7 Cara Meniruskan Wajah yang Mudah Dilakukan di Rumah

Memperbaiki pola makan adalah salah satu cara meniruskan wajah, yang ampuh.
Salah satu cara meniruskan wajah yang ampuh adalah olahraga kardio.

Memiliki wajah tirus mungkin menjadi mimpi banyak orang. Tidak sedikit, orang yang kehilangan rasa percaya dirinya, karena pipi chubby alias tembem. Tapi jangan khawatir, faktanya, ada beberapa cara meniruskan wajah, yang bisa dilakukan di rumah, dengan mudah. Apa saja?

Cara meniruskan wajah yang mudah dilakukan

Membakar lemak di perut saja, terasa sangat sulit. Bagaimana dengan lemak di wajah? Apakah sama sulitnya?
Dalam banyak kasus, menumpuknya lemak di bagian wajah, adalah hasil dari kelebihan lemak di bagian tubuh lainnya. Namun tenang, ada banyak cara meniruskan wajah, yang bisa Anda lakukan.

1. Lakukan olahraga kardio

lompat tali
Tiruskan wajah dengan olahraga kardio

Setiap kegiatan fisik yang didesain untuk menurunkan berat badan, bisa berdampak pada pembakaran lemak, di bagian wajah. Salah satunya olahraga kardiovaskular (kardio), yang sangat menyehatkan bagi jantung, dan bisa menurunkan berat badan Anda.

Perlu diketahui, olahraga kardio memiliki tiga jenis intensitas, yakni ringan, sedang, dan tinggi. Menurut beberapa studi, olahraga kardio intensitas tinggi, terbukti lebih efektif dalam membakar lemak di seluruh bagian tubuh, termasuk muka.

Lakukan olahraga kardio, sekitar 20-40 menit, per hari. Olahraga kardio yang populer dan mudah dilakukan adalah berjalan, berlari, bersepeda, hingga berenang. Aktivitas ini akan menjadi cara meniruskan wajah yang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan bareng teman-teman!

2. “Senam” wajah

Tahukah Anda, bahwa ada olahraga untuk wajah? Ya, aktivitas fisik ini, seringkali disebut “senam” atau latihan wajah. Biasanya, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot di wajah, serta mencegah penuaan dini.

Salah satu gerakan senam wajah yang paling umum, dapat dilakukan dengan cara menggembungkan pipi, kemudian mendorong udara dari dalam pipi, dengan kedua tangan Anda. Kemudian, tersenyumlah sambil menguatkan gigitan Anda, selama beberapa detik.

Walau belum banyak bukti yang bisa menunjukkan khasiat aktivitas ini, sebagai cara meniruskan wajah, tapi ada studi yang membenarkan, bahwa senam wajah bisa menciptakan bentuk otot, di wajah.

Ada juga laporan anekdotal yang menyebutkan bahwa latihan wajah ini, bisa membuat wajah menirus.

3. Membatasi konsumsi alkohol

Asupan alkohol berlebih, bisa menyebabkan dehidrasi. Hal ini bisa mengakibatkan tubuh, menyimpan air. Dalam beberapa kasus, air yang tersimpan itu, bisa tertahan di dalam wajah, yang akhirnya membuat wajah terlihat kembung dan bengkak.

Alkohol juga bisa berpengaruh pada berat badan, karena kandungan kalori kosongnya, yang tidak memiliki manfaat nutrisi, sama sekali.

Jika Anda ingin mencari cara meniruskan wajah, mengurangi konsumsi alkohol, bisa menjadi salah satunya.

4. Minum air putih lebih banyak

Meminum air putih sebelum makan, bisa membuat seseorang merasa lebih kenyang, sehingga tidak lagi “lapar mata”, dan menambah asupan porsinya.

Tidak heran, banyak orang yang percaya bahwa meminum air putih sebelum makan, bisa menjadi cara menurunkan berat badan, yang ampuh. Otomatis, lemak di wajah pun tidak akan bertambah. Sehingga wajah tirus, bisa diraih.

Sebuah studi membuktikan, orang-orang dewasa yang meminum air putih saat sedang sarapan pagi, mampu menurunkan konsumsi kalorinya, sebanyak 13%.

5. Memperbaiki pola tidur

tidur
Tidur yang berkualitas bisa tiruskan wajah 

Mendapatkan tidur dan istirahat yang berkualitas, menjadi salah satu kunci yang harus dilakukan, agar lemak di wajah bisa hilang.

Sebab, kekurangan tidur bisa meningkatkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh. Hormon inilah yang menyebabkan Anda stres.

Beberapa studi telah membuktikan, kadar kortisol yang tinggi, bisa meningkatkan nafsu makan. Jadi jangan heran, kalau orang yang sedang mengalami stres, cenderung makan lebih banyak.

6. Memperbaiki pola makan

Jika Anda masih sering mengonsumsi makanan yang diproses atau karbohidrat olahan, sebaiknya jangan bermimpi punya wajah tirus.

Makanan yang diproses, cenderung memiliki kalori, garam, dan gula yang lebih tinggi. Kurangilah makanan-makanan yang masuk dalam kategori itu, dan perbaikilah pola makan. Jika pola makan sudah baik, ditambah lagi dengan olahraga teratur, maka muka tirus sudah berada di depan mata.

7. Kurangi sodium

Mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung garam atau sodium, bisa membuat tubuh mengalami retensi (tubuh gagal dalam mengeluarkan cairan berlebih). Kondisi ini bisa membuat beberapa bagian tubuh membengkak, termasuk wajah. Jika ingin memiliki wajah tirus, sebaiknya kurangi makanan mengandung sodium, dalam menu makan Anda.

Salah satu cara paling mudah untuk tidak mengonsumsi sodium berlebih adalah dengan membuat makanan Anda sendiri, di rumah. Jadi, Anda bisa mengontrol jumlah garam di dalam makanan yang akan disantap.

Tips mencegah pipi tembem

Jika Anda sudah berhasil memiliki wajah tirus, “perjuangan” tidak berhenti sampai di situ. Jika Anda tidak menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat, lemak bisa kembali, dan mendatangkan pipi tembem lagi.
Ikutilah beberapa tips mencegah pipi tembem di bawah ini, agar wajah tirus bisa terus dimiliki:

  • Lakukan olahraga kardio secara rutin dan konsisten
  • Konsumsi makanan yang kaya protein
  • Masukkan sayuran dan buah ke dalam menu harian
  • Kurangi makanan yang diproses
  • Minum banyak air putih, dan kurangi minuman bergula, seperti soda

Secara umum, berat badan yang berlebihan, menjadi penyebab timbulnya pipi tembem. Maka dari itu, jagalah berat badan Anda, agar tidak berlebihan dan menimbulkan obesitas.

Perlu diingat juga, sebelum Anda mengubah pola makan dan gaya hidup, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Hal ini dilakukan, agar tubuh Anda tidak “kaget” saat mengalami perubahan besar.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326262.php
Diakses pada 15 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/lose-fat-in-face-cheeks#section2
Diakses pada 15 Januari 2020

Artikel Terkait

Banner Telemed