logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

11 Manfaat Bunga Telang, Si Cantik yang Menyehatkan

open-summary

Manfaat bunga telang sangatlah berguna untuk kesehatan. Bunga cantik berwarna biru yang sering dijadikan teh ini dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi beberapa penyakit.


close-summary

3.65

(363)

20 Jan 2020

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Meningkatkan daya ingat adalah salah satu manfaat bunga telang.

Salah satu manfaat bunga telang adalah menyehatkan jantung.

Table of Content

  • Manfaat bunga telang yang beraneka ragam
  • Manfaat bunga telang bagi kesehatan tubuh
  • Cara mengonsumsi bunga telang
  •  
  • Berapa kali sehari minum teh bunga telang?
  • Efek samping kembang telang

Manfaat bunga telang, mungkin tidak diketahui banyak orang. Sebab, bunga berwarna biru ini, dikenal sebagai tanaman hias yang tumbuh di pekarangan.

Advertisement

Selain itu, sebagian orang juga menggunakan ekstrak tanaman ini sebagai pewarna makanan alami.

Kembang telang memilki nama latin Clitoria ternatea. Berasal dari negara-negara di Asia Tenggara, tetapi manfaatnya sampai digunakan untuk pengobatan Ayurveda di India.

Ini menjadi salah satu bukti, bahwa manfaat atau khasiat bunga telang, tidak hanya untuk mempercantik perkarangan rumah, tetapi juga untuk kesehatan.

Baca Juga

  • L-Carnitine, Asam Amino yang Sering Dikonsumsi untuk Berolahraga
  • Makanan Penurun Darah Tinggi untuk Penderita Hipertensi
  • Memahami MCT Oil dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat bunga telang yang beraneka ragam

Manfaat bunga telang, mungkin tidak diketahui banyak orang. Sebab, bunga berwarna biru ini, dikenal sebagai tanaman hias yang tumbuh di pekarangan.

Selain itu, sebagian orang juga menggunakan ekstrak tanaman ini sebagai pewarna makanan alami.

Kembang telang memilki nama latin Clitoria ternatea. Berasal dari negara-negara di Asia Tenggara, tetapi manfaatnya sampai digunakan untuk pengobatan Ayurveda di India.

Ini menjadi salah satu bukti, bahwa manfaat atau khasiat bunga telang, tidak hanya untuk mempercantik perkarangan rumah, tetapi juga untuk kesehatan.

Manfaat bunga telang bagi kesehatan tubuh

Bunga telang juga memiliki sebutan lainnya selain nama latin, yaitu butterfly pea. Ini adalah tanaman obat yang berasal dari keluarga Fabaceae.

Mengutip dari sebuah studi, kini penggunaan bunga telang cukup banyak diminati karena tak hanya menarik tetapi juga berkhasiat karena senyawa antioksidan di dalamnya.

Berikut adalah beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh Anda, di antaranya adalah:

1. Meningkatkan daya ingat

Dalam sebuah penelitian, ekstrak bunga telang, terbukti meningkatkan kadar asetilkolin pada otak tikus. Asetilkolin adalah neurotransmitter atau zat kimia penghantar yang mempunyai peran penting untuk menjaga kesehatan otak.

Hal ini karena fungsinya yang berperan mengurangi kehilangan memori, meningkatkan daya ingat, dan mempelajari sesuatu.

Maka dari itu, rutin mengonsumsi bunga telang berkhasiat membantu kemampuan berpikit dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

2. Mengatasi gangguan kecemasan

Dalam sebuah riset, para peneliti berusaha untuk melihat manfaat bunga telang, yang dikonsumsi saat olahraga yoga dengan pengaruhnya terhadap perasaan stres dan cemas.

Hasil yang dirilis dalam jurnal Ancient Science of Life menambah daftar manfaat bunga telang. Hal ini terlihat pada orang yang mengonsumsi teh kembang telang lalu melakukan satu sesi yoga bisa membantu mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder).

Perlu Anda ketahui pula bahwa dalam dosis tertentu, bunga telang berubah sifat menjadi adaptogenik. Ini bisa membantu tubuh mengatasi pemicu stres.

3. Meringankan depresi

Dalam sebuah studi, para peneliti mengekstrak sekitar 25 senyawa phytocomp, yang berasal dari ekstrak etanol bunga telang.

Dari beberapa senyawa yang ditemukan, ada asam linolenat dan asam palmitat, yang dipercaya bisa mengatasi gangguan mental depresi.

Perlu diketahui, asam linolenat adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Asam linolenat juga memiliki sifat neuroprotektif (melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan).

Asam palmitat adalah senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Hanya saja, asam palmitat memiliki sifat antioksidan, yang juga sudah terbukti, memiliki sifat antidepresan.

4. Mengandung antioksidan

Dalam sebuah studi berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, para peneliti menyimpulkan, ekstrak metanol dalam bunga telang, sangat berpotensi menjadi sumber antioksidan.

Kandungan senyawa flavonoid, antosianin, dan fenolik dalam bunga telang juga manfaat untuk mengaktifkan peran antioksidan dalam tubuh.

Antioksidan bermanfaat untuk membantu melindungi sel serta mengurangi stres oksidatif yang dapat mengakibatkan penuaan dini serta penyakit kronis lainnya.

Di masa depan, manfaat bunga telang, dipercaya bisa digunakan dalam terapi untuk mencegah atau memperlambat penyakit degeneratif.

Walau begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut, untuk membuktikan khasiat bunga telang yang satu ini.

5. Menyembuhkan luka

Khasiat atau manfaat bunga telang lainnya sebagai pengobatan tradisional adalah untuk menyembuhkan luka pada kulit tubuh.

Ekstrak dari biji bunga telang, mengandung flavonol glikosida. Sementara itu, ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik.

Dalam sebuah penelitian pada hewan, peneliti memberikan ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang, secara oral maupun dioles. Hasilnya, proses penyembuhan luka meningkat secara signifikan.

6. Mengurangi peradangan

Bunga telang mengandung sekitar 51-52% asam oleat. Biasanya, asam lemak baik ini, ditemukan pada minyak zaitun.

Beberapa studi menyatakan, asam oleat mampu mengurangi peradangan dan memiliki efek positif untuk mengurangi risiko terkena kanker.

Lalu manfaat bunga telang lainnya sebagai anti-inflamasi adalah mengurangi infeksi serta pembengkakan, seperti nyeri tubuh, migrain, infeksi luka, serta sakit kepala.

7. Menjaga keseimbangan tekanan darah

Jika Anda mempunyai kondisi tekanan darah tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba bunga telang karena bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Alasannya adalah karena senyawa antosianin juga dapat membantu mengurangi kekakuan arteri.

Semakin kaku arteri, maka semakin sulit darah mengalir sehingga mengakibatkan tekanan darah tinggi. Ini juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

8. Menjaga kadar gula darah

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan, dibuktikan bahwa kembang telang dapat mengontrol penyerapan gula dalam darah

Untuk itu, rutin minum teh bunga telang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah penderita diabetes. Namun, tentu saja masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

9. Membantu mengatasi asma

Menurut penelitian yang berjudul Antiasthmatic effect of roots of Clitorea ternatea Linn, ekstrak bunga telang bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah pernapasan seperti asma dan bronkitis.

Kemampuan tanaman ini dalam mengatasi asma tidak lepas dari sifat ekspektoran dan mengurangi iritasi pada saluran pernapasan.

10. Melancarkan pencernaan

Manfaat lainnya dari senyawa antioksidan dalam bunga telang adalah untuk membantu mengendurkan otot perut sehingga membantu melancarkan pencernaan.

Untuk itu, Anda juga bisa memanfaatkan bunga telang untuk diet karena sistem metabolisme pun lebih terkendali.

11. Menjaga kesehatan mata

Kembang telang juga mempunyai senyawa antioksidan yang disebut sebagai proanthocyanidin. Perannya adalah untuk meningkatkan aliran darah ke kapiler mata.

Manfaat bunga telang untuk kesehatan mata mencakup pengobatan glaukoma, mata katarak, kaburnya penglihatan, mata lelah, hingga kerusakan retina.

Cara mengonsumsi bunga telang

 

Teh bunga telang
Teh bunga telang

Walaupun sering digunakan sebagai pewarna makanan alami atau pelengkap makanan, manfaat bunga telang juga bisa Anda dapatkan melalui teh.

  • Berikut ini adalah beberapa tahapan cara membuat teh bunga telang yang mudah dilakukan, seperti:
  • Petik 10 kelopak bunga telang, baik segar ataupun dalam bentuk kering.
  • Kemudian rendam ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama 15 menit.
  • Saat kelopak bunga sudah tidak berwarna biru lagi, buanglah kelopak dan saring airnya.
  • Jika warna kelopaknya sudah menghilang, air panas akan berwarna biru keunguan.
  • Teh bunga telang yang berkhasiat untuk kesehatan sudah siap diminum.

Selain itu, banyak orang yang mengonsumsinya dengan campuran batang serai, beberapa tetes jeruk nipis, atau air lemon agar terasa lebih segar.

Berapa kali sehari minum teh bunga telang?

Sama halnya seperti minum teh, Anda diperbolehkan minum teh bunga telang setiap hari. Apalagi, untuk merasakan manfaat bunga telang sebaiknya mengonsumsinya secara rutin.

Sebagai contoh, minum teh bunga telang dua kali dalam sehari meningkatkan pembakaran kalori, melancarkan metabolisme, hingga mengurangi kadar kolesterol.

Efek samping kembang telang

Hingga kini, belum ada efek samping atau bahaya dari minum teh bunga talang. Hal ini karena bunga telang tergolong aman dan bisa menjaga kesehatan.

Akan tetapi, sebaiknya tidak perlu mengonsumsinya sevara berlebihan. Mengingat Anda juga perlu memenuhi asupan cairan dengan air mineral.

Selain itu, kemungkinan efek samping kembang telang jika dikonsumsi berlebihan adalah mengakibatkan mual dan diare.

Begitu juga pada ibu hamil dan menyusui, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi bunga telang.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat bunga telang untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

makanan sehathidup sehattanaman obatmenjaga kesehatan

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved