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa pisang dapat bertindak sebagai pelembap alami wajah. Ya, selain lezat, pisang juga mengandung vitamin A yang mampu melembapkan kulit wajah yang kering.Cara membuat masker dari pisang untuk wajah yang lembap adalah dengan menumbuk pisang sampai halus. Lalu, oleskan pada permukaan wajah dan diamkan selama 20-25 menit. Selanjutnya, bersihkan wajah dengan air sampai tak ada lagi masker pisang yang menempel.

10. Merangsang pertumbuhan rambut

Selain untuk kulit, manfaat masker pisang juga dapat digunakan pada helaian rambut. Manfaat masker pisang untuk rambut berasal dari kandungan antioksidan yang dapat mencegah stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.Dengan demikian, folikel rambut bisa lebih kuat dan subur. 

11. Mencegah ketombe membandel

Masker pisang untuk rambut juga dipercaya dapat mencegah ketombe yang membandel. Beberapa hasil penelitian terkini membuktikan bahwa pisang mengandung antioksidan dan senyawa antibakteri yang dapat mencegah munculnya ketombe.

Cara membuat masker dari pisang

Setelah mengetahui manfaat masker pisang untuk wajah di atas, Anda mungkin jadi tertarik untuk mencobanya di rumah.Pada dasarnya, bahan utama untuk membuat masker pisang adalah buah pisang yang dihaluskan. 
Manfaat masker pisang untuk wajah bisa didapat dengan cara menghaluskannya
Haluskan pisang terlebih dahulu sebelum membuat masker pisang untuk wajah
Anda juga dapat berkreasi sekaligus menambahkan bahan alami lainnya guna mengoptimalkan manfaat masker pisang untuk wajah. Bahan-bahan alami di bawah ini bisa Anda campurkan dengan masker pisang, misalnya:
  • Madu, untuk mengatasi kulit kering, berminyak, dan mengobati jerawat
  • Perasan lemon dan jeruk, untuk mengobati luka
  • Alpukat, untuk melembapkan kulit
  • Yogurt, untuk melembapkan kulit
  • Bubuk kunyit, untuk mengurangi bintik-bintik hitam dan jerawat, serta meningkatkan kecerahan kulit
Setelah Anda memiliki bahan-bahan yang ingin digunakan untuk membuat masker pisang, lakukan cara membuat masker dari pisang dan cara menggunakannya di bawah ini:
  1. Campurkan semua bahan untuk membuat masker pisang di dalam mangkuk, tambahkan sedikit air untuk mendapatkan tekstur yang lebih tebal.
  2. Pastikan wajah Anda sudah dalam kondisi bersih dengan cara membersihkannya terlebih dulu.
  3. Oleskan masker pisang ke permukaan kulit wajah. Ratakan ke seluruh bagian wajah, tetapi hindari area mata dan bibir.
  4. Diamkan hingga mengering selama 10-15 menit.
  5. Jika sudah, bilas wajah menggunakan air hangat. Lakukan sampai bersih
  6. Tepuk-tepuk kulit hingga kering, dan gunakanlah pelembap sesudahnya. 
  7. Lakukan sebanyak 2-3 kali dalam waktu seminggu.
Itulah cara membuat masker pisang yang bisa Anda coba di rumah. Mudah bukan membuatnya?

Risiko dan efek samping masker pisang

Sebelum mencoba manfaat masker pisang untuk wajah, perlu diingat bahwa ada potensi efek samping yang bisa Anda rasakan. Terutama, jika Anda memiliki alergi pisang.Beberapa gejala alergi pisang, dapat dilihat dari munculnya kulit gatal, ruam merah, kulit bengkak, bersin, hingga mengi (suara bernada tinggi saat napas).Bahkan, alergi pisang yang parah dapat menimbulkan kondisi yang mengancam nyawa yang dikenal dengan syok anafilaksis. Gejalanya, meliputi sesak napas, pembengkakan di wajah, hingga pingsan.Maka dari itu, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum memutuskan menggunakan masker pisang untuk kulit. Dengan ini, dokter dapat memberikan rekomendasi apakah Anda bisa merasakan manfaat masker pisang untuk kulit wajah atau tidak. Jadi, jangan ambil risiko dan menggunakan masker pisang tanpa adanya pantauan dari dokter.Penasaran ingin coba manfaat masker pisang untuk wajah? Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanhidup sehatbuah dan sayuranmasker wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/banana-face-mask
Diakses pada 16 Januari 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/antioxidants-for-skin-health-4587778
Diakses pada 16 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322238.php
Diakses pada 16 Januari 2020
Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/sun-safety.html
Diakses pada 16 Januari 2020
Derm Collective. https://dermcollective.com/banana-face-mask/
Diakses pada 16 Januari 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-and-uses-of-using-banana-for-skin-and-hair/
Diakses pada 20 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/banana-hair-mask#benefits
Diakses pada 24 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait