7 Makanan yang Mengandung Asam Folat untuk Membantu Pertumbuhan Janin

Sumber asam folat lainnya dapat ditemukan pada buah-buahan seperti pepaya, jeruk, jeruk bali merah, dan stroberi
Kacang tanah merupakan salah satu makanan sumber asam folat

Asam folat dikenal sebagai nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan janin. Mengonsumsi asam folat secara rutin sebelum hamil dan saat hamil dapat mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Makanan yang mengandung asam folat tidak sulit untuk dijumpai. Anda dengan mudah dapat mendapatkannya di supermarket atau pasar terdekat. Berikut adalah makanan yang kaya asam folat yang sangat berguna sebagai sumber nutrisi penting kehamilan.

1. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari merupakan makanan yang baik bagi ibu hamil. Kandungan asam folat dalam biji bunga matahari merupakan nutrisi yang dibutuhkan janin. Kandungan vitamin E dan zat besi di dalamnya pun berguna untuk pembentukan energi dan mencegah kerusakan sel.

2. Asparagus

Asparagus mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk folat. Setengah cangkir asparagus (90 gram) yang dimasak mengandung sekitar 134 mcg folat. Asparagus juga kaya antioksidan dan memiliki khasiat antiradang serta antibakteria. Selain itu, asparagus juga mengandung banyak serat. Dalam satu porsinya, sayuran ini dapat memenuhi 7% dari kebutuhan serat harian Anda.

3. Kacang Tanah

Makanan yang mengandung asam folat selanjutnya adalah kacang tanah. Mengonsumsi kacang tanah disarankan untuk masa kehamilan. Meski begitu, porsinya tidak boleh berlebihan karena bisa menimbun lemak dalam tubuh.

4. Buah-buahan

Buah dengan kandungan asam folat tertinggi adalah pepaya. Buah-buahan lain seperti jeruk dan jeruk bali merah dapat memberikan Anda sekitar 30-40 mcg folat, sementara satu cangkir stroberi dan raspberry dapat memberikan Anda sekitar 15-25 mcg. Campur buah-buahan favorit Anda dengan yogurt rendah lemak untuk dijadikan smoothie yang memiliki kandungan asam folat melimpah.

5. Brokoli

Brokoli adalah sayuran kaya antioksidan yang berguna bagi kesehatan ibu hamil. Selain mengandung asam folat, brokoli juga memiliki kandungan vitamin C dan serat di dalamnya. Brokoli aman dikonsumsi secara rutin untuk membantu kondisi janin agar dapat tumbuh dengan baik.

6. Alpukat

Buah alpukat mengandung asam folat dengan kadar 80-90 mcg pada setengah bagiannya. Jumlah ini aman bagi ibu hamil untuk memenuhi nutrisi kandungan. Anda bisa mengonsumsinya dengan memakan langsung atau mengolahnya menjadi minuman yang sehat.

7. Sayuran Hijau

Tidak hanya kaya antioksidan, sayuran berwarna hijau seperti bayam, kangkung, seledri atau sejenisnya juga mengandung asam folat yang baik untuk janin Anda. Satu cangkir (30 gram) bayam mentah mengandung 58,2 mcg, atau sekitar 15% dari konsumsi harian yang direkomendasikan. Sayur-sayuran hijau juga tinggi akan serat, vitamin A, dan vitamin K.

Itulah beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat untuk membantu memenuhi nutrisi ibu hamil serta janin dalam kandungan. Konsumsi makanan tersebut secara rutin untuk menjaga kondisi kesehatan ibu dan janin secara maksimal. 

Mother and Baby. https://www.motherandbaby.co.uk/pregnancy-and-birth/pregnancy/healthy-eating-in-pregnancy/folic-acid-foods-pregnancy
Diakses pada November 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed