7 Fungsi Enzim Lipase untuk Kesehatan yang Tak Tergantikan

Menjaga ketersediaan energi juga menjadi salah satu fungsi enzim lipase.
Salah satu fungsi enzim lipase adalah memecah lemak, dan menjadikannya asam lemak serta gliserol.

Di dalam tubuh manusia, ada 1.300 enzim, yang berperan penting untuk setiap reaksi kimia. Seluruh enzim itu memungkinkan Anda untuk melihat, mendengar, berjalan, hingga berpikir. Salah satu enzim yang penting adalah enzim lipase. Sebenarnya, apa fungsi enzim lipase itu?

Fungsi enzim lipase yang dibutuhkan tubuh

Bayangkan saja, setiap organ dan ratusan triliun sel yang ada di dalam tubuh manusia, bergantung pada reaksi enzim dan energinya. Maka dari itu, tidak berlebihan rasanya, jika menganggap fungsi enzim, sangat tidak tergantikan. Berikut ini fungsi enzim lipase secara keseluruhan bagi tubuh.

1. Mengatur reaksi kimia

Sama seperti enzim pada umumnya, fungsi enzim lipase juga sangat penting, untuk mengatur reaksi kimia. Sebenarnya, reaksi kimia di dalam tubuh, bisa terjadi dengan sendirinya. Namun, tanpa bantuan enzim lipase, reaksi kimia itu akan terjadi dengan sangat lambat.

2. Menjaga ketersediaan energi

Lebih dari itu, enzim lipase juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa reaksi kimia, terjadi hanya saat tubuh membutuhkannya. Hal ini akan membantu tubuh untuk tidak membuang-buang energi terhadap reaksi kimia, yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

3. Memecah lemak

Lipase memecah trigliserida (lemak) menjadi molekul asam lemak dan gliserol. Proses ini dibantu oleh garam empedu, yang meredakan ketegangan permukaan lemak, agar lipase dapat memecah trigliserida.

4. Menyerap nutrisi

Fungsi enzim lipase lainnya adalah mencerna lemak dari nutrisi makanan. Saat Anda mengonsumsi makanan berlemak, lemak itu akan melewati lambung tanpa tercerna oleh usus halus.

Dalam usus halus, enzim lipase akan memecah lemak menjadi partikel kecil, yang bisa berjalan melewati dinding usus. Selanjutnya, lemak yang sudah dipecah ini, akan masuk ke dalam saluran limfatik, dan menuju aliran darah.

5. Memindahkan kolesterol

Pengiriman kolesterol, juga menjadi fungsi enzim lipase yang sangat penting. Anggap saja enzim lipase sebagai kurir, yang membantu tubuh untuk mengemas atau “membungkus” kolesterol, untuk dikirim melalui aliran darah.

Peran ini dilakukan oleh enzim lipase bernama lecithin cholesterol acyltransferase, yang menggabungkan kolesterol dengan asam lemak. Saat keduanya telah “disatukan”, maka partikel seperti kolesterol baik (HDL) dan jahat (LDL) akan muncul. Tubuh pun akan memindahkannya ke dalam atau menjauh dari sel.

6. Membantu bayi mencerna lemak dari ASI

Air susu ibu
Enzim lipase membantu bayi mencerna lemak dari ASI

Fungsi enzim lipase berikutnya adalah membantu bayi mencerna lemak dari air susu ibu (ASI). Sebab, sistem pencernaan bayi baru lahir, tidak bisa mencerna lemak dengan baik. Maka dari itu, enzim lipase akan memecah lemak di dalam ASI, agar bayi dapat mencerna lemak tersebut dengan baik.

7. Melancarkan sistem pencernaan

Terkadang, enzim lipase tidak bekerja sendirian. Ia akan “banting tulang” bersama dengan enzim lainnya seperti protease dan amilase, untuk melancarkan sistem pencernaan.

Pertama-tama, protease akan memecah protein. Kemudian, amilase memecah karbohidrat dan pati. Terakhir, lipase akan memecah lemak agar lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

3 Jenis enzim lipase

Sebenarnya, enzim lipase terbagi menjadi tiga jenis, berdasarkan lokasi produksinya. Enzim lipase diproduksi di dalam pankreas, mulut, dan juga lambung. Berikut ini masing-masing perannya secara spesifik.

  • Lipase lambung

Lipase ini diproduksi di dalam lambung. Fungsi enzim lipase yang satu ini adalah mencerna asam lemak, yang ada di dalam tubuh Anda.

  • Lipase faring

Pada saat Anda mengunyah makanan, lipase faring memainkan peran penting. Enzim lipase ini, diproduksi oleh kelenjar ludah. Fungsi enzim lipase ini adalah menyerang asam lemak sejak makanan berada di dalam mulut.

  • Lipase hati

Lipase hati adalah enzim pencernaan, yang diproduksi oleh hati.

Makanan yang mengandung enzim lipase

Lipase masuk ke dalam kategori enzim pencernaan. Jika tubuh tidak memproduksinya secara cukup, maka makanan yang Anda konsumsi, tidak bisa dicerna secara baik. Hal ini bahkan bisa memicu datangnya penyakit intoleransi laktosa.

Tubuh memang sudah memproduksi lipase. Namun, mengonsumsi makanan yang mengandung lipase, bisa membantu tubuh untuk meringankan pencernaan, setelah mengonsumsi makanan berlemak tinggi.

Maka dari itu, Anda juga disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung enzim lipase, di bawah ini:

  • Alpukat
  • Kefir
  • Kimchi, yang mengandung bakteri Bacillus
  • Miso, alias sup kedelai Jepang
  • Jahe, membantu tubuh memproduksi enzim lipase

Walau tubuh telah memproduksi enzim lipase dengan sendirinya, Anda akan benar-benar merasakan fungsi enzim lipase, dengan rutin mengonsumsi makanan sehat di atas.

Namun tentu saja, selalu konsultasikan ke dokter, sebelum menjalani pola makan baru, yang mungkin asing bagi tubuh.

Enzy Science. https://enzyscience.com/pages/enzyme-faq
Diakses pada 22 Januari 2020

World of Enzymes. http://worldofenzymes.info/enzymes-introduction/lipase/
Diakses pada 22 Januari 2020

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/410168-what-are-the-functions-of-lipase-enzymes/
Diakses pada 22 Januari 2020

Healthy Eating. https://healthyeating.sfgate.com/functions-amylase-protease-lipase-digestive-enzymes-3325.html
Diakses pada 22 Januari 2020

SDBFC. https://www.sdbfc.com/blog/2012/9/4/battling-and-resolving-excess-lipase-in-breastmilk
Diakses pada 22 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/natural-digestive-enzymes#section1
Diakses pada 22 Januari 2020

Artikel Terkait