7 Cara Meningkatkan Konsentrasi yang Menyenangkan dan Tidak Bikin Bosan

Turunkan berat badan juga bisa jadi cara meningkatkan konsentrasi.
Bermain video game adalah salah satu cara meningkatkan konsentrasi.

Jika Anda pernah merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah di dalam kehidupan sehari-hari atau susah menjawab pertanyaan saat menghadapi berbagai bentuk tes, mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk mencari cara meningkatkan konsenstrasi.

Konsentrasi ialah upaya mental terhadap segala sesuatu yang sedang Anda kerjakan atau pelajari. Jika ada rasa sulit saat berkonsentrasi, mungkin cara ini bisa meningkatkan konsentrasi Anda.

Cara meningkatkan konsenstrasi yang tidak membosankan

Perlu diingat, kemampuan berkonsentrasi pada setiap orang berbeda. Umur hingga kurangnya tidur mampu menentukan tingkat konsentrasi seseorang.

Hati-hati, minimnya kemampuan berkonsentrasi jangan dibiarkan begitu saja. Jika dibiarkan terlalu lama, banyak efek samping yang bisa terjadi, seperti mudah lupa.

1. Permainan mengasah otak

Memainkan beberapa jenis game pengasah otak bisa membantu Anda meningkatkan konsentrasi. Cobalah permainan pengasah otak di bawah ini.

  • Sudoku
  • Teka-teki silang
  • Catur
  • Jigsaw atau puzzle

Dalam sebuah studi, hampir 5.000 anak muda menghabiskan waktu sekitar 15 menit dalam sehari sambil melakukan permainan pengasah otak. Hasilnya, aktivitas otak mereka meningkat. Begitu pula dengan kemampuan berkonsentrasinya.

Untuk anak-anak, belajar mewarnai menjadi salah satu hal menyenangkan yang bisa dilakukan sebagai cara meningkatkan konsentrasi.

Bagi orang dewasa, permainan pengasah otak juga manjur untuk kesehatan otak serta kemampuan konsentrasi. Sebuah studi membuktikan, orang dewasa yang suka melakukan permainan pengasah otak, memiliki kemampuan mengingat yang baik.

2. Main video game

Kalau tadi sudah ada permainan analog, kini beralih ke era digital. Sebuah penelitian menemukan bahwa bermain video game dari konsol seperti PlayStation atau Nintendo, bisa meningkatkan kesehatan otak, termasuk peningkatan perhatian kemampuan berkonsentrasi.

Namun, penelitian itu hanya fokus terhadap dampak video game dalam meningkatkan kemampuan berkonsentrasi seseorang. Sementara itu, dampak buruk dari bermain video game belum masuk dalam pembahasan.

3. Tingkatkan kualitas tidur

Kekurangan jam tidur bisa mengganggu konsentrasi. Kalau Anda sering begadang, jangan kaget kalau keesokan harinya sulit berkonsentrasi.

Kurang tidur sesekali atau dua kali, mungkin tidak akan berdampak banyak pada tubuh. Namun, jika kekurangan jam tidur terjadi setiap hari, tidak hanya konsentrasi saja yang menurun, tapi juga suasana hati.

Para ahli menyarankan orang dewasa untuk tidur 7-8 jam setiap malamnya. Dengan begitu, Anda bisa berkonsentrasi penuh pada esok harinya.

4. Cari waktu untuk olahraga

Meningkatnya kemampuan konsentrasi ialah satu dari banyaknya manfaat berolahraga. Sebuah studi memperlihatkan, ratusan anak Sekolah Dasar (SD) kelas 5, mengalami peningkatan konsentrasi setelah melakukan kegiatan fisik hanya dalam 4 minggu.

Bagi orang dewasa, aktivitas fisik berupa aerobik, bisa membantu meningkatkan konsentrasi, sehingga dapat mengurangi risiko mudah lupa.

5. Beristirahat sejenak dari keramaian

Ketika berada di kantor, sekolah atau kampus, banyak sekali hal yang bisa menyibukkan Anda. Hal ini bisa menurunkan kemampuan konsentrasi.

Terdapat bukti yang mengatakan, menjauhkan diri dari hal-hal seperti surel, notifikasi di handphone hingga media sosial, bisa memberikan peningkatan konsentrasi.

6. Mengonsumsi makanan untuk meningkatkan konsentrasi

Beberapa buah dan sayuran terbukti bisa meningkatkan kemampuan konsentrasi. Seperti kacang kenari, yang mampu menggenjot kinerja pada tes fungsi kognitif, serta meningkatkan konsentrasi.

Kemudian ada alpukat, yang menurut penelitian bisa meningkatkan konsentrasi jika dimakan rutin satu buah alpukat dalam sehari. Cokelat, terutama biji kakao, yang kaya akan flavanol, juga bisa meningkatkan konsentrasi jika dimakan selama 5 hari sampai 3 bulan.

Kopi juga terbukti mampu meningkatkan kemampuan berkonsentrasi. Sebab, kafeina bisa mempengaruhi jaringan otak untuk bisa meningkatkan konsentrasi dan perhatian lebih baik lagi.

7. Turunkan berat badan

Para peneliti menyebutkan, obesitas berkaitan erat dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan sleep apnea. Ketiga kondisi tersebut dapat menyebabkan gangguan pada otak, yang kemudian menurunkan kemampuan konsentrasi. Turunkanlah berat badan hingga ke berat ideal Anda, dan rasakan dampak positifnya.

[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ

Konsentrasi merupakan aspek penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jika kemampuan Anda dalam berkonsentrasi menurun, bisa-bisa, banyak masalah yang timbul. Mulai dari pekerjaan, asmara hingga pendidikan. Maka dari itu, ikuti ketujuh tips di atas, agar kemampuan konsentrasi meningkat.

Jika masih sulit dalam berkonsentrasi, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter, untuk mengetahui penyebab pasti, dari kesulitan fokus dan berkonsentrasi, yang Anda alami.

Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/how-to-improve-concentration#brain-training

Diakses pada 17 Oktober 2019

 

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320165.php

Diakses pada 17 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed