7 Manfaat Masker Alpukat yang Bisa Cerahkan Wajah

Pelembap alami, itulah salah satu manfaat masker alpukat yang dicari-cari.
Salah satu manfaat masker alpukat adalah mencegah penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis.

Manfaat masker alpukat tentunya sungguh menggoda bagi para pencinta masker wajah alami. Tidak hanya kaya akan zat-zat esensial untuk kebugaran tubuh, ternyata alpukat juga mengandung banyak nutrisi yang bisa menyehatkan kulit wajah. Apa saja manfaat masker alpukat yang populer di dunia kecantikan itu?

Manfaat masker alpukat untuk wajah yang bersinar

Buah alpukat
Selain enak dimakan, alpukat juga bermanfaat untuk wajah

Stroberi, lemon, pepaya, tomat, hingga pisang menjadi segelintir buah-buahan yang sering dijadikan masker wajah. Bagaimana dengan alpukat? Apakah manfaat buah dengan daging berwarna kuning dan hijau ini, juga memiliki manfaat untuk kecantikan yang sama dengan buah-buahan yang lain?

1. Sebagai pelembap alami

Manfaat masker alpukat yang pertama dapat dirasakan dari kandungan antioksidannya, seperti beta karoten, lesitin, asam linolenat, dan asam linoleat. Ketiga zat antioksidan ini mampu melembapkan kulit yang kering, bersisik, atau bahkan pecah-pecah.

Jika memiliki wajah kering karena polusi atau kekurangan cairan, masker alpukat bisa sangat berguna untuk kecantikan wajah. Tidak hanya itu, manfaat masker minyak juga bisa menghilangkan wajah berminyak.

2. Mencegah penuaan dini

Masker alpukat juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Sebab, alpukat adalah buah super yang mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C dan E. Kedua vitamin ini dikenal bisa mencegah kulit dari radikal bebas.

Perlu diketahui, radikal bebas bisa membuat penuaan dini pada kulit Anda. Maka dari itu, manfaat masker alpukat sangatlah dibutuhkan bagi kulit untuk mencegah penuaan dini.

Selain itu, sebuah penelitian juga memperkuat hasil riset terdahulu yang membuktikan manfaat masker alpukat untuk mencegah penuaan dini. Sebab, asam folat pada alpukat bisa mendukung kepadatan serat kolagen. Jika kolagen menipis, kulit pun akan keriput dan mengendur.

3. Menyembuhkan jerawat

Jerawat yang timbul di wajah dapat disebabkan oleh bakteri. Itulah sebabnya, masker alpukat juga berpotensi mengatasi masalah jerawat.

Alpukat mengandung asam laurat, yang memiliki sifat antiperadangan dan antimikroba. Tidak heran kalau dunia kecantikan sangat percaya bahwa masker alpukat bisa menghilangkan jerawat.

4. Menghaluskan kulit wajah

Alpukat mengandung banyak asam lemak esensial, yang bisa menguntungkan kesehatan kulit wajah Anda. Sebab, saat menyerap asam lemak yang dimiliki alpukat, kulit wajah dipercaya bisa semakin halus dan kenyal.

5. Mencegah penyakit kulit

Alpukat mengandung banyak nutrisi penting bagi kesehatan kulit, seperti vitamin E, kalium, hinga lesitin. Tidak heran kalau manfaat masker alpukat berpotensi mencegah atau menyembuhkan penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim.

6. Mengobati luka akibat sinar matahari

Berbagai macam antioksidan yang dikandung alpukat dipercaya dalam meredakan gejala luka akibat sinar matahari. Menurut sebuah laporan pada 2011, vitamin E, beta karoten, vitamin D, protein, lecithin dan asam lemak yang dikandung alpukat, bisa membantu penyembuhan luka di kulit.

7. Membantu proses penyembuhan luka

Sebuah studi menemukan, asam lemak dan asam oleat yang dikandung alpukat, bisa menimbulkan sintesis kolagen (proses pembuatan jaringan ikat).

Selain itu, asam lemak yang dikandung alpukat dianggap mampu mengurangi peradangan yang terjadi saat proses penyembuhan luka.

Walau begitu, penelitian pada manusia masih dibutuhkan, untuk membuktikan apakah alpukat bisa menjadi bahan alami untuk membantu proses penyembuhan luka pada kulit.

Cara membuat masker alpukat untuk wajah yang sehat dan cerah

Buah alpukat
Manfaat masker alpukat dipercaya mencegah penyakit kulit

Untuk membuat masker alpukat, Anda perlu menambahkan beberapa bahan lain, seperti sedikit madu mentah, lemon, hingga putih telur yang bisa memberikan banyak manfaat tambahan. Berikut ini adalah bahan dan cara membuat masker alpukat untuk memutihkan wajah:

  • ½ alpukat matang
  • 1 sendok teh jus lemon
  • 1 sendok teh minyak zaitun
  • 1 sendok teh gandum
  • 1 sendok teh madu murni
  • Putih telur
  • Jus dari ½ buah jeruk

Campurkan semua bahan ke dalam satu mangkuk dan aduk hingga rata. Jika sudah tercampur rata dan halus, oleskan ke kulit wajah wajah. Diamkan 15 menit. Terakhir, bilas wajah Anda hingga bersih.

Catatan dari SehatQ

Buah alpukat memang bahan alami sebagai masker kecantikan. Namun bukan berarti tidak ada risiko alerginya. Apabila kulit kemerahan dan gatal setelah menggunakan masker alpukat, segera hentikan pemakaiannya dan berkonsultasilah dengan dokter.

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5796020/
Diakses pada 29 Januari 2020

Food NDTV. https://food.ndtv.com/beauty/15-foods-you-must-eat-to-avoid-oily-skin-1735401
Diakses pada 29 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324943.php
Diakses pada 29 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/acne
Diakses pada 29 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321543.php#eight-benefits-for-the-skin
Diakses pada 29 Januari 2020

Artikel Terkait