7 Jenis Masalah Kulit Orang Dewasa yang Harus Diwaspadai

Selain psoriasis, cacar api, eksim, dan rosacea juga termasuk masalah kulit orang dewasa
Psoriasis merupakan salah satu masalah kulit orang dewasa yang umum terjadi.

Apakah pernah Anda merasakan adanya gatal, luka, perbedaan warna dan tekstur pada kulit hingga menyebabkan infeksi? Mungkin Anda mengalami salah satu dari masalah kulit orang dewasa yang perlu segera diobati.

Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter, meski baru mengalami gejala yang ringan untuk melakukan tindakan pencegahan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis masalah kulit orang dewasa yang ada, Anda dapat menyimak daftar berikut ini.

[[artikel-terkait]]

1. Cacar Api

Cacar api (herpes zoster), yang juga dikenal sebagai cacar ular, merupakan salah satu masalah kulit orang dewasa yang cukup sering terjadi. Penyakit kulit ini berupa ruam titik kecil yang timbul dan dapat berubah menjadi luka lecet yang terasa sakit.

Cacar ular ini dapat menyebabkan Anda merasa gatal, merasakan panas seperti terbakar, dan luka yang sangat sensitif. Penyakit ini dapat muncul di berbagai bagian kulit Anda yang akan menyerang selama dua minggu atau bahkan bisa lebih.

2. Hives (Urtikaria)

Penyakit ini lebih dikenal dengan nama urtikaria, yaitu penyakit kulit yang terlihat seperti bekas-bekas luka, terasa gatal, menyengat, dan panas. Ukurannya sangat bervariasi satu sama lain. Penyebabnya adalah suhu udara yang ekstrem, radang tenggorokan, maupun alergi terhadap obat-obatan, makanan, dan zat tertentu.

3. Psoriasis

Psoriasis merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena tumbuhnya sel kulit mati yang berkembang dengan cepat.

Akibatnya, terjadi penumpukan di atas kulit dan membuatnya menjadi kemerahan. Biasanya masalah kulit orang dewasa ini muncul di beberapa bagian tubuh seperti siku, punggung, dan lutut. Pada orang dewasa, kondisi ini sering muncul pada siku, tangan, dan lipatan kulit.

4. Eksim

Eksim merupakan salah satu yang paling kronis dan umum dijumpai. Penyebabnya adalah masalah kulit kering yang mengakibatkan kulit meradang, kemerahan dan gatal.

Selain kondisi kulit yang kering, penyakit ini diduga terjadi karena stres, iritasi akibat sabun, dan cuaca yang menimbulkan ruam-ruam.

5. Rosacea

Rosacea merupakan masalah kulit orang dewasa yang menyerang wajah. Biasanya muncul kemerahan pada kulit wajah sekitar hidung, dagu, pipi, dan dahi.

Seiring waktu, kemerahan ini semakin parah dan membuat kulit wajah Anda menebal dengan munculnya jerawat serta benjolan. Hal ini tentu tidak baik jika dibiarkan karena dapat mengganggu penglihatan Anda.

6. Cold Sores

Luka karena infeksi biasanya terjadi karena adanya virus herpes simplex yang menyebabkan luka terlihat seperti melepuh.

Cold sores dapat berlangsung selama 10 hari dan menular dari orang ke orang lain. Biasanya pemicunya adalah demam, terlalu sering terkena paparan sinar matahari, dan perubahan hormon seperti saat datang bulan. Anda dapat mengobati masalah kulit orang dewasa ini dengan mengoleskan krim.

7. Ruam karena Tumbuhan

Ketika Anda bersentuhan dengan getah dari tumbuhan tertentu biasanya akan muncul ruam. Sebelum ruam muncul, akan ada pembengkakan kulit yang memerah.

Biasanya ruam berubah menjadi kulit yang melepuh dalam jangka waktu 12-72 jam sejak Anda menyentuh tanaman.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-common-adult-skin-problems
Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed