7 Gerakan Yoga untuk Pemula yang Tidak Sulit Dilakukan

Marjaryasana masuk ke dalam kategori gerakan yoga untuk pemula.
Salah satu gerakan yoga untuk pemula yang mudah dilakukan adalah Sukhasana.

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat yoga, niat untuk melakukan olahraga ini pun muncul di kepala. Namun, memulai suatu hal yang baru dari nol, terkadang membuat perasaan jadi dongkol. Jangan patah semangat dulu. Sebab, ternyata ada banyak gerakan yoga untuk pemula yang mudah dilakukan di rumah.

Gerakan yoga untuk pemula yang mudah dilatih

Gerakan yoga untuk pemula ini memang mudah untuk dilakukan. Walau begitu, jangan sekali-kali meremehkan manfaatnya bagi kesehatan. Manfaat gerakan yoga untuk pemula di bawah ini, bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh, melatih keseimbangan, membantu Anda rileks dan meredakan stres.

Apakah Anda sudah siap melakukan gerakan yoga untuk pemula dari nol? Kalau sudah, mari pahami beberapa gerakan yoga ini.

1. Sukhasana

Mungkin sukhasana menjadi salah satu gerakan yoga untuk pemula paling mudah. Pose yang sering disebut sebagai easy pose ini, hanya mengharuskan Anda duduk bersila, sambil “mengistirahatkan” kedua tangan di atas bagian lutut.

Namun, Anda harus tetap meluruskan tulang belakang dan “menekan” tulang yang menjadi pijakan duduk, ke lantai. Setelah itu, tutuplah mata dan bernapas seperti biasa.

Sukhasana akan mengajarkan Anda untuk merasakan rotasi eksternal pada kaki, meningkatkan kelenturan punggung, dan meredakan stres.

2. Marjaryasana

Sering disebut sebagai “pose kucing”, marjaryasana adalah gerakan yoga untuk pemula yang mudah dilakukan. Anda hanya harus melakukan pose serupa persiapan untuk push up. Hanya saja, lutut menyentuh lantai dalam pose ini. Dengan kata lain, marjaryasana memiliki gerakan yang hampir sama seperti push up wanita.

Keuntungan gerakan yoga untuk pemula ini dapatmelenturkan tubuh bagian belakang, bahu, dada, dan leher.

3. Vrksasana

Pernah melihat pohon cemara yang tinggi? Ternyata, ada gerakan yoga untuk pemula yang menyerupai bentuk pohon. Gerakan ini dikenal sebagai vrkasasana atau pose pohon.

Anda hanya harus berdiri tegak, menaikkan kedua tangan ke atas hingga kedua telapak tangan bersentuhan. Kemudian, naikkan salah satu kaki Anda, dan sentuhlah bagian samping lutut dengan telapak kaki. Tahan selama 30 detik dan lakukan yang sama dengan kaki satunya.

Gerakan ini membantu peregangan tubuh, mulai dari tumit hingga ke ujung jari Anda. Selain itu, dengan melakukan gerakan yoga ini, Anda bisa melatih keseimbangan tubuh.

4. Adho mukha svanasana

Adho mukha svasana adalah gerakan yoga untuk pemula selanjutnya. Gerakan ini, mengharuskan Anda melengkungkan tubuh layaknya huruf V terbalik.

Kembali ke posisi persiapan push up. Kemudian, naikkan bokong dan pinggul ke atas. Setelah itu, selaraskan leher dengan punggung, sambil menatap ke bagian kaki.

Adho mukha svanasana membuat sistem saraf Anda rileks dan membantu mencapai tubuh yang fleksibel.

Gerakan yoga untuk pemula
Ketujuh gerakan yoga untuk pemula ini bisa Anda praktekan di bawah pengawasan instruktur yoga

5. Shavasana

Gerakan yoga untuk pemula ini dikenal sebagai pose meditasi akhir, karena Anda melakukannya dengan posisi seakan-akan sedang tidur berbaring di lantai.

Walau terlihat mudah, nyatanya shavasana sangat menantang. Sebab, gerakan yoga untuk pemula ini bertujuan untuk membawa ketenangan maksimal ke dalam pikiran. Oleh karena itu, fokus tinggi sangat diperlukan.

Anda cukup merebahkan diri di lantai sambil menatap ke atas. Posisikan kedua tangan Anda di samping tubuh dan cobalah untuk rileks.

6. Balasana

Balasana juga dikenal dengan sebutan child pose. Gerakan yoga untuk pemula ini dapat dimulai dengan melakukan adho mukha svanasana, lalu turunkan bokong sampai lutut menyentuh lantai. Setelah itu, fokuskan pandangan ke bawah, sambil mendekatkan dada ke arah lantai.

Gerakan ini bisa “dimodifikasi” dengan cara menempatkan kedua tangan secara bersila di bawah kening.
Jangan main-main, gerakan yoga ini dikenal bisa membawa energi ke seluruh otot di tubuh dan membawa ketenangan jiwa.

7. Tadasana

Berdiri dengan tegak, busungkan dada, dan lebarkan kedua tangan ke samping tubuh. Itulah cara melakukan tadasana, gerakan yoga untuk pemula yang juga dikenal dengan mountain pose.

Salah satu manfaat terbesar gerakan yoga ini adalah memperbaiki postur tubuh serta meningkatkan keseimbangan. Selain itu, kelenturan pergelangan kaki, paha, dan persendian juga terjaga.

Beberapa gerakan yoga untuk pemula di atas ini, bisa Anda lakukan di rumah. Walau begitu, ada baiknya Anda mempelajarinya terlebih dahulu lewat video ataupun langsung bersama instruktur yoga terpercaya.

Manfaat yoga yang bisa dirasakan tubuh

Setelah mengetahui gerakan yoga untuk pemula ini, mungkin rasa semangat Anda untuk melakukan yoga jadi meningkat.

Ketahuilah beberapa manfaat yoga di bawah ini agar Anda semakin semangat melakukan yoga:

  • Meningkatkan kelenturan tubuh
  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Meningkatkan sistem pernapasan, energi, dan vitalitas
  • Mengontrol metabolisme tubuh yang seimbang
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kesehatan jantung dan aliran darah
  • Meningkatkan performa
  • Menjaga tubuh dari cedera

Bahkan yoga dipercaya mampu meringankan sejumlah penyakit dan gangguan kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi dan insomnia. Selain itu, teknik relaksasi dalam yoga dipercaya ampuh meredakan sakit punggung bagian bawah, radang sendi, hingga sakit kepala.

Catatan dari SehatQ

Sebelum melakukan gerakan yoga untuk pemula ini, ada baiknya Anda memeriksa kondisi kesehatan terlebih dahulu. Sebab, bisa saja Anda memiliki penyakit yang bisa diperparah dengan gerakan yoga ini. Itulah sebabnya, berkonsultasi dengan dokter sangat diperlukan.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/fitness-pictures/yoga-poses-for-beginners.aspx
Diakses pada 28 Januari 2020

Yoga Journal. https://www.yogajournal.com/poses/cat-pose
Diakses pada 28 Januari 2020

Food NDTV. https://food.ndtv.com/health/tadasana-the-art-of-balancing-your-body-1420167
Diakses pada 28 Januari 2020

Osteopathic Organization. https://osteopathic.org/what-is-osteopathic-medicine/benefits-of-yoga/
Diakses pada 28 Januari 2020

Artikel Terkait