7 Cara Merawat Telinga Agar Selalu Bersih dan Sehat


Sebagian orang seringkali abai dalam merawat telinga. Padahal jika tidak dilakukan dengan benar, maka hal tersebut bisa mendatangkan masalah bahkan membuat Anda kehilangan pendengaran. Lantas, bagaimana cara merawat telinga dengan benar?

(0)
13 Feb 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu cara merawat telinga yang baik, yaitu rutin memeriksa telinga ke dokterRutin memeriksa telinga ke dokter penting sebagai cara merawat telinga dengan baik
Sebagai indera pendengaran manusia, telinga memiliki peran yang sangat penting. Jika tidak dirawat dengan baik, indera ini bisa mengalami berbagai masalah, mulai dari peradangan hingga kehilangan pendengaran.Sayangnya, banyak orang yang tidak tahu cara merawat telinga dengan benar. Sebagian orang bahkan malah terus melakukan cara-cara yang selama ini keliru hingga bisa merusak gendang telinga. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk merawat telinga?

Cara merawat telinga dengan baik

Tak hanya terbatas pada membersihkan telinga, terdapat berbagai cara merawat telinga dengan baik untuk menjaga kesehatan pendengaran. Berikut yang harus Anda lakukan dalam merawat telinga:
  • Bersihkan telinga dengan benar

Sebagian orang merasa cukup membersihkan telinga dengan cotton bud saja. Padahal menggunakan cotton bud bisa membuat kotoran telinga semakin terdorong ke dalam sehingga berpotensi menimbulkan rasa nyeri dan kerusakan pada saluran telinga. Akan lebih baik jika Anda membersihkan bagian luar telinga dengan waslap atau tisu saja. Sementara, untuk mengeluarkan kotoran telinga, Anda dapat menggunakan obat tetes telinga. Bila terjadi penumpukan kotoran berlebih, temui dokter THT untuk membersihkan telinga. Dokter akan membersihkan telinga Anda dengan cairan steril.
  • Gunakan pelindung telinga dalam kebisingan

Ketika berada di lingkungan yang sangat bising, seperti adanya suara-suara mesin di pabrik atau musik kencang di klub, akan lebih baik jika Anda menggunakan pelindung telinga. Pelindung telinga dapat membantu Anda mengurangi paparan kebisingan dan menghindari kerusakan telinga. Pilihlah pelindung pendengaran yang memenuhi standar kesehatan dan dapat bekerja secara efektif.
  • Hindari volume suara yang terlalu keras

Banyak orang yang senang mendengarkan musik lewat earphone. Sebaiknya, hindarilah menyetel musik dengan volume yang terlalu keras karena bisa berbahaya bagi pendengaran. Jika orang lain bisa mendengar apa yang Anda dengarkan dari earphone, maka volume yang Anda gunakan terlalu tinggi. Jagalah volume suara pada tingkat yang standar dan nyaman sehingga Anda terhindar dari kerusakan telinga. WHO menyarankan untuk tidak menggunakan earphone lebih dari satu jam per hari dan volumenya tak boleh lebih dari 60 persen.
  • Jaga telinga tetap kering

Saat air masuk ke dalam telinga, hal tersebut bisa membuatnya terasa tidak nyaman bahkan nyeri. Sebab, kelembapan di saluran telinga dapat meningkatkan kemungkinan bakteri masuk di area tersebut hingga bisa menyebabkan infeksi. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga telinga tetap kering, terutama setelah mandi dan berenang. Gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan telinga Anda tersebut.
  • Mengistirahatkan telinga

Anda terkadang perlu mengistirahatkan telinga, apalagi setelah terpapar suara yang bising. Hal ini dapat membantu pendengaran Anda terasa nyaman dan tetap dapat bekerja dengan baik. Ahli telinga pun merekomendasikan bahwa telinga membutuhkan waktu sekitar 16 jam dalam ketenangan untuk pulih dari satu hari yang bising. Anda dapat mengistirahatkan telinga dengan menggunakan volume yang kecil ketika menonton TV atau mendengarkan musik, serta melakukan meditasi agar tercipta suasana yang hening dan tenang.
  • Konsultasikan pemakaian obat yang berpengaruh pada telinga

Penggunaan obat-obatan tertentu dikaitkan dengan gangguan pendengaran. Gangguannya bahkan bisa terjadi secara progresif, yang dimulai dari suara berdenging dan perasaan tidak seimbang. Jika Anda merasa adanya perubahan pada pendengaran Anda setelah penggunaan obat-obatan tertentu, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter. Dokter mungkin akan menurunkan dosis obat atau mengganti obat yang Anda konsumsi.
  • Memeriksa telinga dengan rutin

Untuk menjaga kesehatan telinga, salah satunya dengan melakukan pemeriksaan telinga secara rutin ke dokter. Dokter akan membantu Anda menjaga kesehatan dan kebersihan telinga, serta mendeteksi bila ada gangguan dalam telinga. Jika gangguan tersebut tak diketahui sejak dini, maka bisa semakin parah dan menyebabkan sejumlah komplikasi pada pendengaran Anda. Jika Anda sudah merasakan hal yang tak biasa pada telinga Anda, segera periksakan diri ke dokter.Merawat telinga seringkali dipandang sebelah mata, bahkan sebagian orang tak terlalu memperhatikannya. Padahal jika tak dilakukan dengan benar, ini bisa mendatangkan masalah yang berbahaya. Tentu Anda tidak mau kehilangan pendengaran, bukan? Oleh sebab itu, mulailah terapkan cara merawat telinga di atas dalam kehidupan sehari-hari. Cara ini dapat membantu kesehatan dan kebersihan telinga terjaga dengan baik sehingga indera pendengaran Anda pun menjadi optimal.
kebersihan telingaradang telingatelingahidup sehat
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/13076-ear-care-tips
Diakses pada 13 Februari 2020
Family Doctor. https://familydoctor.org/ear-health-care/
Diakses pada 13 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-clean-your-ears#complications
Diakses pada 13 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait