Selain Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Air Kelapa Hijau yang Baik untuk Tubuh

Menurunkan kadar gula darah jadi salah satu manfaat air kelapa hijau yang bisa Anda rasakan.
Manfaat air kelapa hijau sangat bisa dirasakan jika air kelapanya tidak terkontaminasi zat lain.

Beruntunglah bagi orang Indonesia yang ingin merasakan manfaat air kelapa hijau. Selain mudah dicari, harga buah tropis ini juga tidak terlalu menguras dompet.

Tidak hanya menyegarkan dan lezat rasanya, air kelapa hijau juga dilengkapi banyak nutrisi, yang manfaatnya bisa berdampak baik pada tubuh.

Manfaat air kelapa hijau

Buah kelapa membutuhkan 12 bulan untuk matang seutuhnya. Namun, buah yang pohonnya tinggi ini, sebenarnya bisa dikonsumsi setelah berusia 7 bulan.

Warna hijau pada kelapa menunjukkan kalau buahnya belum “dewasa”. Oleh karena itu, ketika dibelah dua, Anda tidak melihat banyak daging yang menempel pada dinding tempurung dalamnya.

Akan tetapi, Anda tetap dapat menikmati manfaat air kelapa hijau sudah siap dirasakan, yang memberikan dampak baik pada tubuh Anda. Beberapa manfaat air kelapa hijau meliputi:

  • Dilengkapi antioksidan

Radikal bebas merupakan molekul tak stabil yang tumbuh dalam sel, saat metabolisme terjadi. Produksinya akan bertambah jika Anda mengalami cedera atau stres.

Ketika Anda “diselimuti” radikal bebas, tubuh akan masuk ke dalam kondisi stres oksidatif. Manfaat air kelapa hijau bisa menangkalnya.

Sebuah penelitian pada hewan yang telah terpapar racun, menunjukkan manfaat air kelapa hijau dalam “menjinakkan” radikal bebas dengan antioksidannya.

Satu penelitian lainnya memperlihatkan, tikus yang mengalami kerusakan hati, bisa disembuhkan ketika mengonsumsi air kelapa hijau.

Manfaat air kelapa hijau juga bisa menurunkan aktivitas radikal bebas, tekanan darah, trigliserida dan kadar insulin.

Sejauh ini, belum ada studi yang memperlihatkan aktivitas antioksidan air kelapa hijau pada manusia.

  • Menurunkan kadar gula darah

Selain memiliki antioksidan, penelitian pada hewan selanjutnya membuktikan kalau manfaat air kelapa hijau bisa menurunkan kadar gula darah.

Penelitian lainnya memperlihatkan tikus dapat menjaga kestabilan kadar gula darahnya, setelah mendapat asupan air kelapa hijau.

Dengan kandungan serat 3 gram dan karbohidrat 6 gram setiap cangkirnya (240 ml), air kelapa hijau bisa masuk ke dalam menu makanan orang-orang penderita diabetes.

Air kelapa hijau juga merupakan sumber magnesium, yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah pada pengidap diabetes tipe 2.

  • Mencegah batu ginjal

Air mineral selalu jadi pilihan tepat untuk mencegah batu ginjal. Walau demikian, ada penelitian yang berkata lain.

Manfaat air kelapa hijau disebut bisa “mengemban tugas” jauh lebih baik dalam mencegah batu ginjal dibandingkan air mineral.

Perlu diketahui, batu ginjal terbentuk saat kalsium, oksalat dan senyawa lainnya bergabung membentuk kristal dalam air seni. Kemudian, kristal itu bisa berubah menjadi batu.

Penelitian pada tikus yang mengidap batu ginjal membuktikan, manfaat air kelapa hijau bisa mencegah kristal menempel pada ginjal.

Para peneliti percaya bahwa air kelapa hijau membantu mengurangi produksi radikal bebas yang muncul, karena tingginya kadar oksalat dalam air seni.

Ini merupakan penelitian pertama yang fokus pada efek manfaat air kelapa hijau untuk mencegah batu ginjal. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

  • Membantu rehidrasi

Karena dilengkapi kalsium, kalium, magnesium, natrium dan fosfor, peneliti percaya bahwa air kelapa hijau bisa membantu rehidrasi.

Dibandingkan meminum minuman berenergi yang penuh dengan gula, ada baiknya Anda mengonsumsi air kelapa hijau setelah melakukan olahraga. Selain rendah kolesterol dan gula, air kelapa hijau juga lezat serta mampu melepaskan dahaga.

  • Sumber nutrisi

Air kelapa hijau terbentuk secara alami di dalam tempurungnya, dan mengandung 94% air serta sedikit lemak. Sekitar 1 cangkirnya (240 ml) bisa mengandung berbagai nutrisi penting ini.

- Karbohidrat: 9 gram
- Serat: 3 gram
- Protein: 2 gram
- Vitamin C: 10% dari kebutuhan harian tubuh
- Magnesium: 15% dari kebutuhan harian tubuh
- Mangan: 17% dari kebutuhan harian tubuh
- Kalium: 17% dari kebutuhan harian tubuh
- Natrium: 11% dari kebutuhan harian tubuh
- Kalsium: 6% dari kebutuhan harian tubuh

Jika dikonsumsi dengan baik, manfaat air kelapa hijau bisa memenuhi kebutuhan mineral, yang mungkin sulit didapatkan dari makanan lainnya.

  • Cegah penyakit jantung

Manfaat air kelapa hijau juga bisa dirasakan, untuk menurunkan risiko penyakit jantung, karena kandungannya mampu memulihkan kondisi sindrom metabolik.

Sindrom metabolik memiliki ciri-ciri berupa peningkatan tekanan darah, gula darah, trigiliserida, dan kolesterol LDL.

Dalam penelitian selama 3 minggu pada tikus, konsumsi air kelapa hijau terbukti memperbaiki kesehatan tekanan darah, gula darah, trigliserida, hingga level insulin.

Air kelapa hijau adalah minuman lezat, bernutrisi dan alami, yang sangat bagus ntuk Anda. Manfaatnya bisa meningkatkan kesehatan jantung, gula darah, lambung dan masih banyak lagi.

Walau masih membutuhkan studi lanjutan, setidaknya banyak penelitian tentang manfaat air kelapa hijau, yang hasilnya sudah meyakinkan.

  • Membantu mengatasi diare ringan

Air kelapa dipercaya bisa membantu mencegah dehidrasi pada anak-anak dengan diare ringan. Sebab, air kelapa mengandung komposisi gula dan elektrolit yang mirip dengan larutan rehidrasi oral, sehingga bisa digunakan untuk menggantikan cairan yang hilang akibat diare ringan.

Namun, belum ada bukti yang mampu menjelaskan, efektivitas air kelapa dalam mengatasi diare ringan, dibandingkan minuman lainnya.

Efek samping air kelapa hijau

Terlalu banyak mengonsumsi sesuatu, walau itu alami, juga bisa berbahaya. Sama seperti air kelapa. Jika diminum terlalu banyak dan melebihi porsi normal, air kelapa hijau bisa menimbulkan efek samping.

Faktanya, jika kandungan kalium dalam tubuh Anda melebihi batas normal (hiperkalemia), irama jantung bisa berubah, dan fibrilasi ventrikel pun muncul. Kondisi ini membuat jantung berdebar dengan cepat dan tidak menentu.

Jika kadar kalium yang tinggi dalam darah tidak segera ditangani, jantung bisa berhenti berdetak.
Ada baiknya, Anda tidak mengonsumsi lebih dari 4700 mg kalium per hari untuk orang dewasa, agar hal-hal tak diinginkan bisa dihindari.

Beberapa efek samping lain dari pengonsumsian kalium terlalu banyak meliputi:

  • Penyakit ginjal
  • Diabetes tak terkontrol
  • Hemolisis
  • Rhabdomiolisis

Jika Anda merasakan kehadiran efek samping yang merugikan, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ

Di Indonesia dan mungkin negara Asia lainnya, banyak air kelapa yang dicampurkan dengan berbagai macam pemanis, seperti gula dan sirup susu. Campuran tersebut dikhawatirkan malah menghilangkan manfaat air kelapa itu sendiri.

Jika ingin mengonsumsinya, ada baiknya langsung meminum air kelapa hijau langsung dari tempurungnya, dengan bantuan sedotan, agar belum terkontaminasi dengan zat berbahaya lainnya. Selamat menikmati manfaat air kelapa hijau.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/green-coconut#ripening-stages

Diakses pada 8 Oktober 2019

 

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/376560-what-are-the-benefits-of-green-coconut-water/

Diakses pada 8 Oktober 2019

 

University Health News. https://universityhealthnews.com/daily/nutrition/drinking-too-much-coconut-water-can-be-dangerous/

Diakses pada 8 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed