Dipercaya terdapat berbagai makanan agar haid cepat keluar
Nanas menjadi salah satu makanan agar haid cepat keluar

Pernahkah Anda ingin cepat-cepat haid? Pada kondisi tertentu, sebagian wanita mungkin ingin menstruasinya datang lebih cepat agar tak membatasi gerak maupun aktivitas sehari-hari. Tak hanya dengan mengonsumsi obat, Anda juga dapat mengonsumsi beberapa makanan agar haid cepat keluar. Benarkah demikian?

Makanan agar haid cepat keluar, apakah ada?

Bagi wanita, haid menjadi tamu bulanan yang datangnya kadang tak terduga. Dapat lebih cepat ataupun lebih lambat. Belum lagi berbagai gejala mens yang wanita rasakan, bisa terasa menyiksa.

Jika hal ini terjadi pada momen yang Anda tunggu-tunggu, seperti halnya liburan, maka suasana hati Anda malah bisa kacau. Oleh sebab itu, Anda mungkin menginginkan haid datang lebih cepat. Tenang, ada beberapa nutrisi serta makanan yang dipercaya dapat membantu haid cepat keluar, termasuk:

  • Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat dianggap dapat membuat menstruasi Anda cepat keluar. Namun, tak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Hanya saja, vitamin C diperkirakan dapat meningkatkan kadar estrogen, dan menurunkan kadar progesteron. 

Hal ini bisa menyebabkan terjadinya kontraksi rahim, dan peluruhan lapisan rahim, hingga memicu terjadinya menstruasi. Ada banyak makanan yang mengandung vitamin C, di antaranya jeruk, berry, blackcurrant, brokoli, bayam, tomat, dan paprika merah atau hijau.

  • Nanas

Nanas merupakan sumber enzim bromelain. Enzim ini dipercaya dapat memengaruhi hormon estrogen dan hormon lainnya. Sebuah penelitian pada tahun 2017 menunjukkan bahwa bromelain bisa membantu mengurangi peradangan. Hal ini membuat bromelain juga dianggap dapat mengatasi menstruasi tidak teratur, yang berkaitan dengan peradangan. 

Selain itu, nanas juga memiliki sifat uterotonik yang dapat menginduksi kontraksi rahim dan pelepasan lapisan rahim ,sehingga menyebabkan haid datang lebih cepat. Sayangnya, belum ada penelitian ilmiah yang benar-benar membuktikan nanas dapat mendorong menstruasi.

  • Jahe

Sejak dulu, jahe memang telah dikenal memiliki banyak khasiat baik untuk tubuh. Jahe kaya akan senyawa bioaktif yang dapat meningkatkan panas tubuh, sehingga memicu kontraksi rahim dan mendorong haid cepat keluar. 

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Akan tetapi, jahe memang memiliki sifat antispasmodik yang dapat membantu meringankan gejala menstruasi, seperti halnya kram perut.

  • Peterseli

Peterseli mengandung vitamin C dan senyawa apiol yang dapat membantu merangsang kontraksi rahim. Selain itu, peterseli juga kaya akan senyawa bioaktif, yang dapat meningkatkan aktivitas estrogenik dalam tubuh. Hal ini dipercaya mampu membantu haid cepat keluar.

Sebagai agen antispasmodik yang sangat baik, peterseli juga dapat mengurangi rasa sakit pada awal menstruasi. Namun, dalam jumlah tertentu, apiol yang dikandungnya malah bisa beracun dan sangat berbahaya bagi wanita hamil.

  • Kunyit

Sama halnya dengan jahe, kunyit juga telah banyak digunakan sebagai obat tradisional. Kunyit juga dipercaya dapat memengaruhi kadar estrogen dan progesteron, meski penelitian ilmiah mengenai hal ini masih terbatas. 

Kunyit juga mengandung senyawa bioaktif, yaitu curcumin, yang dapat membantu menstruasi keluar lebih cepat, dengan merangsang aliran darah ke rahim. Namun, belum ada penelitian ilmiah untuk membuktikan hal ini.

  • Pepaya

Pepaya mengandung senyawa karoten yang dapat mendorong kadar estrogen dalam tubuh. Buah tropis ini juga memiliki sifat uterotonik yang bisa merangsang kontraksi rahim sehingga membantu menstruasi cepat keluar. Namun, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini.

  • Wortel

Wortel mengandung beta-karoten, dan senyawa bioaktif lain yang dipercaya dapat menginduksi pelepasan lapisan rahim. Hal ini bisa membuat haid datang lebih awal. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikannya.

Meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai berbagai makanan agar haid cepat keluar tersebut, tapi tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba. Akan tetapi, pastikan untuk mengonsumsi secukupnya saja, agar terhindar dari efek buruk yang mungkin bisa terjadi.

Di samping itu, Anda juga dapat melakukan langkah-langkah lain untuk membuat haid cepat keluar. Misalnya, melakukan aktivitas seksual, mengompres atau mandi air hangat, dan melakukan relaksasi.

Sebenarnya, apa penyebab telat datang bulan?

Jangan buru-buru panik ketika haid tidak kunjung datang. Sebab, telat datang bulan bisa terjadi akibat sejumlah kondisi berikut ini. 

  • Stres
  • Berat badan yang kurang atau malah berlebihan
  • Sindrom polikistik ovarium
  • Kontrasepsi hormonal
  • Penyakit kronis atau berkepanjangan, seperti diabetes atau penyakit celiac
  • Masalah pada tiroid
  • Menopause
  • Kehamilan

Catatan dari SehatQ

Jika berbagai cara untuk mempercepat haid, termasuk mengonsumsi makanan yang direkomendasikan tak juga berhasil, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapat saran yang tepat. Dokter mungkin akan meresepkan obat agar Anda bisa cepat menstruasi.

Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/induce-period#natural-treatments
Diakses pada 14 Januari 2020.
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-regulate-periods
Diakses pada 14 Januari 2020.
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-get-periods-early/#gref
Diakses pada 14 Januari 2020.

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed