logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Testosteron Rendah? Konsumsi Makanan Penambah Testosteron Ini

open-summary

Makanan menjadi salah satu cara meningkatkan kadar hormon testosteron. Jahe, daging sapi, hingga kacang polong menjadi contoh makanan yang penambah hormon testosteron yang bisa dikonsumsi oleh para pria.


close-summary

17 Des 2019

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

makanan penambah hormon testosteron

Makanan penambah hormon testosteron ada banyak, dari ikan sampai buah-buahan

Table of Content

  • Makanan penambah hormon testosteron
  • Catatan dari SehatQ

Makanan penambah hormon testosteron tidaklah sulit ditemukan. Para pria pun sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut agar terhindar dari kadar testosteron rendah atau hipogonadisme.

Advertisement

Testosteron sendiri merupakan hormon yang memiliki peran penting. Pada pria, hormon ini tidak hanya meningkatkan gairah seks atau libido, tetapi juga mendukung kesehatan otot dan tulang, produksi sperma (spermatogenesis), hingga pertumbuhan rambut.

Lantas, apa saja makanan penambah hormon pria yang satu ini? Berikut informasinya.

Makanan penambah hormon testosteron

Seiring bertambahnya usia, kadar hormon testosteron pria akan menurun. Diperkirakan hormon testosteron mengalami penurunan sekitar 1% setiap tahunnya. 

Untuk mencegahnya terus turun, sebelum memulai terapi, Anda bisa mencoba beberapa makanan penambah testosteron berikut ini:

1. Tuna

Tidak hanya lezat, ikan tuna juga bisa menjadi makanan yang dapat meningkatkan testosteron. Pasalnya, tuna adalah ikan yang mengandung vitamin D tinggi. Vitamin D sendiri diketahui berfungsi membantu meningkatkan kadar testosteron.

Selain ikan tuna, Anda juga dapat mengonsumsi ikan, seperti sarden atau salmon karena keduanya sama-sama kaya akan vitamin D. Akan tetapi, jangan mengonsumsi ikan-ikanan ini berlebihan. Dua atau tiga porsi seminggu sudah cukup. Pasalnya, makanan laut berpotensi mengandung merkuri yang berbahaya bagi tubuh manusia.

2. Jahe

Jahe juga menjadi salah satu bahan makanan yang dapat menambah jumlah testosteron. Pada sebuah penelitian, jahe terbukti dapat meningkatkan kadar hormon testosteron hingga 17,7% pada 75 pria yang dengan masalah kesuburan.

Menariknya, hal tersebut terjadi hanya dalam waktu 3 bulan.

Sementara itu, penelitian pada hewan uji juga menunjukkan bahwa jahe mampu meningkatkan kadar testosteron dan antioksidan pada tikus pengidap diabetes, hanya dalam 30 hari.

3. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak juga kaya akan vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh pria. Vitamin D yang terkandung di dalamnya membuat susu ini menjadi minuman penambah hormon pria yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

4. Tiram

Tiram menjadi suplemen testosteron alami karena mengandung lebih banyak zinc (seng) dibandingkan makanan lainnya. Zinc sendiri penting untuk kesehatan sperma dan fungsi reproduksi pria. Kekurangan zinc dapat menyebabkan tubuh berisiko mengalami hipogonadisme, yang bisa berujung pada disfungsi seksual. 

5. Kuning telur

Makanan penambah hormon testosteron selanjutnya adalah kuning telur. Kuning telur mengandung kolesterol yang dapat membantu mengatasi low testosterone (Low T), jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Akan tetapi, ini bukan berarti Anda bisa mengonsumsi kuning telur secara berlebihan karena nantinya berdampak pada meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh.

Baca Juga

  • Apa Saja Makanan yang Boleh dan Tidak Pasca Operasi Amandel?
  • Aneka Kandungan Paprika yang Kaya Vitamin dan Antioksidan
  • Kalori Oatmeal Rendah? Tunggu Dulu, Ini Faktanya

6. Daging sapi

Daging sapi mengandung vitamin D dan zinc, sehingga makanan ini juga masuk ke dalam daftar makanan penambah hormon pria. Akan tetapi, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi daging sapi setiap hari karena dapat berdampak buruk terhadap tubuh, seperti peningkatan kadar lemak hingga kolesterol.

7. Sayuran berdaun hijau

Anda juga perlu menambahkan sayuran berdaun hijau dalam menu makanan untuk menambah jumlah testosteron. Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale, kaya akan magnesium yang bisa meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh.

8. Minyak zaitun 

Bagi Anda yang suka memasak, kini saatnya beralih ke minyak zaitun. Tidak hanya mengurangi risiko terserang penyakit jantung dan kanker, minyak zaitun ternyata juga dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria.

Minyak ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E, yang dikenal sebagai antioksidan. Minyak esensial ini terbukti bisa meningkatkan hormon pelutein, yang menstimulasikan sel-sel dalam testis untuk memproduksi testosteron.

9. Buah delima

Delima, buah dengan rasa asam dan manis ini ternyata bisa menjadi makanan penambah hormon testosteron. Buah delima adalah simbol kesuburan dan fungsi seksual yang sudah dikonsumsi sejak zaman dahulu. Kadar antioksidannya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pengontrol stres pada pikiran.

Pada 2012, sebuah studi membuktikan bahwa buah delima dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria maupun wanita. Setidaknya, sekitar 60 partisipan yang sehat, mengonsumsi jus buah delima selama dua minggu. Para peneliti kemudian memeriksa kadar testosteron pada air liur mereka, sebanyak 3 kali dalam sehari.

Di akhir penelitian, buah delima terbukti bisa meningkatkan kadar testosteron sebanyak 24% pada pria maupun wanita. Tidak hanya menjadi makanan peningkat testosteron, buah delima juga bisa meningkatkan suasana hati dan tekanan darah.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga menjadi makanan yang patut Anda konsumsi untuk meningkatkan kadar testosteron secara alami. Pasalnya, kacang-kacangan mengandung zat yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi testosteron, yakni zinc.

Beberapa jenis kacang yang berpotensi dapat menambah testosteron Anda, antara lain kacang polong, legume, dan chickpea. 

Catatan dari SehatQ

Sebagai pria, Anda harus memperhatikan kesehatan hormon testosteron. Hal-hal seperti berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan kesehatan hormon testosteron Anda, dapat dilakukan. Selain itu, berkonsultasilah pada dokter mengenai makanan-makanan penambah hormon testosteron yang bisa dikonsumsi.

Anda juga disarankan untuk menjaga pola makan, dan menerapkan gaya hidup sehat  seperti rajin berolahraga dan istirahat cukup sebagai cara meningkatkan hormon testosteron. Jika kadar testosteron masih juga rendah, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk melakukan suntik hormon testosteron sebagai jalan keluarnya.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar makanan penambah hormon pria maupun cara menambah kadar testosteron lainnya? Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang juga di App Store dan Google Play.

Advertisement

makanan sehathormonkesehatan pria

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved