Vitamin dan nutrisi untuk meningkatkan nafsu seks
Jenis makanan berperan meningkatkan libido

Makanan berperan dalam meningkatkan kualitas seks. Sebab, dorongan seksual yang sehat berhubungan dengan kesehatan secara fisik dan emosional. Jika kualitas hubungan dengan pasangan menurun, waktunya memperbaiki pola makan. Konsumsi tujuh makanan ini untuk meningkatkan kualitas seks:

Daging
Sertakan berbagai daging dalam menu makan. Daging sapi dan ayam mengandung carnitine, L-arginine, dan zinc. Carnitine dan L-arginine adalah asam amino yang meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang tidak terganggu sangat penting untuk respon seksual pada pria dan wanita. Menurut NYU Langone Medical Center, kedua nutrisi ini dapat secara efektif mengobati disfungsi ereksi pada beberapa pria. Untuk vegetarian dapat memilih biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk olahan susu.

Seafood
Penelitian mengemukakan bahwa kerang dan tiram mengandung senyawa yang meningkatkan testosteron dan estrogen. Produksi hormon tersebut memicu peningkatan hasrat seksual. Tiram juga merupakan sumber zinc yang sangat baik untuk aliran darah ke organ seksual wanita ataupun pria. Jika tidak suka kerang, coba lobster atau kepiting sebagai gantinya karena sama-sama kaya akan zinc.

Ikan Salmon
Salmon terkenal karena memiliki asam lemak omega-3 yang sehat untuk jantung. Omega-3 membantu mencegah penumpukan plak di arteri sehingga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa omega-3 dapat meningkatkan risiko penyakit seperti kanker prostat yang kronis. Namun, makanan yang kaya omega-3 tidak berpengaruh pada kanker prostat ringan dengan perkembangan lambat.

Kacang dan Biji-bijian
Daripada ngemil permen, lebih baik sediakan camilan berupa kacang dan biji-bijian. Kacang mete dan almond kaya kandungan zinc. Makanan ringan sehat ini mengandung L-arginine untuk membantu melancarkan aliran darah. Cobalah kacang-kacangan seperti walnut, biji labu, biji bunga matahari, kacang pikan, kacang hazel, kenari, dan lain-lain.

Apel
Sesuai dengan ungkapan “An apple a day keeps the doctor away”, buah ini juga mampu meningkatkan kualitas aktivitas di atas ranjang. Apel sama seperti buah beri, ceri, bawang, dan anggur yang kaya akan quercetin. Antioksidan ini adalah sejenis flavonoid yang kaya manfaat.

Saat berlangsung hubungan seks, quercetin berperan dalam mengendalikan gejala prostatitis peradangan kelenjar prostat. Selain itu, zat ini juga membantu Anda terhindar dari interstitial cystitis (IC) atau sindrom kandung kemih yang menyakitkan dan mengganggu hubungan seks pria dan wanita.

Buah Delima
Delima merah mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga meningkatkan fungsi seksual terutama pada pria. Riset yang diterbitkan di jurnal National Institute of Health juga menunjukkan kegunaan tambahan yaitu bahwa meminum jus delima membantu pria dengan disfungsi ereksi. Pada intinya kegunaan antioksidan tinggi di jus delima tersebut adalah menghilangkan molekul radikal bebas yang menghambat laju darah di penis. 

Anggur Merah
Segelas anggur merah dapat menciptakan suasana hati wanita yang positif. Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Sexual Medicine menunjukkan bahwa satu hingga dua gelas anggur merah sehari meningkatkan hasrat seksual dan lubrikasi pada wanita.

Anggur merah mengandung quercetin yang memberi efek positif pada tubuh. Para peneliti mencatat bahwa minum lebih dari dua gelas anggur merah setiap hari atau minum alkohol jenis lain efeknya tidak akan sama.

Bicaralah dengan dokter jika setelah mengonsumsi makanan tersebut tidak ada perubahan pada diri Anda. Misalnya, hasrat seksual tetap rendah, terasa sakit saat berhubungan, impotensi, atau hal lain yang mengganggu hubungan intim dengan pasangan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/7-foods-enhance-your-sex-life
Diakses: 22 Februari 2019

US National Library of Medicine, National Institute of Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3622365/# 
Diakses: 22 Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed