Daging kelapa baik untuk dikonsumsi
Daging kelapa baik dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Kelapa adalah salah satu tanaman yang hampir seluruh bagiannya bisa digunakan untuk keperluan manusia. Mulai dari daunnya yang bisa digunakan sebagai atap rumah tradisional, kayunya yang dapat digunakan untuk bahan konstruksi bangunan, akarnya yang bisa direbus untuk obat herbal, hingga yang paling penting, yaitu buahnya yang dapat dijadikan makanan dan minuman.

Sejak dulu air kelapa dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Mulai dari minuman yang menyegarkan hingga suplemen untuk ibu hamil. Sayangnya, di balik ketenaran air kelapa masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat daging kelapa. Padahal selain menjadi makanan pencuci mulut, daging kelapa juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, lho.

Apa saja manfaat daging kelapa?

Daging kelapa punya banyak manfaat yang baik bagi tubuh jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Berikut manfaat daging kelapa untuk tubuh Anda.

1. Mengurangi berat badan 

Siapa sangka kalo salah satu manfaat daging kelapa adalah membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Senyawa medium-chain triglyceride (MCT) dan serat dalam daging kelapa berperan dalam membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga Anda tidak makan banyak.

2. Baik untuk pencernaan

Serat dalam daging kelapa tidak hanya berguna untuk membuat Anda merasa kenyang dalam durasi yang lebih lama, tetapi juga dapat menjaga kesehatan pencernaan dengan melancarkan BAB.

Minyak atau lemak dalam kelapa ikut andil dalam menjaga kesehatan usus dengan membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K, serta menghambat pertumbuhan jamur, seperti Candida albicans, yang dapat memicu infeksi di pencernaan.

Ditambah lagi, senyawa MCT dalam daging kelapa bermanfaat dalam menguatkan bakteri baik dalam perut yang berperan untuk melindungi pencernaan dari peradangan dan sindrom metabolik.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Senyawa mangan dan antioksidan dalam daging kelapa diyakini dapat mengurangi peradangan dan menjaga sistem imun tubuh. Selain itu, senyawa MCT dalam daging kelapa juga berperan sebagai antijamur, antivirus, dan penghalang timbulnya tumor.

Akan tetapi, riset yang lebih banyak seputar manfaat daging kelapa dalam menambah imunitas tubuh masih diperlukan.

4. Membantu fungsi otak

Jangan salah, senyawa MCT serbaguna yang berada dalam daging kelapa berpotensi membantu penderita gangguan memori dan fungsi otak, seperti penyakit Alzheimer, dengan menjadikan ‘bahan bakar’ alternatif glukosa dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan jantung

Lemak yang terkandung dalam daging kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan menurunkan tingkat kolesterol jahat LDL. Secara tidak langsung, daging kelapa bermanfaat untuk mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung.

Kabar baiknya lainnya, daging kelapa memiliki rantai lemak yang pendek sehingga tidak dapat menaikkan kadar kolesterol tubuh.

6. Mengandung berbagai mineral

Daging kelapa mengandung berbagai mineral yang berguna bagi tubuh dan bahkan dapat membantu Anda memenuhi mineral harian Anda. Beberapa mineral yang terkandung di dalam daging kelapa di antaranya adalah mangan, tembaga, dan potasium.

7. Mengatur kadar gula darah

Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, manfaat daging kepala lainnya adalah untuk menurunkan kadar gula darah. Namun hal ini juga perlu diimbangi dengan pola hidup sehat.

Risiko mengkonsumsi daging kelapa

Di balik berbagai manfaat daging kelapa, terdapat risiko yang dapat timbul akibat mengonsumsinya secara berlebihan.

Daging kelapa memiliki 283 kalori, karenanya bagi Anda yang sedang menjalani program diet, konsumsi berlebih bukannya membuat Anda jadi kurus, tetapi justru bisa menaikkan berat badan Anda.

Catatan dari SehatQ

Manfaat daging kelapa dapat dirasakan asal Anda mengonsumsinya secukupnya. Bagi penderita penyakit jantung dan kolesterol, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi daging buah eksotis ini.

Meskipun jarang terjadi, Anda perlu segera menghentikan konsumsi daging buah kelapa jika Anda mengalami reaksi alergi.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-meat
Diakses pada 7 Februari 2020

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/352244-health-nutrition-benefits-of-raw-coconut-meat/
Diakses pada 7 Februari 2020

Artikel Terkait