Jamur enoki memiliki manfaat bagi kesehatan
Sering ditemukan di shabu-shabu, jamur enoki enak dan juga menyehatkan

Penggemar shabu-shabu atau hot pot pasti kenal dengan jamur enoki. Jamur ini selalu menjadi salah satu bahan makanan yang dimasukkan ke dalam kuah kaldu. Di samping rasanya yang lezat, jamur panjang berwarna putih ini, memiliki beragam manfaat bagi kesehatan!

Penasaran dengan khasiat jamur enoki yang biasa ada dalam sup ini? Cari tahu jawabannya melalui artikel ini.

Manfaat jamur enoki bagi kesehatan

Jamur enoki merupakan salah satu spesies jamur yang tumbuh di Asia. Pada zaman dulu jamur ini digunakan untuk mengatasi gangguan perut serta menjaga tekanan darah dan kesehatan organ hati.

Berikut manfaat jamur enoki bagi kesehatan:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Pola makan yang sehat adalah salah satu kunci untuk menjaga daya tahan tubuh. Anda perlu mengonsumsi makanan yang tepat untuk meningkatkan sistem imun Anda.

Jamur enoki memiliki senyawa protein yang dapat menambah kekebalan tubuh terhadap penyakit. Bahkan, terdapat senyawa penambah sistem imun tubuh dalam jamur enoki yang dapat pertumbuhan tumor pada tikus.

2. Cocok sebagai makanan diet

Butuh cemilan sehat rendah kalori untuk menurunkan berat badan? Coba konsumsi jamur enoki!

Jamur enoki memiliki kalori dan karbohidrat yang rendah, serta tidak memiliki kandungan gula ataupun lemak di dalamnya, sangat cocok sebagai sebagai makanan diet, bukan?

Anda juga dapat mengganti makanan sehari-hari yang tinggi lemak dan kalori dengan jamur enoki untuk mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi sehari-harinya.

3. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang lancar membuat hari-hari terasa lebih menyenangkan! Jamur enoki dapat menjadi salah satu hidangan untuk meningkatkan asupan serat Anda. Serat dalam jamur enoki dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

4. Melindungi organ jantung

Siapa sangka, jamur enoki yang memanjang dan kecil ini mampu melindungi organ vital Anda. Ekstrak jamur enoki mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jamur enoki juga mengandung serat jenis beta-glukan yang efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi.

5. Kaya nutrisi

Jamur enoki adalah salah satu pilihan bahan makanan yang dapat dipadukan dalam hidangan, karena memiliki berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B, potasium, fosfor, zat besi, selenium, zinc, dan tembaga.

6. Tinggi antioksidan

Di balik bentuknya yang kecil, jamur enoki menyimpan beragam antioksidan yang siap membantu tubuh menangkal radikal bebas pemicu penyakit kronis, meningkatkan fungsi otak, pembentukan DNA, dan menambah energi.

Beberapa antioksidan yang terkandung di dalam jamur enoki adalah asam galat, caffeic acid, quercetin, dan katekin.

7. Berpotensi melawan kanker

Jamur enoki dianggap berpotensi menjadi obat untuk mengatasi kanker karena mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Jamur enoki didapati bisa mengurangi kanker hati di tikus.

Tidak hanya itu, riset lain juga menemukan bahwa jamur enoki dapat menghambat sel kanker payudara. Meskipun demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk menelaah manfaat jamur enoki yang satu ini.

Sebelum melahap jamur enoki

Sebelum menikmati manfaat jamur enoki dengan mencampurkannya ke dalam hidangan sehari-hari, Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi jamur, karena mengonsumsi jamur enoki dapat memicu reaksi alergi pada penderita alergi jamur.

Bila Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi jamur enoki, hentikan memakannya dan konsultasikan dengan dokter jika reaksi alergi bersifat parah.

Catatan dari SehatQ

Jamur enoki memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan, mulai dari menjaga daya tahan tubuh sampai berpotensi melawan kanker. Namun, pastikan Anda memilih jamur enoki yang benar sebelum memasaknya.

Pilihlah jamur enoki yang ringan dan kering dengan tekstur yang padat. Setelahnya, simpan jamur enoki di kantongan dan masukkan ke dalam kulkas untuk mencegah jamur enoki rusak. Jamur enoki dapat bertahan lama kurang lebih tujuh sampai 10 hari jika disimpan dengan tepat.

BioMed Research International. https://www.hindawi.com/journals/bmri/2014/352385/
Diakses pada 17 Februari 2020

Dr Axe. https://draxe.com/nutrition/enoki-mushroom-benefits/
Diakses pada 17 Februari 2020

Livestrong.
Diakses pada 17 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19909827/
Diakses pada 17 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16391863/
Diakses pada 17 Februari 2020

Artikel Terkait