7 Makanan Pembentuk Otot untuk Membentuk Badan Ideal

(0)
03 May 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Makanan untuk membentuk otot umumnya berprotein tinggiBuah-buahan merupakan salah satu makanan pembentuk otot yang paling sering ditemui
Bagi pria yang ingin membentuk otot, latihan mengangkat beban perlu ditunjang dengan konsumsi nutrisi yang tepat. Baik sebelum maupun sesudah berolahraga, makanan sehat tetap perlu Anda konsumsi untuk mendukung kerja berbagai organ tubuh, termasuk otot.Bagi Anda yang mendambakan perut six pack atau otot bisep yang ideal, saatnya memperbaiki susunan menu berupa makanan pembentuk otot. Dengan ini, aktivitas olahraga akan semakin bertenaga, perbaikan jaringan otot semakin efektif, dan pembentukan fisik juga semakin maksimal.

1. Buah-buahan dan Sayuran

Sebagai fondasi dari seluruh menu sehat, termasuk 4 sehat 5 sempurna, buah dan sayur sudah wajib masuk ke dalam menu makanan Anda sehari-hari. Makanan pembentuk otot yang bervariasi ini merupakan sumber serat, vitamin, mineral dan cairan yang baik bagi tubuh. Sayur-sayuran juga mengandung sejumlah kecil protein yang bermanfaat untuk pembentukan otot.

2. Paha Ayam

Kebanyakan orang lebih memilih bagian dada karena lebih sedikit lemak. Namun paha ayam sebenarnya bisa menjadi makanan pembentuk otot yang baik. Apa alasannya?Paha ayam mengandung 25% lebih banyak zat besi dan 3 kali lebih banyak zinc daripada bagian dada. Zat-zat tersebut penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Susu

Pilih susu rendah lemak sebagai salah satu makanan penunjang pembentuk otot yang baik untuk kesehatan. Susu mengandung protein yang berkualitas tinggi, karbohidrat, dan vitamin yang penting, antara lain vitamin D, potasium, dan kalsium.Lelah dan haus setelah berolahraga mengangkat beban? Cobalah meminum susu coklat rendah lemak untuk melepas dahaga sekaligus menyerap kebaikan yang terkandung di dalamnya. Alternatif dari susu rendah lemak bisa meliputi yogurt yang juga mengandung probiotik dan baik untuk kesehatan perut dan pencernaan.

4. Kacang-kacangan

Kacang- kacangan yang diolah dengan cara sehat, misalnya direbus atau dipanggang, merupakan cemilan sekaligus makanan pembentuk otot yang lezat. Akan lebih sehat tentunya jika tanpa penambahan garam. Kacang mengandung vitamin, antioksidan, serat, dan lemak baik, yang pastinya akan membantu pembentukan otot secara alami.Salah satu jenis kacang yang baik dikonsumsi sebagai makanan pembentuk otot adalah kacang almond. Almond mengandung protein, vitamin E, magnesium, dan fosfor. Fosfor dapat membantu tubuh untuk menggunakan karbohidrat serta lemak sebagai energi saat Anda beristirahat maupun berolahraga.

5. Daging Bebas Lemak

Daging mengandung protein berkualitas tinggi, vitamin B, mineral, dan creatine. Daging juga mengandung zat besi yang berfungsi membawa oksigen ke otot, dan asam amino dan leucine yang bisa memicu pertumbuhan otot secara maksimal. 

6. Telur

Manfaat telur untuk kesehatan memang tidak dapat dipungkiri lagi. Telur kaya akan asam amino dan sering didapuk menjadi makanan pembentuk otot yang lezat dan efektif, dengan harga yang terjangkau.Asam amino penting untuk membantu berbagai fungsi tubuh, termasuk membangun, menjaga, dan memperbaiki serat-serat otot. Konsumsi telur sebagai makanan pembentuk harian cukup dibatasi 1 butir per hari, sesuai dengan panduan diet oleh para ahli nutrisi dan kesehatan.Saat mengkonsumsi telur sebagai makanan pembentuk otot, tidak perlu membuang kuning telur yang sering dihindari karena alasan kesehatan. Pasalnya, setengah dari kandungan protein dalam telur justru ada pada bagian kuningnya, termasuk kandungan nutrisi lutein yang baik untuk kesehatan mata.

7. Biji-bijian dan Gandum

Anda butuh sumber karbohidrat yang berkualitas untuk membentuk stamina dan fisik tubuh yang sempurna. Selain menjadi gudang karbohidrat yang baik, biji-bijian, dan gandum juga mengandung kadar protein untuk meningkatkan energi sekaligus memperbaiki jaringan otot dengan asupan serat, vitamin, dan antioksidan.Untuk membentuk otot, Anda perlu menjalani pola makan yang sehat. Dengan mengetahui berbagai makanan pembentuk otot di atas, Anda tentu tidak ragu lagi untuk mulai menambahkannya ke dalam menu makanan harian Anda. Yang penting, aturlah agar seimbang. Selamat mencoba!

Berapa asupan protein yang direkomendasikan tiap hari untuk membentuk otot?

Untuk memaksimalkan anabolisme dalam tubuh, seseorang setidaknya harus mengonsumsi protein dengan target minimal sekitar 0,4g/kg/asupan harian dengan minimal asupan empat kali makan dalam sehari untuk mencapai 1,6g/kg/hari.Namun, menurut Kemenkes, ahli gizi juga menyebutkan jika protein tidak dikonsumsi setelah olahraga, hal ini akan menyebabkan otot terus terurai (akibat stres fisik) dan akan sulit membentuk otot baru yang lebih kuat dan keras.Jadi, ketika beban olahraga semakin berat, asupan protein yang cukup juga harus mengiringi dan dikombinasikan dengan karbohidrat.”
makanan sehatmakanan dietmakanan pembentuk otot
WebMD. https://www.webmd.com/men/features/muscle-foods-for-men#1
Diakses pada Oktober 2018
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/26-muscle-building-foods
Diakses pada 18 Maret 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322963.php
Diakses pada 18 Maret 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait