Ampuh dan Mematikan! 7 Jenis Racun Kutu Busuk yang Efektif

Kutu busuk atau kutu kasur dapat dibasmi menggunakan racun kutu busuk
Racun kutu busuk efektif basmi kutu kasur yang mengganggu

Kutu busuk atau kutu kasur adalah salah satu kutu yang cukup sulit dibasmi dari lingkungan rumah ketika sudah berkembang biak dan bersembunyi dalam segala penjuru rumah. Untungnya, terdapat berbagai cara untuk membasmi kutu kasur, seperti penggunaan racun kutu busuk. 

[[artikel-terkait]]

Apa-apa saja racun kutu busuk yang tersedia?

Anda tidak perlu khawatir karena terdapat berbagai macam racun kutu busuk yang dapat menuntaskan kutu kasur secara efektif, seperti:

  • Desiccants

Racun kutu busuk jenis desiccants bekerja dengan menghancurkan lapisan pelindung luar dari kutu kasur yang membuat kutu kasur dehidrasi dan mati. 

Desiccants cukup ampuh untuk membunuh kutu busuk karena kutu kasur tidak kebal terhadap racun kutu busuk ini. Selain itu, desiccants juga bekerja secara perlahan dan tidak membuat kutu kasur menyadari keberadaannya.

Akan tetapi, racun kutu busuk ini bekerja dengan pelan dan bahkan membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk membunuh kutu kasur.

Penggunaan desiccants juga terbatas pada retakan-retakan atau celah-celah karena berpotensi terhirup oleh manusia. Asam borat dan tanah diatom adalah beberapa contoh dari desiccants.

  • Pyrroles

Berbeda dengan desiccants, pyrroles bereaksi dengan merusak sel kutu kasur yang akhirnya membunuhnya. Namun, racun kutu busuk jenis pyrroles yang boleh digunakan hanya chlorfenapyr

  • Pengatur perkembangan serangga (insect growth regulator)

Berbeda jenis racun kutu busuk, maka berbeda pula cara pembasmiannya. Pengatur perkembangan serangga merupakan zat kimia yang serupa dengan hormon perkembangan dalam serangga.

Zat kimia tersebut menghambat pertumbuhan kutu kasur dengan mengubah produksi chitin atau salah satu zat yang membentuk bagian cangkang luar dari kutu busuk atau menghentikan pertumbuhan dari kutu kasur.

  • Zat biokimia 

Satu-satunya zat biokimia yang boleh digunakan adalah minyak neem yang telah diproses secara cold-pressed. Minyak ini terbuat dari pohon neem yang berada di Asia Tenggara dan Afrika.

Racun kutu busuk berupa minyak pohon neem yang diproses secara cold-pressed terbukti ampuh untuk mengatasi telur maupun kutu busuk yang sudah atau sedang berkembang.

Hal ini karena minyak dari pohon neem mengandung zat-zat yang dapat digunakan untuk pengobatan dan pengusir serangga. Bahkan minyak pohon neem juga digunakan dalam proses pembuatan sabun, odol, kosmetik, dan shampo. 

  • Pyrethrins dan pyrethroids

Pyrethrins dan pyrethroids adalah dua jenis racun kutu busuk yang umum digunakan. Prytherin terbuat dari bunga chrysanthemum, sementara pyrethroid adalah zat sintetis yang memiliki fungsi kerja yang serupa dengan pyrethrins.

Keduanya cukup ampuh sebagai racun kutu busuk, tetapi beberapa jenis kutu busuk sudah mulai kebal dengan kedua zat ini. Oleh karenanya, beberapa orang mengkombinasikan kedua zat ini atau mencampurnya dengan zat kimia lainnya.

  • Neonicotinoids

Racun kutu busuk jenis neonicotinoids merupakan zat sintetis yang menyerupai nikotin dan bekerja dengan merusak sistem saraf dari kutu kasur. Neonicotinoids terkadang menjadi alternatif racun kutu busuk lainnya saat kutu busuk kebal dengan racun yang digunakan.

  • Bom serangga (foggers) 

Bom serangga efektif untuk membunuh kutu kasur yang bersembunyi di retakan ataupun celah-celah rumah. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan bom serangga karena racun kutu busuk beracun bagi manusia.

Selalu membaca instruksi dan label pada bom serangga yang akan digunakan dan segera keluar dari ruangan ketika menggunakan bom serangga.

Hati-hati saat menggunakan racun kutu busuk

Sebagian besar racun kutu busuk bersifat beracun untuk manusia dan karenanya harus digunakan secukupnya dan sesuai dengan takaran yang dianjurkan. 

Laporan dari CDC pada tahun 2011 mendapati bahwa beberapa racun kutu busuk memiliki kaitan dengan timbulnya beberapa penyakit tertentu. Oleh karenanya, sebaiknya gunakan alternatif lain terlebih dahulu sebelum memilih menggunakan racun kutu busuk.

Salah satu cara yang dapat diterapkan adalah penanganan panas. Penanganan panas dilakukan dengan menaikkan suhu di daerah persembunyian kutu kasur dengan menggunakan pemanas tertentu.

Anda juga bisa memanggil ahli yang sudah profesional dalam membasmi serangga untuk mengatasi serangan kutu kasur di rumah Anda.

CDC. https://www.cdc.gov/mmwr/preview/mmwrhtml/mm6037a1.htm
Diakses pada 01 Juli 2019

EPA. https://www.epa.gov/bedbugs/pesticides-control-bed-bugs
Diakses pada 01 Juli 2019

EWG. https://www.ewg.org/childrenshealth/22261/bed-bugs-chemical-pesticides-aren-t-answer
Diakses pada 01 Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-home-guide/how-to-get-rid-of-bed-bugs
Diakses pada 01 Juli 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed